Aplikasi Tips dan Trik

Filter Instagram Sering Lama Muncul? Ini Beberapa Penyebabnya

Kenapa Filter Instagram Loading Lama? Header

Gadgetren – Sebagai salah satu jejaring sosial populer di dunia, kini Instagram sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna. Bisa dibilang fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform ini sudah memikat banyak orang.

Untuk saat ini, Instagram Story menjadi salah satu fitur yang sering dipakai karena memungkinkan penggunanya dapat mengunggah momen-momen dalam bentuk video singkat atau foto yang ditampilkan selama 24 jam.

Apalagi lokasinya yang berada di bagian paling atas timeline membuatnya punya daya tarik sendiri karena salah satu hal yang awal dilihat. Menariknya, Story juga mempunyai beragam filter atau efek yang menarik sehingga dapat memoles foto atau video singkat yang diunggah ke Instagram.

Namun, kamu pasti terkadang merasa kesal ketika sedang menggunakan filter untuk mempercantik foto atau video singkat yang diunggah di Story sebab perubahan efeknya berjalan lambat atau melakukan loading lama.

Apa yang menyebabkan filter membutuhkan waktu lama untuk muncul? Berikut ini merupakan beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa filter Instagram loading lama.

Penyebab Filter Instagram Loading Lama

1. Koneksi internet lambat

Salah satu penyebab yang paling umum dikarenakana koneksi internet yang sedang digunakan tengah lambat. Untuk itu, pastikan layanan internet memilki jaringan yang cepat dan stabil. Bahkan lebih dianjurkan untuk menggunakan jaringan WiFi.

2. Kapasitas penyimpanan internal penuh

Apabila jaringan dirasa sudah stabil dan cepat, namun filter Instagram masih mengalami loading lama maka kamu dapat mengecek kapasitas penyimpanan internal dari handphone, tablet, atau perangkat yang sedang digunakan.

Kapasitas internal yang penuh biasanya menyebabkan berbagai aplikasi tidak dapat berjalan dengan lancar. Untuk itulah, sebaiknya kamu memindahkan data penting ke tempat penyimpanan lainnya agar handphone punya penyimpanan lebih lega. Dengan begitu, biasanya aplikasi berjalan lebih lancar dan punya loading yang cepat.

3. Cache Instagram terlalu banyak

Aplikasi Instagram mempunyai cache yang tergolong besar sehingga mempunyai andil membuat kapasitas penyimpanan internal menjadi cepat penuh. Maka dari itu kamu sebaiknya menghapus cache aplikasi Instagram secara berkala melalui menu atau aplikasi Settings lalu ke pengaturan Aplikasi.

4. Instagram perlu Update

Terkadang salah satu yang menyebabkan fitur di dalam Instagram menjadi tidak berjalan dengan lancar karena disebabkan aplikasi masih versi lawas. Jadi pastikan kamu selalu melakukan update versi terbaru agar filter yang digunakan pada Instagram dapat berfungsi dengan normal.

5. Akun Instagram bermasalah

Akun Instagram yang sedang mengalami masalah atau gangguan pun bisa menjadi salah satu penyebab filter mempunyai loading lama dan tidak dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan akun lain untuk mengecek apakah Filter sedang bermasalah atau tidak.

6. Bug di sistem Instagram

Apabila semua cara di atas tidak bisa membuat filter memiliki loading yang cepat, maka kemungkinan besar sistem di Instagram sedang mengalami bug. Jika menemukan hal tersebut, maka kamu sebaiknya melaporkan masalah ini pada form yang dapat diakses melalui Pengaturan > Bantuan > Laporkan Masalah.

Nah, itulah beberapa faktor yang membuat filter Instagram mempunyai loading lama. Apabila kamu mengetahui faktor lain dan solusinya, maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar