ASUS TUF Gaming FX507
Berita

ColorOS 7.2 Resmi Hadir di Ponsel Terbaru OPPO Reno4, Inilah Fitur-Fitur Canggihnya

OPPO-Reno4-ColorOS-7.2-Header.

Gadgetren – OPPO baru saja merilis ponsel anyarnya yang bernama OPPO Reno4 dan sekaligus meluncurkan ColorOS 7.2 sebagai sistem operasinya

Aryo Meidianto A selaku PR Manager of OPPO Indonesia mengungkapkan bahwa ColorOS 7.2 dirancang khusus berdasarkan saran dan masukan yang pihaknya telah terima dari para pengguna.

“Sebagai pelopor gaya hidup yang menyenangkan bagi pengguna, ColorOS 7.2 menawarkan berbagai fitur canggih seperti AI-enhanced Smart Sensor, AI App Preloading, dan Super Power Saving Mode,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Sebagai suksesor dari generasi sebelumnya, Reno4 menghadirkan AI-enhanced Smart Sensor yang menggabungkan algoritma Artificial Intelligence khusus dari ColorOS, sehingga memungkinkannya untuk mengenali wajah, gestur, dan pose.

Berdasarkan masukan dari para penggunanya tentang semakin meningkatnya permintaan terhadap perlindungan privasi, OPPO pun menghadirkan fitur Smart Spying Prevention yang dapat menyembunyikan isi pesan notifikasi apabila ada orang yang mengintip ke ponsel pengguna.

Smart Spying Prevention ColorOS 7.2

Salah satu fitur menarik ColorOS 7.2 lainnya ialah Smart AirControl yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan ponsel mereka tanpa harus menyentuhnya.

“Smart AirControl dapat menjadi solusi untuk menjaga kebersihan dan meminimalisir kontak fisik, terutama pada situasi sensitif seperti pandemi saat ini, sehingga pengguna dapat menghindari penyebaran kuman dan bakteri karena tidak perlu menyentuh ponsel untuk menggunakannya,” tambah Aryo.

Smart-AirControl-ColorOS-7.2

Fitur Smart AirControl bisa dikenali langsung secara fisik oleh pengguna di OPPO Reno4, tepatnya bersebelahan dengan lubang sensor kamera depan yang memiliki resolusi mencapai 32MP.

Sebagai contoh ketika sedang makan, pengguna bisa meletakkan Reno4 pada standing smartphone dan tanpa menyentuh layar pengguna bisa menggulirnya dengan tangan. Hal ini bisa dibilang merupakan fitur yang canggih pada Reno4 dan membawa peningkatan dari Reno3.

Al-enhanced Smart Sensor AirControl ColorOS 7.2

Fitur lainnya yang dihadirkan oleh AI-enhanced Smart Sensor adalah Smart Rotation yang memungkinkan kamera depan ponsel untuk mengenali orientasi wajah pengguna dan secara otomatis memutar layar ponsel ke arah yang sesuai dan Adaptive Sleep yang memungkinkan layar tetap menyala selama wajah pengguna terdeteksi.

Sebagai tambahan informasi, ColorOS 7.2 juga dapat mengurangi waktu tunggu ketika pengguna membuka sebuah aplikasi dengan adanya AI App Preloading. Peningkatan software ini mempelajari perilaku pengguna dan memprediksi aplikasi apa saja yang biasa digunakan dan kapan biasanya aplikasi-aplikasi tersebut dibuka.

Semakin sering ponsel tersebut digunakan, maka semakin baik dan cepat pula fitur tersebut dapat memprediksi dan membuka aplikasi-aplikasi yang tentunya dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan menyenangkan.

Pada penggunaan baterai, ColorOS 7.2 juga menghadirkan Super Power Saving Mode yang dapat memperpanjang masa baterai ponsel, bahkan pada level baterai yang sangat rendah sekalipun.

Quick Return Bubble ColorOS 7.2

Tak hanya itu saja, ColorOS 7.2 menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih mudah dan menyenangkan dengan Quick Return Bubble yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu aktivitas dengan ponselnya sambil bermain game.

Fitur ini menampilkan informasi penting terkait game yang tengah dimainkan saat pengguna membuka aplikasi lain. Misalnya waktu respawn atau waktu tunggu dalam bentuk floating bubble.

Dengan begitu pengguna dapat melakukan chatting, menonton video, atau menggunakan aplikasi lain sambil menunggu waktu respawn. Ketika tiba waktunya untuk kembali ke permainan, pengguna dapat dengan mudah beralih kembali ke game dengan satu ketukan pada floating bubble tersebut.

Untuk meningkatkan kesenangan pada saat menggunakan smartphone, ColorOS 7.2 juga dilengkapi dengan Anti-Fragmentation Engine yang memastikan ponsel dapat berjalan dengan mulus.

Teknologi yang dikembangkan secara mandiri oleh OPPO ini memungkinkan memori fisik ponsel mengurangi frekuensi fragmentasi memori hingga 99 persen, serta meningkatkan kecepatan penerapan blok-blok besar pada RAM sebesar 18 persen.

Anti-Fragmentation Engine juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya black screens, lagging, dan crash hingga 93 persen yang biasanya disebabkan oleh fragmentasi pada memori virtual, sehingga memastikan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan menyenangkan.

Lab Ringtone ColorOS 7.2

ColorOS 7.2 pun menghadirkan kesenangan lain berupa OPPO Lab, sebuah platform bagi para pengembang dan pengguna untuk bekerja sama dalam menciptakan fitur-fitur inovatif.

Pengguna dapat menikmati beberapa fitur di OPPO Lab bahkan sebelum dirilis secara resmi dan memberikan masuka agar para pengembang dapat mempertimbangkannya untuk perbaikan di masa mendatang. Saat ini sudah ada dua fitur yang tersedia di OPPO Lab, yakni Lab Ringtone dan Decision Spinner.

Inovasi lainnya yang dapat melengkapi kenyamanan pengguna adalah fitur Super NightTime Standby, yang memungkinkan ponsel untuk hanya mengonsumsi daya sebesar 2 persen di malam hari. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir harus mengisi baterai ponselnya saat terburu-buru di pagi hari.

Terdapat pula fitur Icon Pulldown Gesture sebagai salah satu solusi terbaik apabila pengguna harus menggunakan ponsel dengan hanya satu tangan. Saat pengguna menggeser ke atas di tepi kiri atau kanan layar Beranda, semua ikon aplikasi akan turun ke sudut bawah, sehingga pengguna dapat dengan mudah menjangkaunya dengan satu tangan.

 Artist Wallpaper Project & Gravitiy ColorOS 7.2

Selain itu, ColorOS 7.2 pun menghadirkan pengalaman visual yang diperkaya dengan 30 set wallpaper artistik baru di Artist Wallpaper Project yang berkolaborasi dengan lebih dari 15 seniman di seluruh dunia termasuk Tom Hegen dan Ian Fisher.

Terdapat pula Wallpaper Gravity yang dapat mengubah wallpaper pada layar Beranda ponsel secara dinamis yang menyesuaikan dengan posisi dari ponsel tersebut agar seolah-olah wallpaper kamu ditarik ke bawah oleh gravitasi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar