Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Kompas Untuk Mencari Arah Kiblat di HP

Cara Mengaktifkan Kompas Untuk Mencari Arah Kiblat di HP Header

Gadgetren – Kiblat merupakan arah yang dituju umat islam untuk beribadah, terutama salat. Arah ini akan langsung menuju kepada bangunan suci Ka’bah yang berlokasi Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Menariknya, kini arah Kiblat sudah dapat dengan mudah ditentukan menggunakan sebuah HP atau smartphone saja. Hal ini tentu sangat membantu kita pada saat sedang berada di perjalanan, daerah yang baru didatangi, outdoor, atau lainnya.

Biasanya kompas dan layanan pendeteksi lokasi menjadi dua fitur utama yang sering digunakan oleh HP atau smartphone untuk menentukan arah kiblat yang akurat. Sementara itu, kita dapat menggunakan beragam aplikasi arah kiblat yang tersedia di Google Play Store untuk smartphone Android atau Apple App Store untuk perangkat iOS.

Bagi kamu yang penasaran mengenai cara mengaktifkan kompas arah kiblat menggunakan aplikasi di HP, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Mengaktifkan Kompas Arah Kiblat di HP

  1. Kunjungi halaman berikut ini https://qiblafinder.withgoogle.com/
  2. Pada halaman utama Qibla Finder, tentukan bahasa yang akan dipakai dan tekan tombol Let’s go
  3. Selanjutnya, aplikasi akan meminta akses kamera dan lokasi untuk mendapatkan titik arah yang akurat
  4. Apabila kamu bersedia, maka tekan tombol Got itArah Kiblat 2-1
  5. Setelah akses diberikan, maka kamu diminta untuk mengalibrasi kompas yang terdapat di HP
  6. Setelah menekan tombol Calibrate Compass, maka goyangkan HP membentuk angka 8 sebanyak tiga kali
  7. Jika kalibrasi selesai, maka tekan tombol Done
  8. Selanjutnya, kamera belakang akan diakses dan layar menampilkan arah kiblat secara Augmented RealityArah Kiblat 2-2
  9. Kamu hanya tinggal mengikuti jalur yang dibuat dan menghadapkan HP kamu pada titik arah kiblat yang ditunjuk oleh aplikasi
  10. Selanjutnya, arahkan lingkaran putih yang muncul di layar ke titik arah kiblat
  11. Tunggu beberapa saat hingga memunculkan halaman yang menunjukkan jarak lokasi saat kamu berada dengan Ka’bah
  12. Pada halaman in, kamu dapat membagikan hasil titik arah kiblat di Qibla Finder ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan lainnya

Qibla Finder sendiri merupakan aplikasi yang berbasiskan website sehingga kamu dapat menggunakannya langsung melalui browser tanpa perlu mengunduhnya dari Google Play Store maupun Apple App Store

Menurut saya, Qibla Finder ini dapat menentukan titik arah kiblat yang akurat karena mengombinasikan kompas dan layanan lokasi dari HP. Selain itu, gambar Augmented Reality yang hadir pada aplikasi ini cukup memanjakan mata pengguna.

Apabila kamu tidak sempat untuk membuka browser dan mencari Qibla Finder, maka dapat mengunduh atau menginstal aplikasi arah kiblat dari Google Play Store atau Apple App Store.

Dalam tutorial ini, saya menggunakan aplikasi Muslim Pro yang menawarkan banyak fitur mulai dari jadwal salat, waktu adzan, Al-Qur’an, Tasbih, lokasi masjid terdekat, hingga arah kiblat.

Aplikasi Muslim Pro Untuk Arah Kiblat

  1. Unduh dan instal aplikasi Muslim Pro dari Google Play Store atau Apple App Store
  2. Setelah terinstal di HP, maka kamu dapat membuka aplikasinya
  3. Pada saat masuk, aplikasi akan meminta akses lokasi dan pilih setugu
  4. Tekan tombol Locate Me agar aplikasi bisa mendapatkan akses layanan lokasi dari HP atau milikmu
  5. Pada halaman utama aplikasi, tekan menu Qibla di bagian bawah
  6. Pada halaman Qibla, aplikasi akan menunjukkan arah kiblat dengan kompas beserta lokasi di peta

Arah Kiblat 1

Bisa dibilang aplikasi Muslim Pro menggunakan kombinasi kompas dan layanan lokasi dari HP sehingga hasilnya termasuk akurat. Saya sendiri sudah menggunakannya di rumah dan beberapa tempat, dimana aplikasi ini mampu menunjukkan arah kiblat yang tepat.

Sebagai catatan, tampilan antarmuka kompas kiblat ini dibuat menarik oleh developer aplikasi Qibla. Namun apabila menggunakan versi gratis, maka kamu hanya diberikan kesempatan menggunakan dua tampilan kompas kiblat saja.

Nah kini kamu sudah bisa menentukan arah kiblat di HP dengan mudah berkat kehadiran aplikasi-aplikasi yang memberikan titik arah kiblat dengan akurat. Apabila kamu mempunyai aplikasi favorit dalam menentukan arah kiblat, maka dapat menuliskan komentarnya pada kolom di bawah ini.

Tinggalkan Komentar