Review Smartphone

Review ColorOS 11 – Banyak Fitur Andalan Untuk Menunjang Aktivitas Harian

OPPO Find X2 Pro Feature

Gadgetren – Sebelumnya OPPO telah mengumumkan 29 handphone buatannya yang akan mendapatkan update ColorOS 11 berbasis Android 11 versi beta publik.

Adapun jadwal update ColorOS 11 versi beta publik sudah bergulir sejak 14 September 2020 hingga kuartal kedua tahun 2021 mendatang. Dalam tahap pertamanya, OPPO memberikan update ColorOS 11 versi beta publik untuk tiga handphone flagship yang terdiri dari Find X2, Find X2 Pro, dan Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition.

Untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang hadir pada ColorOS 11, saya berkesempatan untuk mencobanya menggunakan handphone OPPO Find X2 Pro. Bagi kamu yang sudah penasaran dengan sistem operasi ini maka dapat melihat ulasannya sebagai berikut ini.

Personalisasi Handphone

Personalization ColorOS 11

Pada ColorOS 11 sudah tersedia menu Personalization yang menggabungkan berbagai menu untuk memudahkan kamu dalam mempersonalisasikan perangkat OPPO yang sedang digunakan. Terdapat menu Theme, Wallpaper, Always-On Display, Icon Styles, App layout, Fingerprint Style, Colors, Font & display size, Notification drawer, Edge lighting, dan Ringtone maker.

Menu Ringtone maker akan menuju fitur Lab Ringtone di OPPO Lab. Sementara fitur Themes mengarahkan saya ke halaman tema yang sudah terpasang sehingga apabila ingin menambahkan lebih banyak tema lagi maka akan diarahkan ke Theme Store.

Sementara fitur Wallpaper akan mengarahkan ke halaman wallpaper yang telah dimiliki dan akan diarahkan ke Theme Store apabila saya ingin memiliki lebih banyak lagi.

Untuk App Layout memungkinkan saya dapat mengatur letak ikon aplikasi di homescreen sesuai selera dengan mengatur jumlah kolom minimal dua dan maksimal lima serta jumlah baris minimal empat dan maksimal enam.

Fitur Icon Style memungkinkan saya dapat mengatur bentuk dan label ikon sesuai selera dengan beberapa gaya yang terdiri dari Default, Material, Pebble, dan Custom.

OPPO ART Icon ColorOS 11

Terdapat juga fitur Color yang memungkinkan saya dapat mengatur skema warna ikon tombol yang terdapat pada handphone misalnya merah, oranye, hijau, biru, ungu, dan masih banyak lagi. Selanjutnya, Fingerprint style mengizinkan saya untuk memilih animasi menarik yang akan aktif pada saat sidik jari menyentuh sensor fingerprint di bawah layar.

Saya juga dapat mengatur bentuk ikon yang berada di Quick Menu dengan membuka Notification Drawer. Selain itu Font & Display memungkinkan saya dapat mengatur jenis dan ukuran huruf yang akan ditampilkan pada sistem ColorOS 11.

Pada halaman Personalization pun terdapat fitur Edge Lighting yang memungkinkan bagian pinggir layar Find X2 Pro dapat menyala ketika saya menerima panggilan telepon atau notifikasi pesan pada saat layar dalam kondisi istirahat.

Always On Display ColorOS 11

Menariknya lagi, saya dapat mengatur desain tampilan ketika layar istirahat melalui fitur Always-On Display (AOD). Saya diizinkan untuk memilih ornamen yang tersedia atau membuatnya dengan beragam pilihan warna dan pola yang telah disediakan oleh ColorOS 11.

Saya dapat membuat pola ornamen Always-On Display pada kanvas hitam yang telah disediakan oleh ColorOS 11. Mengetuk dan menyeret jari saya pada kanvas ini akan menghasilkan pola AOD sesuai dengan selera diri sendiri.

Dark Mode

Dark Mode ColorOS 11

Dark Mode telah dihadirkan sejak sistem operasi Android 10 diperkenalkan. Fitur yang satu ini memungkinkan sistem handphone memiliki tema berlatar belakang hitam yang diimplementasikan pada pengaturan maupun aplikasi bawaan untuk membuat konten lebih nyaman dilihat pada kondisi redup atau gelap sekalipun.

Namun Dark Mode yang hadir pada ColorOS 11 memiliki kemampuan yang lebih canggih lagi, dimana saya dapat mengatur tema gelapnya sesuai selera dengan tiga pilihan skema yang terdiri dari Enhanced, Medium, dan Gentle.

Pada Enhanced, latar belakang di sistem dan aplikasi bawaan ColorOS 11 akan menjadi berwarna hitam pekat, sementara pada Medium saya menemukan bahwa latar hitamnya sedikit lebih terang dibandingkan gaya Enhanced.

Dark Mode ColorOS 11 Fix

Selanjutnya, Gentle mampu menghadirkan warna latar belakang hitam yang paling terang dibandingkan kedua skema lainnya. Untuk pemilihan skema Dark Mode dapat disesuaikan dengan selera kita dan tentunya kondisi pencahayaan pada lokasi yang sedang dikunjungi.

