ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

realme 6 Pro vs realme 7 Pro – Peningkatan Apa Saja Yang Dibawanya?

realme 6 Pro vs realme 7 Pro Header

Gadgetren – Dibandingkan realme 6 Pro yang hadir pada bulan Maret 2020 silam di Indonesia, realme 7 Pro yang dirilis Oktober 2020 mengalami peningkatan sisi teknologi layar, fitur, dan baterai.

Sebelumnya realme 6 Pro menggunakan layar penuh 6,6 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Hadirnya refresh rate 90Hz membuat layar handphone ini mampu menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game dengan mulus.

Menariknya, realme melakukan peningkatan layar pada realme 7 Pro dengan menggunakan teknologi Super AMOLED agar mampu menampilkan konten dengan lebih terang dan tajam. Namun sayangnya layar realme 7 Pro hanya mampu mendukung refresh rate 60Hz.

Sementara ukuran layar dari realme 7 Pro pun hanya mencapai 6,4 inci saja. Berkat penggunaan teknologi Super AMOLED, sensor fingerprint pada handphone ini dapat disematkan di dalam layarnya. Berbeda dengan itu, sensor fingerprint realme 6 Pro berada pada bagian samping tepatnya di tombol power.

Dapur pacu dari kedua handphone ini sama-sama dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 720G Octa-Core 2,3 GHz. Dengan kata lain, realme 6 Pro dan realme 7 Pro seharusnya memiliki performa yang tidak jauh berbeda.

Unggulkan-65W-SuperDart-Charge-Pre-Order-realme-7-Pro-Resmi-Dimulai-di-Indonesia

Kedua handphone ini sama-sama dibekali dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internalnya 128 GB. Namun harganya cukup berbeda, dimana realme 6 Pro dijual dengan harga Rp 4.399.000 dan realme 7 Pro dibanderol mencapai Rp 4.999.000.

Selain itu, realme 7 Pro hadir dengan baterai 4.500mAh yang sedikit lebih besar dibandingkan realme 6 Pro yang berkapasitas 4.300mAh. Bahkan fitur 65W SuperDart Charge yang hadir pada realme 7 Pro mampu mengisi daya baterai lebih cepat dibandingkan 30W FlashCharge pada realme 6 Pro.

Kedua perangkat ini pun dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara perbedaannya, realme 6 Pro membawa kamera telephoto 12 MP dan realme 7 Pro mempunyai kamera depth 2 MP.

Menurut saya, justru absennya kamera telephoto pada realme 7 Pro merupakan sebuah penurunan fitur dibandingkan realme 6 Pro. Padahal kamera ini memungkinkan pengguna dapat membidik dari obyek dari jarak lebih jauh dengan kualitas yang masih terjaga.

realme 7 Pro Silver

Apabila kamera depan realme 7 Pro beresolusi 32 MP, berbeda dengan realme 6 Pro yang hadir membawa dua kamera depan berkomposisi kamera utama 16 MP dan ultrawide 8 MP. Menariknya, kamera ultrawide pada realme 6 Pro mampu menghasilkan foto selfie atau wefie dengan area yang luas.

Baik realme 6 Pro dan realme 7 Pro sama-sama sudah dibekali dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan realme UI berbasiskan Android 10. Sementara sensor NFC hanya hadir pada realme 7 Pro sehingga dapat digunakan untuk transfer data, pengisian atau pengecekan e-money, pembayaran digital, dan masih banyak lagi.

Secara garis besar, realme 7 Pro menawarkan beberapa peningkatan fitur dibandingkan dengan realme 6 Pro terutama sensor NFC dan pengisian daya baterai yang sangat cepat. Namun dari sisi harga, realme 6 Pro terlihat lebih ramah di kantong.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar