Tips dan Trik

Cara Mengatasi “Perangkat Tidak Kompatibel” Saat Mengunduh Aplikasi di Google Play Store

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store Header

Gadgetren – Pengguna Android memang tidak selamanya bisa dengan mudah mengunduh aplikasi yang dibutuhkan melalui Google Play Store karena bisa saja beberapa permasalahan muncul secara tiba-tiba.

Salah satu di antaranya mungkin pernah kamu jumpai dimana muncul pesan perangkat tidak kompatibel padahal handphone yang kamu miliki mempunyai spesifikasi dan dukungan di atas kebutuhan minimal.

Jika sudah demikian, maka apa yang perlu dilakukan? Secara umum, kamu dapat menyelesaikan permasalahan yang timbul saat melakukan pengunduhan aplikasi berdasarkan jenisnya.

Namun untuk mengatasi permasalahan perangkat yang tidak kompatibel saat akan mengunduh aplikasi di Google Play Store, kamu secara lebih rinci bisa menyimak informasinya di bawah ini!

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Google Play Store

Dalam sebuah halaman bantuan untuk komunitas Google Play, sejumlah pengguna sebenarnya sudah pernah meminta solusi untuk permasalahan terkait kompatibilitas perangkat tersebut.

Sebagai salah satu solusinya, anggota Silver Product Expert dalam halaman itu pun menyarankan agar pengguna membersihkan data layanan Google Play Store sebelum mengunduh aplikasi terkait.

Bagi yang belum tahu, kamu dalam hal ini bisa melakukannya dengan mengunjungi bagian Settings di handphone, kemudian masuk ke halaman Apps, lalu mencari aplikasi Google Play Store.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store - 1

Setelah berhasil menemukannya, kamu perlu mengetuk aplikasi tersebut lalu masuk ke bagian Storage dan memilih tombol Clear data. Jangan lupa nantinya kamu pun perlu mengonfirmasi peringatan dengan menekan tombol yang sesuai.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store - 2

Perlu diketahui bahwa kamu mungkin harus menyesuaikan beberapa langkah di atas karena nama dan letak opsi Clear data bisa berbeda pada beberapa model dan tipe handphone.

Coba Update Sistem Operasi Ke Versi Terbaru

Perbedaan versi sistem operasi dengan rekomendasi minimal untuk aplikasi juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya permasalahan “perangkat yang tidak kompatibel”.

Oleh karena itu, kamu pun dapat mencoba untuk memperbarui perangkat yang kamu gunakan terlebih dahulu sebelum berusaha mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play Store.

Untuk memperbarui versi sistem operasi, kamu biasanya hanya perlu menghubungkan handphone ke jaringan internet kemudian masuk ke bagian Settings, mencari bagian System Update, lalu pilih Download Manually.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store - 3

Karena letaknya berbeda pada masing-masing handphone, kamu bisa mencarinya di Google untuk mengetahui langkah-langkah memperbarui sistem operasi secara lebih rinci.

Apabila dua metode di atas dirasa kurang manjur dan aplikasi masih menunjukkan pemberitahuan bahwa perangkat tidak kompatibel, kamu selanjutnya bisa menempuh jalur lain untuk mengunduhnya.

Mungunduh APK Secara Manual

Selain memanfaatkan layanan Google Play Store, sejumlah perusahaan teknologi seperti Epic Games yang kini diblokir oleh Google juga mendistribusikan aplikasi melalui situs web resmi miliknya.

Oleh karena itu, kamu yang ingin menggunakan aplikasi Android sebenarnya bisa juga mengunduh berkas APK-nya secara langsung dari situs resmi perusahaan kemudian memasangnya secara manual.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store - 4

Apabila aplikasi yang kamu inginkan tidak didistribusikan di situs resminya, maka kamu bisa mencoba mengunjungi toko aplikasi lain yang terdapat di handphone seperti Galaxy Store pada Samsung atau App Market pada OPPO.

Selain itu, kamu pun bisa mencarinya pada layanan alternatif Google Play Store dari pihak ketiga seperti APKMirror, APKPure, atau F-Droid ynag cukup terpercaya jika toko resmi aplikasi tersebut tidak menyediakannya.

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store - 5

Yang sangat penting untuk diingat, kamu harus berhati-hati saat perlu mengunduh aplikasi dari layanan pihak ketiga. Jangan sampai menggunakan layanan, situs, maupun blog yang memiliki tingkat kepercayaan rendah.

Kamu dalam hal ini pun perlu memilih varian yang sesuai terhadap konfigurasi sistem di handphone pada beberapa layanan dengan koleksi lengkap karena versi terbaru belum tentu kompatibel untuk semua jenis perangkat.

Jika setelah mencoba beberapa cara di atas tapi aplikasi masih tidak terpasang, maka bisa dipastikan bahwa perangkat memang benar-benar tidak kompatibel.

Kamu dalam hal ini sebenarnya bisa menempuh cara gelap dengan melakukan proses root untuk mengatasi permasalahan tersebut, tetapi saya tidak menyarankannya karena berisiko apalagi bagi pengguna yang benar-benar awam.

Sebagai alternatif, kamu mungkin bisa meminjam handphone orang lain untuk melakukannya atau mulai mengumpulkan dana jika perlu menggunakan aplikasi tersebut setiap waktu.

Tinggalkan Komentar