Smartphone

realme 6 Pro vs realme 7 Pro – Peningkatan Apa Saja Yang Dibawanya?

realme 6 Pro vs realme 7 Pro Header

Gadgetren – Dibandingkan realme 6 Pro yang hadir pada bulan Maret 2020 silam di Indonesia, realme 7 Pro yang dirilis Oktober 2020 mengalami peningkatan sisi teknologi layar, fitur, dan baterai.

Sebelumnya realme 6 Pro menggunakan layar penuh 6,6 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Hadirnya refresh rate 90Hz membuat layar handphone ini mampu menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game dengan mulus.

Menariknya, realme melakukan peningkatan layar pada realme 7 Pro dengan menggunakan teknologi Super AMOLED agar mampu menampilkan konten dengan lebih terang dan tajam. Namun sayangnya layar realme 7 Pro hanya mampu mendukung refresh rate 60Hz.

Sementara ukuran layar dari realme 7 Pro pun hanya mencapai 6,4 inci saja. Berkat penggunaan teknologi Super AMOLED, sensor fingerprint pada handphone ini dapat disematkan di dalam layarnya. Berbeda dengan itu, sensor fingerprint realme 6 Pro berada pada bagian samping tepatnya di tombol power.

Dapur pacu dari kedua handphone ini sama-sama dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 720G Octa-Core 2,3 GHz. Dengan kata lain, realme 6 Pro dan realme 7 Pro seharusnya memiliki performa yang tidak jauh berbeda.

Unggulkan-65W-SuperDart-Charge-Pre-Order-realme-7-Pro-Resmi-Dimulai-di-Indonesia

Kedua handphone ini sama-sama dibekali dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internalnya 128 GB. Namun harganya cukup berbeda, dimana realme 6 Pro dijual dengan harga Rp 4.399.000 dan realme 7 Pro dibanderol mencapai Rp 4.999.000.

Selain itu, realme 7 Pro hadir dengan baterai 4.500mAh yang sedikit lebih besar dibandingkan realme 6 Pro yang berkapasitas 4.300mAh. Bahkan fitur 65W SuperDart Charge yang hadir pada realme 7 Pro mampu mengisi daya baterai lebih cepat dibandingkan 30W FlashCharge pada realme 6 Pro.

Kedua perangkat ini pun dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara perbedaannya, realme 6 Pro membawa kamera telephoto 12 MP dan realme 7 Pro mempunyai kamera depth 2 MP.

Menurut saya, justru absennya kamera telephoto pada realme 7 Pro merupakan sebuah penurunan fitur dibandingkan realme 6 Pro. Padahal kamera ini memungkinkan pengguna dapat membidik dari obyek dari jarak lebih jauh dengan kualitas yang masih terjaga.

realme 7 Pro Silver

Apabila kamera depan realme 7 Pro beresolusi 32 MP, berbeda dengan realme 6 Pro yang hadir membawa dua kamera depan berkomposisi kamera utama 16 MP dan ultrawide 8 MP. Menariknya, kamera ultrawide pada realme 6 Pro mampu menghasilkan foto selfie atau wefie dengan area yang luas.

Baik realme 6 Pro dan realme 7 Pro sama-sama sudah dibekali dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan realme UI berbasiskan Android 10. Sementara sensor NFC hanya hadir pada realme 7 Pro sehingga dapat digunakan untuk transfer data, pengisian atau pengecekan e-money, pembayaran digital, dan masih banyak lagi.

Secara garis besar, realme 7 Pro menawarkan beberapa peningkatan fitur dibandingkan dengan realme 6 Pro terutama sensor NFC dan pengisian daya baterai yang sangat cepat. Namun dari sisi harga, realme 6 Pro terlihat lebih ramah di kantong.

Tinggalkan Komentar