Aplikasi Berita

Mirip IG Story, Twitter Fleets Sudah Bisa Digunakan di Indonesia

Fleets Twitter Header

Gadgetren – Pengguna Twitter kini tak lagi disuguhkan cuitan hingga 280 karakter saja untuk mencurahkan isi pikirannya, tapi juga bisa menikmati fitur barunya yang bernama Fleets dimana bisa berisi video pendek, foto, teks, atau posting tweet.

Mirip seperti Instagram Story, fitur ini sudah bisa dijajal oleh pengguna di Indonesia dengan melakukan pembaruan terlebih dulu untuk pengguna Android di Google Play Store dan iOS di Apple App Store.

Setelah unduhan pembaruan selesai, maka aplikasi Twitter yang telah dibuka akan memperlihatkan barisan Fleets di bagian atas layar yang sejajar dengan foto profil pengguna. Menurut Twitter, Fleets dibuat untuk memfasilitasi penggunanya yang ingin membagikan sesuatu yang lebih kasual.

Untuk menggunakannya, kamu cukup klik tanda plus atau tambah di bagian foto profil kamu. Kemudian pilih ingin mengunggah teks, foto, maupun video yang telah tersimpan di dalam perangkat atau mengambil langsung dengan kamera handphone.

Fitur Fleets sendiri belum menggunakan variasi tambahan seperti yang telah dihadirkan Instagram baik itu filter hingga fitur pendukung seperti stiker GIF, boomerang, live, atau menampilkan unggahan ke teman terdekat saja.

Fleets-Twitter-Video

Namun demikian foto bisa ditambahkan teks dan setelah itu kamu bisa menyebutkan atau mention ke akun teman. Sementara untuk teks, kamu bisa mengganti warna latar belakang, warna font, mengubah tata letak paragraf, hingga mengatur huruf menjadi besar atau Bold.

Sayangnya jenis huruf yang disajikan masih satu pilihan saja dan kamu belum bisa mendapatkan pilihan lebih banyak huruf lagi. Setelah selesai membuat postingan, kamu bisa langsung mengunggahnya dengan klik selesai.

Fleets-Twitter-Text.

Fleets yang telah diunggah akan dilihat oleh teman-teman yang mengikuti dan kamu bisa memantau siapa saja yang melihat Fleets dengan menekan bagian sisi kiri paling bawah. Begitu juga sebaliknya, kamu bisa melihat Fleets teman dan mengirim sebuah teks pesan di layar bagian bawah atau sekadar memberikan like dan emoji.

Hadirnya fitur Fleets kabarnya ternyata membawa berbagai macam pendapat positif dan negatif. Ada yang merasa fitur baru ini tidak begitu terlalu penting untuk digelontorkan karena lebih menyukai Twitter sebagai media sosial yang berbeda dari lainnya lantaran hanya menyediakan postingan dengan karakter singkat.

Di sisi lain, ada juga pengguna yang menikmati menggunakan Fleets meskipun ada pengguna yang tidak suka.

Fleets-Twitter-share

Twitter tentunya mempunyai alasan khusus kenapa menghadirkan fitur ini. Lewat blog resminya, Twitter mengungkapkan bahwa Fleets adalah jalan baru untuk pengguna agar lebih banyak bergabung dengan percakapan publik.

Dengan begitu, bisa dibilang fitur Fleets merupakan cara baru bagi Twitter untuk menjangkau lebih luas penggunanya yang belum secara aktif menikmati Twitter. Nah bagaimana kalau menurut kalian, suka atau tidak suka dengan fitur Fleets ini?

Tinggalkan Komentar