Smartphone

POCO X3 NFC Dirilis di Indonesia! The Real Mid-Range Killer

POCO-X3-NFC-Gaming

Hari ini Xiaomi meluncurkan handphone sub-brand kelas menengah terbarunya di Indonesia yang bernama POCO X3 NFC.

Sesuai dengan label serinya, perangkat yang satu ini membawa sensor NFC dengan fungsi yang serbaguna untuk pengisian atau pengecekan e-money, transfer data, dan pembayaran transaksi digital.

Mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 732G Octa-Core 2,3 GHz, POCO X3 NFC mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar. Apalagi terdapat RAM LPDDR4X dengan pilihan kapasitas 6 GB atau 8 GB yang dapat menangani aktivitas multitasking dengan lancar.

Snapdragon 732G sendiri adalah chipset seri 700 paling tangguh dan terbaru dari Qualcomm. Dan POCO X3 NFC ini adalah handphone pertama di dunia yang menggunakannya.

POCO-X3-NFC-All

Sementara itu penyimpanan internalnya mempunyai pilihan 64 GB atau 128 GB yang dapat menyimpan banyak file sekaligus. Meskipun kapasitas internal sudah besar, namun POCO X3 NFC masih membawa slot yang dapat diisi microSD hingga 256 GB.

Terdapat fitur Game Turbo 3.0 yang mampu mengoptimalkan frame rate dan akselerasi sentuhan jari agar memberikan pengalaman bermain game yang lancar di POCO X3 NFC.

Handphone ini juga didukung LiquidCool Technology 1.0 Plus yang mampu mendinginkan prosesor hingga 6 derajat celcius. Teknologi ini merupakan penyempurnaan dari LiquidCool Technology 1.0 yang ditemui pada POCOPHONE F1.

Baterai berkapasitas 5.160mAh yang dibenamkan pada handphone ini diklaim Xiaomi mampu bertahan selama 10 jam untuk memainkan game, 17 jam untuk menjalankan video, atau 153 jam untuk memutar musik.

Menariknya, fitur 33W Fast Charge yang hadir pada POCO X3 NFC mampu mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 100% hanya dalam waktu 65 menit saja.

POCO-X3-NFC-Sensor

Dari sektor fotografi, POCO X3 NFC telah dilengkapi dengan empat kamera belakang yang mempunyai komposisi kamera utama 64 MP bersensor Sony IMX682, kamera ultra wide 13 MP, makro 2 MP, dan depth 2 MP. Sementara itu kamera depannya mempunyai resolusi 20 MP.

Kamera ultra wide handphone ini memungkinkan pengguna dapat menghasilkan foto dengan area yang luas hingga sudut 119 derajat. Sementara kamera makronya memungkinkan pengguna dapat membidik objek dari jarak dekat hingga 4 cm.

Secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan foto 16 MP dengan warna dinamis dan penyerapan cahaya yang banyak berkat teknologi 4-in-1 pixel binning. Namun pengguna dapat mengambil foto beresolusi lebih besar dengan kamera utamanya apabila mengaktifkan fitur 64 MP Mode pada aplikasi kamera bawaan POCO X3 NFC.

POCO-X3-NFC-ShadowGray

Aplikasi kamera bawaan handphone ini juga menyediakan fitur Night Mode yang memungkinkan pengguna dapat menghasilkan foto yang lebih terang dan jelas pada malam hari dibandingkan menggunakan Auto Mode. Bahkan terdapat filter tambahan dengan efek menarik yang terdiri dari Gold vibes, Black ice, dan Cyberpunk.

Selain foto, penggunanya juga mengaktifkan Pro mode ketika merekam video sehingga mampu melakukan pengaturan jenis lensa, exposure, ISO, Shutter Speed, Focus, dan White Balance secara manual.

Tak hanya sampai di situ saja, POCO X3 NFC juga didukung beragam fitur fotografi maupun videografi lainnya seperti smooth video zoom, focus peaking, video kaleidoskop, perekaman 4K, dukungan format LOG/RAW, dan Vlog Mode.

Untuk layarnya POCO X3 NFC dibekali oleh layar 6,67 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi 2400 x 1080 piksel yang mampu menampilkan konten dengan jelas serta nyaman di mata pengguna. Layarnya juga mendukung refresh rate 120Hz sehingga mampu menampilkan animasi pada game atau aplikasi dengan mulus.

Menariknya lagi, fitur DynamicSwitch pada POCO X3 NFC bisa mengatur tingkat refresh rate layar dari 50Hz, 60Hz, 90Hz, dan 120Hz tergantung konten di layar untuk menghemat konsumsi daya.

POCO-X3-NFC-Power

Sementara itu touch sampling rate 240Hz memungkinkan sentuhan jari pengguna terhadap layar POCO X3 NFC memiliki responsivitas yang tinggi sehingga membuat nyaman ketika dalam bermain game.

Layar POCO X3 NFC menggunakan desain penuh dengan punch hole berbentuk dot drop pada bagian atasnya. Layarnya juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar.

Dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint di bagian samping, dan MIUI 12 berbasis Android 10 dengan POCO Launcher 2.0 telah hadir pada handphone ini.

Xiaomi membanderol handphone ini dengan harga yang mencapai Rp 3.099.000 untuk varian RAM 6GB + ROM 64GB dan Rp 3.499.000 untuk varian RAM 8GB + ROM 128GB di Indonesia. Dengan spesifikasi hardware, fitur, dan harga yang dibawanya, POCO X3 NFC bisa menjadi The Real Mid-Range Killer untuk perangkat lain di kelasnya.

* Artikel ini disponsori oleh Xiaomi

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar