Smartphone Tips dan Trik

Kurang Sreg? Begini Cara Ganti Aplikasi Default Browser di Handphone Xiaomi

Cara Mengganti Default Browser Xiaomi Header

Gadgetren – Dengan membawa sistem bernama MIUI, Xiaomi berusaha memberikan berbagai macam fitur menarik bagi para pengguna melalui aplikasi khusus ke dalam handphone-handphone buatannya.

Aplikasi-aplikasi bloatware tersebut sayang tidak semuanya menjadi layanan favorit. Beberapa di antaranya justru dihindari karena cukup mengganggu atau kurang familiar di mata para pengguna.

Peramban Xiaomi yang bernama Mi Browser menjadi salah satu di antaranya. Tidak sedikit pengguna yang mengagumi sistem MIUI justru ingin meninggalkan aplikasi tersebut dan beralih ke layanan lain.

Alasannya pun bisa sangat beragam. Salah satu yang cukup umum, pengguna merasa asing dengan peramban tersebut karena mesin pencari bukan Google yang sudah sering mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Untungnya, sistem Android secara mendasar mempunyai opsi yang bisa dipakai untuk mengatur aplikasi default. Setelan ini pun hadir dalam antarmuka MIUI dengan peletakan yang sedikit berbeda.

Para pengguna dapat menggunakan setelan ini untuk mengatur aplikasi apa saja yang akan menjadi produk utama mereka. Termasuk di dalamnya bisa dipakai untuk mengganti peramban ke dukungan yang akan sering dipakai.

Cara Mengganti Aplikasi Default Untuk Browser di Handphone Xiaomi

MIUI Versi Baru

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Cari menu Apps (klik jika diperlukan)
  3. Masuk ke Manage Apps
  4. Klik More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  5. Pilih opsi Default Apps
  6. Klik Browser lalu pilih peramban yang diinginkan

Beberapa langkah mengganti peramban default di atas berlaku untuk sistem operasi baru (MIUI 9 ke atas). Jika menggunakan antarmuka yang lebih lawas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

MIUI Lawas

  1. Masuk ke aplikasi Settings
  2. Cari dan buka menu Installed Apps
  3. Klik tombol Default
  4. Ketuk Browser lalu pilih peramban yang diinginkan

Ada baiknya sebelum mengunjungi halaman pengaturan Default Apps dengan kedua metode di atas, kamu perlu memasang aplikasi peramban lain terlebih dulu agar tersedia pilihan yang sesuai dengan keinginan.

Selain itu, kamu dapat menghapus pengaturan default untuk Mi Browser dengan cara sebagai berikut jika saat membuka tautan masih dilempar ke peramban bawaan Xiaomi tersebut.

Membersihkan Aplikasi Default Browser

  1. Cari Mi Browser di daftar aplikasi
  2. Tekan selama beberapa saat pada ikon terkait
  3. Lalu klik App Info
  4. Cari dan ketuk menu Clear defaults untuk menghapus pengaturan default-nya

Dengan menempuh beberapa cara di atas, para pengguna handphone Xiaomi dapat menggunakan kembali peramban kesukaannya sebagai aplikasi utama baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, atau peramban pihak ketiga lainnya.

Tinggalkan Komentar