ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menampilkan Persentase Baterai HP OPPO Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menampilkan Persentase Baterai HP OPPO Header

Gadgetren – Secara bawaan, terkadang ColorOS pada ponsel OPPO hanya akan menampilkan ikon baterai tanpa adanya persentase.

Padahal dibandingkan hanya menampilkan ikon saja, kamu akan lebih jelas mengetahui sisa daya baterai ketika persentasenya dimunculkan sehingga akan lebih waspada untuk mengecasnya ketika dayanya sudah mencapai titik kritis.

Perlu dicatat sebaiknya kamu harus sering mengisi daya baterai sebelum titik kritis agar baterai memiliki performa yang tetap prima. Apabila baterai sering cepat habis atau persentase ke 0, maka dapat menurunkan kemampuan baterai. Sementara cara menampilkan persentasenya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Menampilkan Persentase Baterai HP OPPO

  1. Buka kunci layar ponsel OPPO.
  2. Akses aplikasi Settings.
  3. Pada kolom Search di bagian atas, ketik kata kunci Battery Percentage.
  4. Selanjutnya, pilih Battery percentage.
  5. Pada halaman Status bar, pilih Battery percentage.
  6. Kamu bebas memilih opsi Inside battery icon atau Outside battery icon.

Perlu diketahui bahwa opsi Inside battery icon akan menampilkan angka persentase di dalam ikon baterai sedangkan apabila memilih Outside battery icon akan memunculkan angka persentase baterai di luar ikon baterai.

Secara bawaan biasanya ponsel OPPO akan memilih opsi Do not show sehingga hanya memunculkan ikon baterai saja sehingga kamu perlu mengaktifkan fitur ini.

Menariknya pada bagian Battery style, kamu dapat menentukan gaya ikon baterai yang ingin ditampilkan pada bagian atas layar sepeti Horizontal, Vertical, dan Loop.

Sementara pada ColorOS 7.2 yang berbasiskan Android 10 atau versi di bawahnya, kamu tidak mempunyai pilihan seperti itu melainkan terdapat tombol Battery Percentage.

Pada ColorOS 7.2 dan Versi Lebih Lama

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pada kolom Search, ketik kata kunci Percentage.
  3. Pilih Battery Percentage.
  4. Tekan tombol Battery Percentage ke posisi aktif.

Tidak hanya untuk menampilkan persentase baterai saja, kamu juga sebenarnya sudah dapat menampilkan kecepatan internet pada ColorOS dengan memilih menu Real-time network speed. Dengan hadirnya indikator tersebut, kamu dapat mengetahui informasi baterai dan kecepatan internet secara bersamaan.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar