Tips dan Trik

Begini Cara Cek Kebenaran Berita Lewat WhatsApp Biar Kamu Tak Termakan Hoax

Cara Cek Hoax - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Mengecek hoax semakin mudah sekarang ini. Kamu bahkan dapat melakukannya secara langsung melalui aplikasi WhatsApp yang notabene menjadi salah satu sumber penyebaran berita bohong tersebut.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau disebut juga MAFINDO telah meluncurkan chatbot khusus dalam layanan pesan singkat milik Facebook itu untuk membantu masyarakat mengecek kebenaran informasi yang beredar di sekelilingnya.

Dengan database berisi lebih dari 6.000 informasi dan bakal terus ditingkatkan setiap waktu, kamu tentu bisa lebih mudah mengecek apakah berita yang terdengar adalah valid atau hanya hoax.

Sama seperti chatbot WhatsApp pada umumnya, kamu pun bisa menggunakan layanan ini hanya dengan mengirim pesan ke nomor khusus yang disediakan oleh MAFINDO. Secara lebih lanjut, beberapa langkahnya bisa disimak pada tutorial berikut ini.

Cara Mengecek Informasi Hoax Melalui WhatsApp

Layanan chatbot pengecekan berita hoax dari MAFINDO secara khusus bisa diakses melalui nomor WhatsApp +6285921600500. Kamu bisa menyimpan nomor tersebut ke dalam kontak atau mengunjungi https://wa.me/6285921600500 untuk menggunakannya.

Untuk memulai pengecekan berita, kamu hanya perlu mengirim pesan berisi kata “Halo” ke nomor tersebut. Nantinya akan muncul sebuah pesan yang berisi sejumlah menu, termasuk salah satunya adalah Periksa Hoax.

Cara Cek Hoax - Tampilan WA MAFINDO

Kamu bisa memilih opsi tersebut dengan membalas pesan dengan mengetikkan nomor yang sesuai. Yang mana pada saat tulisan ini diterbitkan, saya cukup mengetuk angka 1 kemudian menekan tombol kirim.

Jika selanjutnya bot meminta kata kunci dari berita yang akan diperiksa, kamu hanya perlu membalas pesan dengan frasa singkat berisi informasi penting tanpa menuliskan kalimat secara lengkap.

Chatbot anti hoax MAFINDO kemudian secara otomatis akan mencari kecocokan kata kunci dengan sejumlah informasi dalam database-nya. Sebagai hasilnya, kamu akan memperoleh pesan yang menunjukkan apakah berita terkait merupakan hoax atau bukan.

Selain dengan menggunakan chatbot ini, kamu sebenarnya juga dapat mengecek kebenaran informasi secara manual. Yang mana di antaranya bisa dilakukan dengan mengunjungi situs-situs resmi dari berita terkait atau mencari sumber terpercaya lainnya.

Hoax memang senjata yang sangat berbahaya di era digital ini. Oleh karena itu, mengecek kebenaran informasi sebelum menerima atau membagikannya ke orang lain harus dilakukan.

Tinggalkan Komentar