Smartphone

Xiaomi Redmi 9T Vs Redmi Note 9T – Apa Yang Membedakan?

Perbedaan Xiaomi Redmi 9T Vs Redmi Note 9T Header

Gadgetren – Redmi 9T dan Redmi Note 9T merupakan dua handphone Xiaomi yang hadir di awal tahun 2021 sebagai salah satu perangkat terbaru mereka.

Meskipun sama-sama masuk ke dalam kelas menengah, spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan oleh Redmi Note 9T lebih tinggi dibandingkan Redmi 9T.

Hal ini terlihat dari chipset Dimensity 800U 5G Octa-Core 2,4 GHz pada Redmi Note 9T yang lebih cepat dibandingkan dengan Snapdragon 662 Octa-Core 2 GHz milik Redmi 9T.

Apalagi chipset besutan MediaTek ini menggunakan teknologi fabrikasi 7nm yang efisien dan sudah mendukung jaringan 5G maupun 4G-LTE. Sementara chipset buatan Qualcomm masih menggunakan teknologi fabrikasi 11nm.

Kedua handphone ini sama-sama mempunyai RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB dan penyimpanan internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB. Apabila Redmi 9T dimulai dari harga Rp 2,7 jutaan, maka Redmi Note 9T dibanderol dengan harga mulai dari Rp 3,9 jutaan.

Xiaomi Redmi 9T Diagonal

Untuk saat ini, Xiaomi baru meluncurkan varian RAM 4 GB untuk kedua handphone ini. Sementara waktu kehadiran dari varian RAM 6 GB belum diumumkan oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Pada sumber energi kehidupannya, Redmi 9T mempunyai baterai dengan kapasitas 6.000mAh yang lebih besar dibandingkan Redmi Note 9T yang hanya 5.000mAh. Namun kedua handphone ini sama-sama mempunyai fitur 18W Fast Charging yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat.

Meskipun Redmi 9T hadir dengan empat kamera belakang dan Redmi Note 9T dibekali tiga kamera belakang. Namun konfigurasinya beberapa kameranya hampir mirip mulai dari kamera utama 48 MP, makro 2 MP, dan depth 2 MP. Sementara itu, satu kamera Redmi 9T lainnya menggunakan lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP.

Redmi Note 9T sayangnya tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal kita ketahui bersama, kamera ini sangat populer digunakan oleh banyak handphone karena memungkinkan pengguna dapat menghasilkan foto dengan area yang luas.

Xiaomi Redmi Note 9T Vertikal

Beralih ke bagian depan, kedua handphone ini sama-sama dibekali layar 6,53 inci dengan teknologi IPS LCD dan Full HD+. Walaupun keduanya sama-sama menggunakan layar penuh, namun Redmi 9T menggunakan poni berbentuk waterdrop dan Redmi Note 9T memiliki punch hole.

Satu keunggulan lain yang dibawa oleh Redmi Note 9T adalah layar dengan refresh rate 90Hz yang dapat menampilkan gerakan transisi antar menu, aplikasi, maupun sistem dengan lebih halus sehingga memanjakan mata penggunanya.

Hal menarik lainnya, kedua handphone ini juga sama-sama memiliki dukungan sensor NFC yang dapat digunakan untuk transfer data antara perangkat atau pembayaran digital. Tak ketinggalan, keduanya pun sudah mempunyai sensor fingerprint di bagian samping, WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, sensor Inframerah, GPS, dan MIUI 12 berbasiskan Android 10.

Secara keseluruhan, performa dan fitur yang ditawarkan pada Redmi Note 9T lebih menarik dibandingkan dengan Redmi 9T. Namun perlu dicatat bahwa Redmi 9T mempunyai harga yang murah dan memiliki kapasitas baterai yang sangat besar.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T Vs Redmi Note 9T

KomponenXiaomi Redmi 9TXiaomi Redmi Note 9T
LayarLayar penuh IPS LCD 6,53 inci Full HD+, poni waterdrop, Corning Gorilla Glass 3Layar penuh IPS LCD 6,53 inci Full HD+, punch hole, Corning Gorilla Glass 5
ChipsetQualcomm Snapdragon 662 Octa-Core 2 GHzMediaTek Dimensity 800U 5G Octa-Core 2,4 GHz
RAM4 GB atau 6 GB4 GB atau 6 GB
Penyimpanan internal64 GB atau 128 GB64 GB atau 128 GB
Kamera belakangKamera utama 48 MP
Kamera makro 2 MP
Kamera depth 2 MP
Kamera ultrawide 8 MP
Kamera utama 48 MP
Kamera makro 2 MP
Kamera depth 2 MP
Kamera depan8 MP13 MP
Baterai6.000mAh, 18W Fast Charging5.000mAh, Fast Charging
Fitur LainnyaWiFi, Bluetooth, sensor fingerprint di samping, Face Unlock, GPS, NFC, MIUI 12 (Android 10)WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint di samping, Face Unlock, GPS, NFC, MIUI 12 (Android 10)
HargaMulai dari Rp 2,7 jutaan Mulai dari Rp 3,9 jutaan

Tinggalkan Komentar