Smartphone Sponsored Content

7 Fitur Tersembunyi di OPPO Reno4 F yang Wajib Dicoba

OPPO Reno4 F Display

Gadgetren – Sejak resmi diluncurkan di Indonesia, Reno4 F telah menjadi handphone andalan OPPO untuk bersaing di kelas menengah.

Tidak hanya dilengkapi dengan spesifikasi hardware, kamera, dan desain menarik, OPPO Reno4 F menghadirkan beragam fitur yang dapat membantu aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Bahkan terdapat juga fitur tersembunyi pada Reno4 F yang dapat menjaga privasi, keamanan transaksi digital, kualitas baterai, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang penasaran dengan fitur tersebut, maka dapat melihat ulasannya sebagai berikut ini.

AI Night Charging

Reno4 F AI Night Charging

OPPO Reno4 F hadir dengan fitur AI Night Charging yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna sehingga dapat mengoptimalkan pengisian daya baterai di malam hari tanpa takut baterai akan menurun kualitasnya.

Berkat hadirnya algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan OPPO, sistem pada Reno4 F akan mempelajari rutinitas pengisian daya baterai setiap harinya. Dengan demikian, handphone dapat mengendalikan kecepatan pengecasan di malam hari dan mengindari pengisian daya yang berlebihan sehingga usia baterai menjadi lebih awet.

Menariknya pada saat pengecasan baterai Reno4 F sudah mencapai kondisi 100%, maka sistem akan berhenti memberikan daya walaupun konektor belum dilepas. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi AI dari OPPO mampu membuat pengisian daya baterai berjalan dengan aman dan di sisi lain membuat kualitas baterai tetap terjaga.

Untuk bisa mengakses fitur ini, kamu dapat mengunjungi menu Settings > Battery > langsung tekan tombol toggle Optimized night charging ke arah kanan agar menjadi berwarna hijau. Setelah fitur AI Night Charging aktif, maka kamu dapat mempercayakan AI untuk melakukan tugas pengisian daya baterai secara pintar.

Air Gesture

Reno4 F Air Gesture

Fitur yang satu ini memungkinkan kamu dapat mengangkat panggilan telepon di Reno4 F tanpa perlu menyentuh layar alias cukup melakukan gesture tangan dari udara. Pada saat panggilan telepon masuk, maka kamu cukup melambaikan tangan ke arah depan handphone.

Kamu dapat memberikan jarak antara tangan dan handphone sekitar 20 cm hingga 40 cm. Bagi kamu yang ingin mengaktifkan fitur ini, maka dapat menuju menu Settings > Convenience Tools > Gesture & motions > Air Gestures > aktifkan Air answer dengan menekan tombol toggle hingga menjadi berwarna hijau.

Secure Keyboard

Reno4 F Secure Keyboard

Secure Keyboard merupakan sebuah keyboard virtual khusus yang dibuat OPPO untuk keamanan pengguna Reno4 F ketika mengetikkan password pada beragam aplikasi, situs, dan lainnya. Fitur ini paling terasa ketika pengguna masuk ke akun aplikasi perbankan, email, dan lainnya yang benar-benar sangat sensitif terhadap data.

Dengan keberadaan Secure Keyboard, OPPO menjamin bahwa username dan password yang diketik tidak akan dilihat atau disimpan oleh OPPO. Sementara itu, keyboard virtual ini juga mampu mengamankan proses pengetikkan password dari aplikasi Spyware yang diinstal secara diam-diam pada OPPO Reno4 F.

Untuk mengakitfkannya, kamu dapat membuka menu Settings > Additional settings > Keyboard & input method > tekan toggle pada Use secure keyboard for password input hingga berwarna hijau agar fitur Secure Keyboard dapat aktif.

Private Safe

Reno4 F Private Safe

Fitur yang satu bisa menyembunyikan beragam data di Reno4 F seperti foto, audio, dokumen, dan jenis file lainnya. Berkat fitur ini, tidak sembarang orang dapat melihat data yang telah disembunyikan pada handphone.

Biasanya setelah data disembunyikan, maka kamu harus memasukkan password atau pattern yang telah dibuat sejak awal sebelum Private Safe aktif apabila ingin membukanya. Untuk mengakses file disembunyikan ini, kamu dapat melalui folder khusus Private Safe atau melalui menu Settings.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan membuka menu Settings > Privacy > Private Safe > aktifkan password atau pattern yang nantinya untuk mengakses data yang nantinya disembunyikan > Pilih dan sembunyikan data yang diinginkan > tekan tombol Done apabila telah selesai.

App Lock

Reno4 F AppLock

App Lock merupakan salah satu fitur menarik yang hadir di Reno4 F karena memungkinkan kamu mengunci aplikasi yang diinginkan agar tidak sembarangan dibuka oleh orang lain yang tidak dikenal atau bahkan teman sendiri.

Setelah fitur App Lock aktif, maka kamu akan diminta memasukkan pattern, password, atau sidik jari setiap akan membuka aplikasi yang telah dikunci.

Cara mengaktifkannya pun bisa dibilang mudah, dimana kamu hanya perlu membuka menu Settings > Privacy > App Lock > aktifkan password atau pattern yang nantinya untuk membuka aplikasi terkunci > pilih aplikasi yang akan dikunci > tekan tombol Done untuk menyelesaikannya.

App Cloner

Reno4 F App Cloner

Fitur yang satu ini memungkinkan kamu dapat menggandakan aplikasi pada Reno4 F sehingga dapat memasukkan dua akun jejaring sosial dalam satu handphone sekaligus. Perlu dicatat, bahwa tidak semua aplikasi bisa menggunakan fitur ini.

Biasanya beberapa aplikasi jejaring sosial populer dapat menggunakan App Cloner. Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, kamu dapat membuka menu Settings > App Cloner > buka aplikasi yang akan diduplikat > tekan tombol toggle CloneApp hingga berwarna hijau agar aktif.

Setelah fitur App Cloner aktif, maka aplikasi duplikat akan muncul di halaman homescreen dari OPPO Reno4 F. Sebagai catatan, aplikasi yang digandakan dengan menggunakan fitur ini memiliki beragam fungsi yang sama persis dengan aplikasi aslinya.

Screen-off Gesture

Reno4 F Screen off Gesture

Screen-off gesture memungkinkan kamu dapat menjalankan beberapa fungsi atau membuka aplikasi pada Reno4 F. Kamu hanya perlu melakukan gesture jari dengan membentuk pola seperti huruf O untuk membuka kamera, dua kali ketuk untuk mengaktifkan layar, V untuk menyalakan flashlight, < atau > untuk kontrol musik, dan lainnya.

Bahkan OPPO juga telah menyiapkan beberapa pola yang dapat dikustomisasi seperti ^, slide ke atas, slide ke bawah, slide ke kiri, slide ke kanan, huruf M, atau huruf W. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini di menu Settings > Convenience tools > Gestures & Motions > lalu aktifkan berbagai gesture sesuai keinginanmu.

Itulah beberapa fitur tersembunyi yang dapat kamu gunakan di OPPO Reno4 F. Namun apabila kamu mengetahui fitur tersembunyi lainnya, maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar