Berita

MIUI 12 Dirilis, Xiaomi Tawarkan Fitur Dan Desain Baru

MIUI 12 Header

Gadgetren – Bersamaan dengan peluncuran Mi 10 Youth Edition di Tiongkok (27/04/2020), Xiaomi baru saja meluncurkan sistem antarmuka atau UI terbarunya, yakni MIUI 12.

Seperti yang kita tahu, MIUI 11 sebagai sistem antarmuka generasi sebelumnya telah sukses memberikan peningkatan UI dan tampilan layarnya. Pada MIUI 12 kali ini kabarnya Xiaomi membawa fitur baru dan peningkatan desainnya seperti yang telah tim Gadgetren himpun dari laporan Android Authority.

Dark Mode versi 2.0 akan memberikan mode gelap pada ponsel Xiaomi dimana akan membuat wallpaper menjadi redup ketika pengguna melihat smartphone di malam hari.

Tak hanya wallpaper, font yang ditampilkan juga akan berubah dari mode terang ke gelap. Secara otomatis juga ukuran ketebalan font dan kontras warna akan berubah menyesuaikan mode gelap agar dapat dilihat lebih nyaman pada saat membaca teks.

Selanjutnya ada Sensory Visual Design yang mana Xiaomi menyediakan informasi terkait di menu pengaturan ponsel yang disajikan secara visual berbentuk grafik dan diagram sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna.

Misalnya untuk mengetahui status storage ponsel, pengguna akan melihat grafik secara visual yang menyajikan pemakaian terakhir pada media penyimpanan. Berlaku pula dengan informasi smartphone lainnya seperti baterai, layar, suara, dan masih banyak lagi.

MIUI 12 Sensory Visual Design

Kemudian, Super Wallpaper akan memanjakan pengguna untuk menghiasi latar belakang ponsel dengan gambar tiga dimensi planet Mars dan Bumi yang kabarnya sangat akurat berkat data eksplorasi ruang angkasa yang tersedia dari NASA.

Super Wallpaper ini dapat diatur pengguna dengan kondisi baik layar terkunci maupun tidak terkunci. Saat menggunakan Super Wallpaper dengan mengaktifkan mode gelap maka wallpaper akan menjadi lebih redup.

Xiaomi pun memberikan animasi dengan tampilan lebih realistis antara lain pada informasi cuaca, rotasi layar, tombol, pengisian daya, membuka dan menutup aplikasi dan masih banyak lagi.

 MIUI 12 Super Wallpapers

Xiaomi juga menghadirkan gestur atau gerakan baru yang bisa menggeser notifikasi tanpa harus meninggalkan aktivitas yang sedang pengguna lakukan pada ponsel. Selain itu, notifikasi di layar juga dapat dibagi dua menjadi dua jendela kecil.

Untuk mendeteksi kondisi kesehatan pengguna, MIUI 12 juga mampu memonitor aktivitas olahraga pengguna meliputi berjalan, berlari bersepeda, dan naik tangga dengan hanya menyimpan ponsel di saku pengguna.

Xiaomi mengklaim fitur dengan algoritma kecerdasan buatan ini dibuat sendiri untuk merekam kondisi tubuh pengguna lebih akurat sekaligus dapat menghemat baterai.

Fitur lainnya ialah Al Calling yang bisa menjawab panggilan telepon secara otomatis dengan beragam bahasa serta fitur privasi untuk meningkatkan kekuatan sistem keamanan smartphone.MIUI-12-Health-Tracking

Adapun daftar ponsel Xiaomi dan Redmi yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan pembaruan MIUI 12 mulai bulan Juni 2020, sebagai berikut:

Batch pertama

  1. Xiaomi Mi 10 Pro
  2. Xiaomi Mi 10
  3. Xiaomi Mi 10 Youth Edition
  4. Xiaomi Mi 9 Pro
  5. Redmi K30 Pro
  6. Redmi K30
  7. Redmi K20 Pro
  8. Redmi K20

Batch kedua

  1. Mi Mix 3
  2. Xiaomi Mi 8 series
  3. Redmi Note 8 Pro
  4. Redmi Note 7, 7 Pro

Batch ketiga

  1. Mi Mix 2
  2. Redmi 8, 8A
  3. Redmi 7, 7A
  4. Mi CC9, CC9 Pro, CC9e

Tinggalkan Komentar