ASUS TUF Gaming FX507
Berita Feature Phone

MediaTek Rilis Platform Edge AI i350 Untuk Aplikasi Pemrosesan Suara dan Gambar

MediaTek-Header

Gadgetren – MediaTek telah mengumumkan sebuah platform baru bernama Edge AI i350 yang dilengkapi APU khusus dan Digital Signal Processor (DSP) untuk produk-produk AIoT yang membutuhkan pemrosesan gambar dan suara dengan Edge Artificial Intelligence. 

Lebih jauh, platform ini menghadirkan pemrosesan berteknologi Edge Al yang khusus digunakan untuk aplikasi-aplikasi dengan kemampuan berupa pengenalan wajah, obyek, gerak-isyarat dan gerakan, pengenalan pelat nomor kendaraan atau License Plate Recognition (LPR), aktivasi suara dan pengenalan suara, isolasi suara, serta pengukuran bioteknologi dan biometrik.

Henry Yeh selaku AGM unit bisnis AIoT, MediaTek mengatakan bahwa dengan meningkatnya popularitas aplikasi AIoT gambar dan suara, banyak perusahaan yang akan mencari solusi melalui platform i350 agar dapat mempercepat waktu pengembangan dan mendukung berbagai solusi multimedia dan konektivitas.

“Platform i350 menghadirkan pemrosesan Edge AI canggih dengan konsumsi daya yang sangat rendah untuk berbagai aplikasi rumah cerdas, komersil, dan industrial masa depan,” ujarnya. 

Adapun platform i350 Edge AI dibangun dengan teknologi pemrosesan 14nm dan dibekali oleh APU (prosesor Al) serta Digital Signal Processor (DSP) untuk pemrosesan Edge AI yang diklaim hemat daya dan bertenaga. Platform ini juga mendukung layar definisi tinggi dengan antarmuka sentuh dan aplikasi yang beragam.

MediaTek pun merekomendasikan platform barunya ini kepada mitra ekosistem AIoT untuk mendukung peralatan cerdas, akses cerdas, mesin penjual otomatis, kios, hingga sistem penjualan mereka untuk retail dan komersil serta berbagai lingkungan industrial dan medis.

Soal performa, CPU prosesor ini terdiri dari ARM Cortex-53 Quad-Core berkecepatan maksimal 2GHz yang ditemani oleh GPU Mali G52. Prosesornya juga mendukung kamera dengan sensor 13 MP dan juga mampu melakukan encoding video dengan HEVC di Full HD pada 60 frame per detik.

Tersedia pula dukungan untuk API umum seperti OpenGL ES, OpenCL, dan Vulkan yang digadang akan memudahkan para perusahaan untuk mengembangkan berbagai aplikasi inovatif untuk perangkat-perangkat yang menggunakan platform i350.

Tak ketinggalan, platform i350 Edge Al juga memfasilitasi fitur tambahan lainnya mulai dari WiFi 5, Bluetooth 5, GNSS, dan radio FM untuk berbagai opsi konektivitas. Platform ini juga mendukung berbagai rangkaian opsi memori dan flash guna membantu OEM mengurangi biaya bahan dan memenuhi kebutuhan kinerja.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar