Smartphone

Perbandingan iPhone 11 Vs iPhone 12 – Apa Saja Peningkatannya?

iPhone 12 Mini Water ressist

Gadgeteren – Apple akhirnya meluncurkan iPhone 12 secara global setelah penantian panjang dan berbagai rumor beredar. Sebagai penerus dari iPhone 11, handphone terbaru ini mengalami peningkatan di berbagai aspek.

Meskipun ukuran layarnya sama-sama 6,1 inci, namun iPhone 12 sudah menggunakan teknologi Super Retina XDR Display dan resolusi 2532 x 1170 piksel. Sementara iPhone 11 masih memakai teknologi Liquid Retina HD Display dan resolusi 1792 x 828 piksel.

Keduanya sama-sama mengusung layar penuh berponi dengan Wide Color Gamut dan True-Tone yang dilindungi Scratch-resistant glass dan oleophobic coating. Namun hanya iPhone 12 yang telah dilengkapi dengan Dolby Vision.

iPhone 12 Mini Feature

Apple pun mengklaim bahwa layar dari iPhone 12 telah dilapisi dengan perlindungan bahan keramik yang kuat. Sementara desain frame pinggirnya mengikuti iPhone 5 sehingga terlihat lebih premium dibandingkan dengan iPhone 11.

iPhone 11 menggunakan kaca pada bagian depan dan belakangnya. Namun kedua handphone ini sama-sama menggunakan bahan Aerospace-grade aluminium yang kokoh. Apalagi Apple mengklaim bahwa iPhone 12 empat kali lebih tahan benturan dibandingkan iPhone 11.

Kedua handphone ini sama-sama memiliki poni yang menyimpan kamera depan TrueDepth 12 MP ditambah sensor SLD 3D (sensor biometrik dan depth) sehingga mampu memindai wajah pengguna dengan akurat, terutama untuk Face Unlock dan pemetaan 3D.

iPhone-12-Mini-dan-12-Pro.

Kamera depan iPhone 12 mengalami peningkatan dengan kehadiran fitur Smart HDR 3 untuk foto, perekaman video HDR dengan Dolby Vision hingga 30fps, Night Mode, dan Deep Fusion.

Sementara fitur kamera depan iPhone 11 seperti Portrait mode dengan bokeh yang bisa diatur, Portrait Lighting, peremakan video sinematik stabil hingga 4K, dan Slow motion Full HD 120fps masih tersedia di iPhone 12.

Meskipun kedua iPhone ini sama-sama dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP dan kamera ultrawide 12 MP, namun apertur kamera utama iPhone 12 mencapai f/1.6 sehingga mampu menyerap cahaya lebih banyak dibandingkan iPhone 11 dengan apertur f/1.8.

Kamera belakang dari kedua handphone ini pun memiliki fitur-fitur menarik mulai dari Night Mode, Deep Fusion, 2x Optical Zoom, 5x Digital Zoom, Portrait mode dengan pengaturan bokeh, dan Portrait Lighting dengan 6 mode pencahayaan.

iPhone-11-Back

Kamera belakang dari iPhone 12 mempunyai keunggulan dalam dukungan Smart HDR 3 untuk foto, perekaman video HDR dengan Dolby Vision 30fps, dan Night mode Time-lapse. Namun kedua handphone ini juga mendukung perekaman video hingga 4K 60 fps, Audio Zoom, perekaman video 2x Optical Zoom atau 3 Digital Zoom, dan Slow Motion Full HD hingga 240fps.

Dari sektor hardware, iPhone 12 telah dibekali chipset Apple A14 Bionic Hexa-Core dengan teknologi fabrikasi 5nm yang lebih cepat dan efisien dibandingkan Apple A13 Bionic Hexa-Core dengan teknologi fabrikasi 7nm+.

Meskipun performanya iPhone 12 lebih bertenaga dibandingkan iPhone 11, namun kedua handphone ini masih sama-sama dapat menjalankan aplikasi atau game secara multitasking dengan lancar. Untuk penyimpanan internal dari kedua produk ini sama-sama mempunyai pilihan kapasitas 64 GB, 128 GB, atau 256 GB.

iPhone-11-Display

Pihak Apple menjanjikan bahwa kedua produk ini dapat berjalan selama 17 jam untuk memutar video secara nonstop. Apabila iPhone 12 sudah dibekali langsung iOS 14.1, berbeda dengan iPhone 11 yang harus melakukan upgrade dari iOS 13 ke iOS 14 untuk bisa mendapatkan fitur terbaru.

Keduanya sama-sama dibekali dengan sertifikat IP68, namun iPhone 12 mampu bertahan dalam air dengan kedalaman 6 meter selama 30 menit, sementara iPhone 11 hanya mampu mencapai 2 meter selama 30 menit.

Tinggalkan Komentar