Tips dan Trik

Perbandingan Harga Hingga Kecepatan Dari Empat Operator Digital

ByU 20GB Feature

Gadgetren – Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran generasi Y dan Z menjadi kunci sukses keberhasilan era tranfromasi digital di Indonesia.

Hal ini dikarenakan hampir semua aktivitas keseharian mereka dilakukan lewat handphone genggam dari mulai belanja melalui e-commerce, bayar langganan film, voucher game, hingga beli pulsa.

Tentunya generasi Y dan Z memiliki karakteristik pasar yang unik. Mereka mempunyai selera yang berbeda dengan orang tua atau generasi di atasnya sehingga mempengaruhi kepada pilihan produk yang dibeli. Misalnya saja pada segmen suka bermain game mobile, maka mereka pun khusus membeli paket yang berisi voucher game.

Terdapat pula segmen yang suka internetan, main media sosial, atau nonton film di platform Netflix yang akan membeli paket tertentu yang hanya tertuju kepada kuota untuk platform film saja. Hal ini disebabkan mereka masih dibiayai oleh orang tua sehingga kebutuhan atau permintaan masih lingkup kecil.

Berbeda dengan segmen pekerja kantoran yang akan membeli paket berdasarkan jumlah kuota GB per bulan yang sudah mencakup kuota internet dan yang paling utama untuk komunikasi. Namun demikian, segmen pekerja pun mungkin saja akan berpindah ke layanan digital seluler karena aksesnya yang cepat tanpa ribet.

Melihat pasar generasi muda dan ruang digital yang semakin besar, para operator seluler kini berlomba-lomba mengeluarkan layanan seluler prabayar digital yang fleksibel. Dengan menawarkan harga lebih terjangkau, proses pembeliannya pun diklaim lebih mudah dibandingkan konvensional karena bisa didapat hanya lewat digital atau dengan handphone.

Operator layanan seluler digital ini pun tidak asing lagi buat kalian yang sudah menggunakannya karena berasal dari provider yang sudah dikenal di Indonesia antara lain by.U (Telkomsel), Switch Mobile dan Power Up (Smartfren), serta Live.On (XL Axiata).

POWER UP Membership Plan

Semua provider tersebut menawarkan harga dan kecepatan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan internet apa yang kamu inginkan. Bila kamu ingin mencoba berlangganan paket digital seluler ini, kamu hanya perlu memilih provider yang mana dan bisa mengunduh di Google Play Store atau Apple App Store untuk mendapatkan setiap penawaran paketnya.

Nah bagi kamu yang ingin berpindah ke provider digital, berikut perbandingan harga serta kecepatan yang dijual dari masing-masing operator digital seluler.

Operator by.U (Telkomsel)HargaKecepatan 4G LTE
Yang Bikin Kumat 10 GB, masa berlaku 10 hariRp 20 ribu128 kbps – 1 Mbps
Yang Bikin Aman Jaya Banget 10 GB, masa berlaku 7 hariRp 40 ribu128 kbps – 1 Mbps
Yang Bikin Aman Jaya Banget 10 GB, masa berlaku 30 hariRp 140 ribu128 kpbs – 1.5 Mbps
Operator Switch Mobile (Smartfren)HargaKecepatan 4G LTE
Base Plan: Lite Bar 3 GB unlimited, masa berlaku 28 hari.Rp 50 ribu128 kbps
Base Plan: Standard Bar 10 GB unlimited, masa aktif 28 hari.Rp 100 ribu128 – 512 kbps
Operator Power Up (Smartfren)HargaKecepatan 4G LTE
Power Up 12 GB, 2 GB per 4 minggu x 6 total 24 mingguRp 68 ribu< 128 kpbs per 2GB Diklaim punya fitur rollover data terbagi-bagi setiap minggu.
Power Up 24 GB, 4 GB per 4 minggu x 6 total 24 mingguRp 118 ribu> 128 kbps per 4 GB Diklaim punya fitur rollover data terbagi-bagi setiap minggu.
Operator LIVE.ON HargaKecepatan 4G LTE
Paket Power On Kuota utama 25 GB, Kuota telepon 20 menit, kuota 20 SMS ke semua operator, 3 GB Emergency kuota 128 kbps, masa berlaku 30 hariDari Rp 80 ribu turun harga jadi Rp 69 ribu128 kbps per 3 GB – 2.5 Mbps.
Paket Power Full Kuota Utama 50 GB, Kuota telepon 30 menit, Kuota 20 SMS ke semua operator, 3GB Emergency kuota 128 kbps, masa berlaku 30 hariDari Rp 125 ribu turun harga jadi Rp 114 ribu128 kbps per 3 GB.  XL Axiata mengklaim bisa capai 15 Mbps. Namun bisa jadi paket bakal habis sebelum masa aktif berakhir, tergantung pada pemakaian data.

Selain menawarkan paket internet dasar berupa kuota, kamu juga bisa menambahkannya lagi dengan kuota Add On (dinamakan Topping untuk by.U) untuk mengakses aplikasi favorit mulai dari TikTok, Vidio, Ruang Guru,  Zenius, Viu, Voice, Joox, Spotify, Line, dan YouTube.

Untuk operator digital Switch Mobile juga punya penambahan kuota ekstra berupa Add On dan Swith & Match untuk penggunaan aplikasi favorit lainnya. Selanjutnya Power Up terdapat pula kuota tambahan berupa kuota 4 GB, 8 GB, dan 16 GB serta kuota booster.

Sementara LIVE.ON dari XL Axiata menawarkan penambahan paket data add-on, call add-on, SMS add-on, roaming add-on, streaming add-on, dan sosial media add-on.

Tinggalkan Komentar