Tips dan Trik

Ini Loh Cara Menghapus Cache di HP OPPO Biar Penyimpanannya Semakin Luas

Cara Menghapus Cache di HP OPPO Header

Gadgetren – Semakin lama, smartphone yang kita gunakan biasanya akan berjalan semakin lambat dan salah satu solusi yang cukup banyak direkomendasikan adalah dengan membersihkan penyimpanan.

Mengosongkan penyimpanan akan membuat sistem atau aplikasi secara tidak langsung dapat bekerja lebih ringan karena dapat mengakses data lebih cepat dan lebih mudah dalam mencari data.

Salah satu hal pertama yang bisa kamu tempuh adalah menghapus cache. Selain dapat memperluas memori penyimpanan, menghapus cache bisa menyegarkan sistem maupun aplikasi.

Sebagai data sementara aplikasi, jenis data yang juga disebut sebagai data tembolok ini memang sangat bermanfaat karena mengizinkan akses aplikasi dan sistem lebih cepat tanpa harus membuat data baru jika data tersebut sama.

Sayangnya, menumpuknya data cache bisa menjadi sumber masalah baru karena akan membuat penyimpanan penuh sekaligus bisa juga membuat aplikasi berjalan tidak sebagai mana mestinya ketika aplikasi membutuhkan data yang benar-benar baru.

Nah untungnya perangkat-perangkat buatan OPPO dilengkapi dengan fitur tambahan bernama Manajer Telepon yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menghapus data sementara ini.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu memperbarui aplikasi Manajer Telepon ke versi terbaru. Jika sudah, maka kamu bisa menyimak caranya sebagai berikut ini.

Cara Menghapus Cache di HP OPPO

Buka aplikasi tersebut dari halaman beranda, lalu kemudian pilih opsi Bersihkan Memori dan tekan tombol Semua Data Cache Aplikasi (Semua Data Aplikasi).

Pilih aplikasi-aplikasi yang memiliki data cache besar atau semua aplikasi jika tak ingin repot, lalu akhiri dengan menekan tombol Hapus. Setelah menekan tombol tersebut, semua cache terpilih akan terhapus secara otomatis dan prosesnya tidak akan bisa dibatalkan.

Sebagai informasi tambahan, langkah ini secara spesifik berlaku untuk sistem ColorOS yang baru sementara untuk sistem yang lama baik itu ColorOS 3.2 atau sebelumnya bisa menyesuaikan dengan pilihan yang ada.

Misalnya pada ColorOS 3.0, kamu dalam hal ini bisa memilih Pusat Keamanan > Bersihkan & Percepat > Bersihkan sedangkan di ColorOS 3.1 dan ColorOS 3.2 bisa memilih Manajer Telepon > Bersihkan & Percepat > Bersihkan.

Dengan menggunakan cara ini, memori penyimpanan smartphone OPPO bisa kembali lega. Agar smartphone dapat selalu berjalan dengan lancar, ada baiknya kamu membersihkan cache secara berkala.

Tinggalkan Komentar