Tips dan Trik

Cara Mengatur DNS Privat di Handphone Xiaomi yang Sudah Menggunakan MIUI 12

cara mengatur dns di hp Xiaomi MIUI Header

Gadgetren – Pengaturan DNS pada handphone Xiaomi dengan sistem operasi MIUI 10 berbasis Android Pie 9 sebelumnya tidak diberikan oleh developer Xiaomi.

Namun kini buat pengguna handphone Xiaomi yang kebagian MIUI 12 berbasis Android Pie 10 sudah bisa menggunakan DNS kustom sesuai keinginannya. Fitur pengaturan DNS secara private bisa memberikan berbagai keuntungan seperti filter akses maupun mempercepat proses pemuatan.

Bagi para orang tua, DNS bisa dimanfaatkan untuk memfilter situs yang harus diblokir maupun situs tidak aman agar perangkat tidak disusupi malware.

Buat kamu yang menggunakan perangkat Xiaomi yang sudah menjalankan MIUI 12 berbasis Android Pie 10, maka fitur DNS ini bisa diakses dan diatur sendiri di dalam pengaturan handphone. Caranya pun sangat mudah, tim Gadgetren akan berikan langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Atur DNS Privat di Xiaomi dengan MIUI 12

  1. Tuju menu Setelan atau Setting handphone.Redmi-Note-8-Pro-DNS-Private
  2. Pilih menu Koneksi dan Berbagi. 
  3. Lalu klik DNS Pribadi. 
  4. Selanjutnya pilih mode DNS Pribadi pada menu Nama host penyedia DNS Pribadi. Cara Atur DNS Privat di Redmi Note 8 Pro MIUI 12 Android 10.
  5. Masukkan nama host penyedia DNS. 
  6. Kemudian klik Simpan.

Salah satu DNS yang bisa kamu gunakan adalah 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com untuk akses internet lebih cepat di situs yang menggunakan cloudfare, dns.quad9.net untuk memblokir situs yang berbahaya karena virus, dns.adguard.com agar tidak ada iklan berbahaya, dan adult-filter-dns.cleanbrowsing.org untuk memblokir konten tidak pantas.

Itulah langkah-langkah mengatur private DNS pada handphone Xiaomi dengan sistem operasi MIUI 12 berbasis Android Pie 10. Dengan begitu kamu bisa mengaturnya sesuai private DNS yang ingin dibutuhkan untuk kenyamanan mengakses internet.

Untuk pengguna handphone Xiaomi dengan sistem operasi MIUI 10 berbasis Android Pie 9, sayangnya fitur DNS ini tidak dihadirkan sehingga pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti QuickShortcut atau Activity Launcher di Google Play Store.

Setelah salah satu dari aplikasi pihak ketiga itu terpasang, kamu bisa membukanya dan klik menu com.android.settings.Settings$NetworDashboardActivity. Kemudian pilih menu Try untuk dialihkan ke pengaturan handphone Koneksi dan Berbagi pada DNS pribadi.

Lalu isi Nama host penyedia DNS pribadi dengan menggunakan salah satu yang sudah disebutkan sebelumnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar