Berita

ColorOS 7.2 Diumumkan, Inilah Fitur Unggulannya!

ColorOS 7 Feature

Gadgetren – Reno4 dan Reno4 Pro merupakan smartphone pertama yang menggunakan ColorOS 7.2 terbaru dari OPPO. Sistem ini sendiri menawarkan beberapa fitur baru dibandingkan generasi sebelumnya.

Apabila pada ColorOS sebelumnya memberikan Super Night Mode untuk pengambilan foto saja, kali ini OPPO mengembangkan algoritma Moonlight Night Scene Video pada sistem terbarunya ini.

Dengan hadirnya algoritma tersebut, OPPO mengklaim bahwa kualitas video yang direkam pada malam hari meningkat dibandingkan pada sistem sebelumnya. Terjadi peningkatan kejernihanan dan kecerahan video sebesar 74% dibandingkan perekaman video menggunakan Auto mode di smartphone.

Moonlight Night Scene VideoMoonlight Night Scene Video

OPPO juga menghadirkan Movie Mode pada aplikasi video editor SOLOOP di ColorOS 7.2 yang mengizinkan pengguna dapat merekam video dengan aspek rasio 21:9. Mode ini juga menawarkan berbagai macam template, 10 filter film, dan parameter pengaturan seperti shutter speed, exposure, serta masih banyak lagi.

Pada acara Google I/O 2019 silam, Google secara resmi mengumumkan CameraX API yang mengizinkan aplikasi pihak ketiga mempunyai akses ke fitur-fitur Stock Camera Android. OPPO menjadi produsen smartphone pertama yang mengumumkan keterlibatannya dalam proyek ini.

OPPO pun telah meluncurkan SDK yang diperbarui untuk memungkinkan aplikasi pihak ketiga dapat mengakses fungsi kamera ultrawide angle dan stabilisasi.

Pada ColorOS 7.2 ini, OPPO juga telah meningkatkan kemampuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) seperti AI Repair dan AI App Pre-launch. Pengguna dapat memindai atau memilih gambar foto fisik dengan smartphone OPPO.

ColorOS 7.2 AI ImageAI Repair

Setelah foto selesai dipindai, maka AI Repair akan memperbaiki foto agar mejadi lebih bagus dengan menghilangkan beberapa noise dan blur yang terlihat. Sementara AI App Pre-launch dapat meningkatkan kecepatan peluncuran aplikasi secara signifikan dengan menganalisis kebiasaan serta tren penggunaan harian pengguna.

Terdapat juga fitur Super Power Saving Mode yang dapat membantu pengguna memanfaatkan persentase sisa baterai ponsel mereka dengan sangat efisien. OPPO mengklaim bahwa WeChat yang dijalankan selama 1,5 jam (90 menit) hanya memakan daya baterai sebesar 5% ketika mode ini diaktifkan.

AI Pre Launch

Bisa dibilang peningkatan fitur yang dimiliki oleh ColorOS 7.2 ini cukup menarik dibandingkan generasi sebelumnya. Selain Reno4 dan Reno4 Pro, OPPO belum mengumumkan smartphone apa saja yang akan turut mendapatkan ColorOS 7.2. Namun sistem ini dikabarkan akan hadir pada smartphone kelas menengah dan atas OPPO.

Untuk saat ini, beberapa smartphone OPPO baru mendapatkan peningkatan sistem ke ColorOS 7 atau ColorOS 7.1. Dengan kata lain, pantau terus Gadgetren untuk mendapatkan informasi terbarunya.

Tinggalkan Komentar