Smartphone

Perbandingan Samsung Galaxy M11 Vs vivo Y12 – Siapa Juaranya?

Perbandingan Samsung M11 Vs Vivo Y12 Header

Gadgetren – Samsung dan vivo menjadi dua produsen handphone yang digandrungi oleh konsumen Tanah Air. Oleh karena itu, tidak heran kalau kedua perusahaan ini terlibat persaingan sengit.

Salah satu bentuk persaingan tersebut bisa dilihat dari dua smartphone murah di pasaran, Samsung Galaxy M11 dan vivo Y12. Kedua smartphone ini mempunyai segmen pasar yang sama, yakni ditujukan bagi para pemburu handphone murah.

Kalau kamu dihadapkan pada kedua pilihan tersebut, mana yang bakal dipilih? Untuk membantu dalam memilih handphone Android terbaik sesuai tingkat kebutuhan, yuk simak perbandingan antara Samsung Galaxy M11 Vs Vivo Y12 berikut!

Layar dan Sistem Operasi

Kedua handphone ini memiliki layar dengan ukuran tidak jauh berbeda. Galaxy M11 memiliki layar 6,4 inci beresolusi 720 x 1560 piksel, sementara vivo Y12 punya layar berukuran 6,35 inci beresolusi 720 x 1544 piksel. Bedanya Samsung menggunakan layar PLS TFT, sedangkan vivo memakai layar IPS LCD yang lebih umum.

Dari segi sistem operasi, vivo menggunakan OS Funtouch 9 yang dibangun berdasarkan OS Android Pie 9.0. Untuk yang satu ini, Galaxy M11 lebih unggul karena memakai OS terbaru, yakni One UI 2.0 yang berbasiskan Android 10. Hanya saja, keunggulan itu cukup lumrah, mengingat vivo Y12 dirilis ke pasaran lebih dulu (Juni 2019) dibandingkan Samsung Galaxy M11 (Mei 2020).

Spesifikasi dan Performa

Perbandingan Samsung M11 Vs vivo Y12 berikutnya berkaitan dengan spesifikasi dan performanya. Kedua handphone ini sama-sama memakai prosesor entry level dimana Samsung M11 memakai Qualcomm Snapdragon 450, sementara vivo Y12 menggunakan Helio P22 dari MediaTek.

Walaupun begitu, pihak Mediatek pun pernah mengungkapkan bahwa performa Helio P22 itu setara dengan Snapdragon 450 dari Qualcomm.

Perangkat keras pendukung kinerja prosesor kedua smartphone ini juga hampir mirip. Samsung Indonesia menyediakan Galaxy M11 hanya dalam satu versi, yakni 3 GB/32 GB. Sementara itu, vivo Y12 hadir dalam dua varian, yakni RAM 3GB dengan ROM 32GB dan RAM 4GB dengan ROM 64 GB.

Baterai

Selanjutnya, kamu dapat melakukan perbandingan Samsung M11 Vs vivo Y12 dari segi ketahanan baterai. Samsung memakai baterai Li-Ion berkapasitas 5.000mAh. Baterai ini dilengkapi dengan dukungan teknologi Fast Charging.

Sementara itu, vivo menggunakan baterai Li-Po dengan kapasitas 5.000mAh tanpa disertai fitur pengisian cepat. Dengan keduanya memiliki kapasitas baterai yang sama, Galaxy M11 akan membutuhkan waktu pengisian ulang yang lebih singkat.

Fitur Tambahan

Kedua handphone ini sama-sama memiliki fitur tambahan menarik. Galaxy M11 menggunakan triple camera yang masing-masing meliputi kamera utama 13 MP, kamera ultrawide 5 MP, dan kamera kedalaman 2 MP.

Sementara itu, triple camera vivo Y12 terdiri dari kamera utama 13 MP dengan teknologi Phase Detection Autofocus (PDAF), kamera ultrawide 8 MP, dan kamera kedalaman 2 MP.

Di bagian depan, keduanya juga sama-sama memakai kamera sekunder 8 MP berkemampuan merekam video full HD pada kecepatan 30 fps. Di satu sisi, Samsung menyematkan kamera dengan bukaan f/2.0 yang dilengkapi fitur HDR. Secara spesifikasi, kamera tersebut relatif lebih baik dibandingkan punya vivo Y12 yang punya bukaan f/2.2.

Harga

Sebagai handphone untuk segmen entry level, kedua smartphone ini punya harga yang juga tak jauh berbeda. Galaxy M11 bisa didapatkan dengan merogoh kocek sekitar Rp 1,9 jutaan, sementara vivo Y12 bisa diperoleh dengan harga banderol Rp 1,9 jutaan (RAM 3GB/ ROM 32GB) dan Rp 2 jutaan (RAM 4GB/ ROM 64GB).

Kesimpulan

Dengan perbandingan seperti itu, agak cukup sulit untuk menentukan pemenang kedua smartphone entry level ini. Hanya saja, vivo Y12 punya sedikit keunggulan dari segi kualitas layar serta fitur kamera. Ditambah lagi, vivo juga menyediakan varian handphone yang lebih banyak dibandingkan Samsung.

Tinggalkan Komentar