Saya juga dapat membuat wallpaper dan ikon pada ColorOS 11 disesuaikan ketika Dark Mode aktif. Bahkan perpindahan dari mode gelap ke terang dapat diatur secara otomatis berdasarkan waktu matahari terbit dan tenggelam atau sesuai jam yang telah ditentukan.

Fitur Dark Mode juga dapat diatur untuk mengurangi kontras ketika kita sedang berada di tempat yang redup atau gelap. Menariknya, hampir semua aplikasi pihak ketiga yang diinstal di OPPO Find X2 Pro memiliki latar hitam ketika mode gelap diaktifkan.

OPPO Relax 2.0

Sound City ColorOS 11

Berbeda dengan aplikasi generasi sebelumnya, OPPO Relax 2.0 hadir dengan fitur baru yang bernama The Sound of Cities sehingga memungkinkan kamu mendengarkan suara jalanan atau kehidupuan di berbagai kota seperti Bangkok, Tokyo, Shenzen, Beijing, dan Reykjavik.

Pada Sound of Cities ini, kamu dapat memilih berbagai suara menarik mulai dari hempasan air laut, kicauan burung, kegiatan pasar lokal, dan membuatnya menjadi soundscapes yang membuat perasaanmu senang.

Dalam OPPO Relax 2.0, terdapat juga fitur listen yang akan memutar suara-suara menenangkan dengan pilihan Ambient Sound, Music, Colored Noise, dan The Tale of Two Oranges.

Sementara pada fitur Unwind, saya dapat memainkan beberapa game sederhana yang menghibur mulai dari memecahkan gelembung balon, membuat beragam warna menarik, menarik nafas setiap satu menit, atau mencoret-coret sebuah gambar.

Membuat Ringtone Sendiri

Lab Ringtone ColorOS 11

Pada ColorOS 11 di Find X2 Pro terdapat OPPO LAB yang merupakan sebuah platform untuk para engineer software OPPO dan pengguna bekerja sama dalam menciptakan fitur-fitur yang inovatif secara bersama.

Di antara semua fitur yang dihadirkan pada OPPO LAB, terdapat Lab Ringtone yang memungkinkan saya dapat membuat ringtone atau nada dering dengan sangat mudah. Pada fitur ini saya dapat membuat ringtone hanya dengan menggeser bola virtual pada kuadran yang ditentukan.

Pada Lab Ringtone terdapat empat kuadran nada yang terdiri dari Thrilling, Simple, Vibrant, dan Relaxing. Selain nada, terdapat pengaturan untuk memilih tempo yang terdiri dari Slow dan Fast. Bila kita menyukai tempo cepat, maka dapat menggeser bola virtual ke arah kanan atas menuju Fast + Thrilling.

Sementara apabila kita menyukai musik dengan tempo yang lambat dan menenangkan, maka dapat menggeser bola virtual ke arah kiri bawah menuju Slow + Relaxing. Setelah kuadran ringtone dipilih, maka kita hanya perlu menekan tombol Generate untuk menghasilkan nada dering yang siap digunakan pada OPPO Find X2 Pro.

3-Finger Translate

3 Finger Translate ColorOS 11

Menurut saya, 3-Finger Translate merupakan salah satu fitur inovatif yang hadir pada ColorOS 11 karena memungkinkan penerjemahan bahasa dari sebuah situs, dokumen, aplikasi, maupun gambar dengan hanya menekan tiga jari ke layar selama beberapa saat dan secara otomatis langsung diterjemahkan ke bahasa yang diinginkan.

Saya cukup menahan tiga jari pada layar hingga muncul tangkapan layar sebagian dan dapat memilih teks sesuai keinginan. Selanjutnya, pilih menu Translate di bagian bawah dan secara otomatis akan diarahkan ke Google Lens.

Kemudian, Google Lens akan mengaktifkan Google Translate untuk menerjemahkan tulisan yang tadi telah dipilih sesuai dengan bahasa yang saya inginkan. Berkat Google Translate, fitur ini mampu melakukan penerjemahan menjadi sangat cepat dan mudah karena banyaknya dukungan bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Smart Sidebar Translate

Smart Sidebar Translate ColorOS 11

ColorOS 11 ini juga hadir dengan fitur Smart Sidebar Translate yang memudahkan kamu untuk melakukan penerjemahan ebuah situs, dokumen, aplikasi, maupun gambar dengan mengaksesnya lewat Smart Sidebar.

Setelah mencari tulisan dalam satu layar penuh untuk diterjemahkan, maka saya langsung membuka Smart Sidebar dengan melakukan swipe atau sapuan jari dari bagian kanan ke kiri layar. Sellanjutnya, saya langsung memilih menu Screen Translate ketika menu Smart Sidebar muncul.

Hampir mirip dengan metode 3-Fingerprint Translate, fitur ini akan memanfaatkan Google Lens yang nantinya memanggil Google Translate agar menerjemahkan tulisan yang telah dipilih dalam satu layar tadi. Berkat dukungan Google Translate, saya bisa melakukan penerjemahan dengan mudah ke dalam banyak bahasa sekaligus.

Kemampuan Baterai Ditingkatkan

OPPO Find X2 Pro Display Half

Fitur Battery Guard memungkinkan sistem ColorOS 11 mempelajari kebiasaan saya dalam pengisian daya baterai, dimana berhenti mengisi daya hingga 80% di malam hari dan mengisi ulang hingga 100% pada saat bangun. Dengan kata lain, saya tidak perlu lagi khawatir tentang bahaya pengisian yang berkepanjangan.

Menariknya lagi, ColorOS 11 juga menghadirkan Super Power Saving yang mampu menghemat daya baterai sangat lama ketika persentase daya baterai kamu tinggal sedikit karena akan menonaktifkan sebagian besar fungsi pada OPPO Find X2 Pro.

Meskipun nantinya sebagian fungsi dan wallpaper tidak akan aktif, namun saya masih dapat menggunakan enam aplikasi yang telah ditentukan pada layar home Super Power Saving. Menurut saya, fitur ini sangat efisien karena mampu membuat Find X2 Pro bertahan selama 7 jam 31 menit ketika persentase baterai di 18%.

Performa Meningkat

OPPO Find X2 Pro HandsOn

Berkat hadirnya UI First 2.0, ColorOS 11 mampu meningkatkan performa dari handphone OPPO. Saya sendiri merasa bahwa Find X2 Pro mampu menjalankan aplikasi maupun game secara multitasking dengan lancar.

Apalagi layarnya menggunakan refresh rate 120Hz, dimana membuat gerakan transisi perpindahan antara menu atau aplikasi dan animasi game benar-benar terasa sangat halus sehingga memanjakan mata saya.

OPPO sendiri mengklaim bahwa ColorOS 11 mampu mengoptimasi penggunaan RAM sebesar 45%, tingkat respon sebesar 32%, dan stabilitas frame rate sebesar 17%. Pada sistem operasi ini terdapat juga AI App Preloading yang mampu mengurangi waktu pemuatan aplikasi.

AI App Preloading mempelajari perilaku penggunaan sehingga membuat Find X2 Pro mampu memuat lebih cepat aplikasi yang sering dipakai. Selain peningkatan ColorOS 11, kombinasi hardware antara chipset Qualcomm Snapdragon 865 Octa-Core dan RAM 12 GB benar-benar membuat Find X2 Pro memiliki performa yang bertenaga.

Gamer Mode

Gamer Mode ColorOS 11

Pada ColorOS 11 terdapat fitur bernama Gamer Mode yang memungkinkan kamu untuk memblokir panggilan, notifikasi media sosial, dan membatasi gesture atau pekerjaan handphone yang dapat mengganggu jalannya permainan sehingga saya dapat fokus untuk mengalahkan lawan di game.

Untuk mengaktifkannya, saya dapat langsung memilih menu Game Assistant yang sembunyi di samping kiri layar ketika game telah terbuka. Selanjutnya memilih Immersive Mode dan secara otomatis semua gangguan ketika bermain game akan hilang.

Aplikasi dan gesture yang diblokir terdiri dari panggilan serta pesan masuk (WhatsApp, Line, Telegram, atau Messenger), pemberitahuan yang muncul dari status bar atau kolom notifikasi, gesture atau tombol navigasi, back gesture, Game Assistant, pengunci layar melalui tombol daya, auto screen-off, tombol volume, dan floating windows.

Dengan hadirnya fitur ini, saya merasa pengalaman bermain game di OPPO Find X2 Pro dengan ColorOS 11 terasa lebih imersif karena tidak ada gangguan dari luar. Namun apabila ingin mematikan fitur ini, maka dapat menyapu atau swipe layar dari kiri ke kanan dengan jari dan memilih tombol Exit pada menu yang muncul.

Kesimpulan

OPPO Find X2 Pro Flat Lay

Setelah pemakaian OPPO Find X2 Pro beberapa minggu, saya merasa ColorOS 11 memiliki beragam fitur menarik yang dapat membantu aktivitas sehari-hari. Saya pun dapat melakukan personalisasi dan kostumisasi dengan mudah pada sistem operasi ini.

Gamer Mode pada sistem operasi ini membuat saya dapat memainkan game secara imersif tanpa takut gangguan. Sementara fitur Translate yang hadir pada ColorOS 11 memudahkan saya untuk menerjemahkan bahasa pada halaman situs, dokumen, maupun gambar dengan instan.

ColorOS 11 juga mampu menghadirkan pengalaman penggunaan perangkat yang cepat dan mulus tanpa hambatan. Apalagi dikombinasikan dengan hardware Find X2 Pro yang masuk di kelas flagship dan layarnya yang memiliki refresh rate 120Hz sehingga membuat saya betah berlama-lama menggunakannya selama bekerja dari rumah.

Tinggalkan Komentar