Berita Smartphone

OPPO Reno5 Bawa Fitur Video Menarik Berkat OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System

OPPO Reno5 Fantasy Silver CloseUp

Gadgetren – Dalam menyambut era 5G dan sejalan dengan komitmen seri Reno dalam menghadirkan pengalaman foto serta video yang bagus, OPPO telah mengembangkan sebuah sistem pencitraan yang lebih canggih dan komprehensif dengan nama OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System.

OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System terdiri dari dua mesin, yakni Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret. Dari keduanya, Mesin Persepsi Potret bertanggung jawab menetapkan kriteria yang ketat untuk fitur-fitur dalam video potret.

Kriteria ini memastikan subyek potret dan latar belakang didefinisikan secara jelas dan alami sekaligus memberikan dasar dari berbagai efek video potret pada seri OPPO Reno5 dapat diterapkan secara optimal.

Sementara itu, peran Mesin Peningkatan Kualitas merupakan rangkaian algoritma yang memastikan pengguna handphone OPPO dapat menangkap gambar yang jelas dalam skenario apapun, baik siang, malam, cahaya latar yang kuat, saat bergerak, atau saat berdiri diam.

Mesin ini merupakan dasar dari berbagai fungsi pencitraan inti pada seri OPPO Reno5. Di antaranya adalah AI Highlight Video yang diklaim menjadi terdepan di industri perekaman video.

OPPO Reno5 Ilustrasi ok

Secara garis besar, AI Highlight Video merupakan teknologi generasi terbaru dari OPPO yang menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR. Dengan mendeteksi level cahaya dalam sebuah skenario, handphone secara cerdas akan menerapkan algoritma untuk menyesuaikan kecerahan, warna, dan kejernihan agar optimal pada video.

Inilah pertama kalinya OPPO menyatukan Ultra Night Video dan Live HDR dalam satu fitur yang tersedia pada kamera depan dan belakang seri OPPO Reno5. Kini pengguna hanya perlu menekan satu tombol pada antarmuka kamera untuk mengaktifkan AI Highlight Video dan merekam video dengan jelas, cerah, serta tampak alami.

Berdasarkan pengujian performa AI Highlight Video dari OPPO, video malam hari menjadi 74,4% tampak lebih cerah dan 33,7% lebih jelas dibandingkan ketika fitur dinonaktifkan.

AI Highlight Video pada seri Reno5 hanya membutuhkan waktu 20 milidetik untuk menyelesaikan rangkaian kalkulasi dan penyesuaian yang bisa dibilang rumit sehingga menghadirkan pengalaman pengguna yang mulus. Sementara itu, fitur ini membutuhkan daya 40% lebih sedikit dibandingkan pendahulunya.

OPPO Reno5 Exhibition

Untuk meningkatkan stabilisasi gambar pada seri OPPO Reno5, mesin Peningkatan Kualitas juga dibekali dengan teknologi stabilisasi gambar generasi terbaru dari OPPO bernama Ultra Steady Video 3.0. Teknologi ini mampu memberikan stabilisasi gambar untuk berbagai skenario baik saat sedang berjalan, melompat, atau bahkan melakukan olahraga ekstrim.

Dalam menghasilkan konten yang mempunyai kualitas bagus, OPPO telah menghadirkan sejumlah fitur yang bertujuan menonjolkan individualitas setiap penggunanya seperti AI Color Portrait, AI Monochrome Video, AI Mixed Portrait, dan masih banyak lagi. Semua fitur ini dapat memberikan pengguna keleluasaan dalam membuat konten video yang menarik.

Pada Mesin Persepsi Potret terdapat fitur Scene Design Manager yang menggunakan kemampuan definisi adegan potret bersama dengan basis data besar buatan OPPO yang berisi lebih dari 10 juta data untuk menganalisis adegan potret secara langsung dan kebutuhan untuk melakukan penyesuaian pencitraan.

AI Live HDR Reno5 Feature

Berkat fitur tersebut, handphone dapat menyesuaikan skenario dan menilai video yang direkam pengguna berdasarkan analisis. Kemudian selanjutnya melakukan penyesuaian pada adegan sesuai dengan kebutuhan setia pengguna.

Setelah Mesin Persepsi Potret menerima kalkulasi dari Scene Design Manager, maka model AI dan jaringan neural mulai bekerja untuk mengenali subyek potret dalam gambar serta memisahkannya dari latar belakang gambar.

Untuk meningkatkan akurasi dan kecepatan model AI, OPPO menggunakan jutaan data potret dari basis datanya sendiri untuk melatih SOTA AI model dan kemudian melakukan proses lanjut untuk mengompresi model, membuatnya lebih cepat, serta lebih sesuai untuk handphone.

Dengan optimalisasi ini, seluruh proses pengenalan potret dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu milidetik sehingga menghasilkan penanganan subyek dan latar belakang potret yang cepat, namun tetap akurat serta alami.

OPPO Reno5 Black

Dalam penggunaannya, saat subyek potret menghadap ke kamera nantinya Mesin Persepsi Potret mendapatkan fitur spesifikasi dari setiap orang dan mengenali setiap wajah individu secara akurat.

Mesin Persepsi Potret juga memungkinkan fitur lain seperti AI Highlight Video untuk melakukan optimalisasi, baik itu penyesuaian kecerahan maupun warna atau kontras dengan presisi yang lebih baik.

Dengan Mesin Persepsi Potret, efek seperti AI Color Portrait dan AI Mixed Video dapat diterapkan dengan transisi yang alami dan mulus antara subyek dengan latar belakang. Selain itu, mesin dapat mendeteksi setiap subyek dalam gambar untuk mencapai pengenalan dan pengoptimalan yang sempurna secara bersamaan.

Bisa dibilang teknologi yang ditawarkan ini membuat smartphone OPPO ke depannya mampu menghadirkan fitur-fitur kamera yang inovatif untuk pengambilan foto maupun video. Untuk bisa mencoba kemampuannya ini, kita harus menunggu seri OPPO Reno5 yang akan diluncurkan pada tanggal 12 Januari 2021 mendatang di Indonesia.

Tinggalkan Komentar