ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Infinix Zero 8 Vs realme 6 – Mirip, Tapi Apa Bedanya?

Perbandingan Infinix Zero 8 Vs realme 6 Header

Gadgetren – Sejak diluncurkan pada bulan Oktober 2019, chipset MediaTek Helio G90T kini semakin banyak digunakan oleh para vendor smartphone sebagai dapur pacu dari ponsel terbarunya.

Sebut saja mulai dari Redmi Note 8 Pro yang mana sebagai ponsel pertama menggunakan Helio G90T. Kemudian disusul beberapa smartphone lainnya seperti realme 6 dan yang baru saja dirilis ialah Infinix Zero 8.

Hadirnya smartphone baru dengan chipset Helio G90T menandakan bahwa kombinasi prosesor tersebut dengan fitur-fitur di dalamnya menjadi perpaduan menarik yang mampu bekerja secara optimal dan banyak diminati oleh pengguna.

Untuk realme 6 sendiri per Agustus 2020 mendapat penurunan harga sebesar Rp 200 ribu, dari Rp 3.299.000 menjadi Rp 3.099.000 untuk varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Seperti yang diketahui, realme 6 mendapat banyak peminatn sehingga penurunan harga membuatnya menjadi lebih kompetitif.

Sementara itu, Infinix sebagai vendor smartphone juga terkenal dengan produk-produknya yang terjangkau. Infinix Zero 8 pun demikian dengan harga banderol senilai Rp 3.099.000.

Dengan membawa chipset mirip, lalu apa perbedaan antara Zero 8 dan realme 6? Perbedaan pertama ada pada segi kapasitas baterai, dimana Infinix Zero 8 memiliki daya 4.500mAh dengan dukungan 33W. Di sisi lain, realme 6 memiliki daya sebesar 4.300mAh dengan dukungan pengisian cepat 30W.

review realme 6 modul kamera

Beralih ke sektor fotografi, keduanya menggunakan empat konfigurasi kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan sekunder 2 MP. Apabila Infinix Zero 8 memiliki kamera low light 2 MP, berbeda dengan realme 6 yang punya kamera mono 2 MP.

Selanjutnya melihat kamera depan, realme 6 tersemat sensor 16MP Ultra-clear untuk kebutuhan selfie dengan bukaan sebesar f/2.0 serta mendukung fitur lainnya seperti Smart Beauty, portrait, HDR selfie, dan efek bokeh. Jauh berbeda, kamera depan Infinix Zero 8 hadir dalam konfigurasi kamera utama 48 MP dan sekunder 8 MP ditambah fitur AI Beauty.

Dari segi tampilan juga terdapat perbedaan yang mendasar. Infinix Zero 8 mengusung layar 6,85 inci, lebih besar dibandingkan dengan realme 6 yang hanya 6,5 inci. Walaupun begitu, keduanya sama-sama menawarkan resolusi Full HD+, teknologi IPS LCD, dan dukungan refresh rate 90Hz.

Infinix Zero 8 Back

Tak lupa keduanya sama-sama tersemat sensor fingerprint yang diletakkan pada bagian samping smartphone. Fitur tambahan lainnya mulai dari dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, GPS, dan antramuka UI Android 10 telah dibenamkan pada keduanya.

Dari penjelasan di atas tampak bahwa keduanya memiliki banyak kesamaan mulai dari chipset, konfigurasi kamera, hingga dukungan layar walau ukurannya sedikit berbeda.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Andai si infinix kasih nfc juga. lewat lah sudah si realme 6. Kalau mau nunggu PUBGM dapet smooth extreme paling nunggu sebulan lagi udah ada update