ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi

Ini 5 Aplikasi Wajib yang Kamu Unduh Saat Bulan Ramadhan

Aplikasi-Ramadhan.

Gadgetren – Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Semua orang pun mempersiapkan segala macam yang dibutuhkan untuk memperlancar ibadah di bulan suci tahun ini. Mulai dari mempersiapkan alat ibadah, bahan baku makanan untuk stock di rumah, hingga hanya melengkapi aplikasi Ramadhan di ponsel.

Semuanya kini tentunya bisa didapatkan hanya melalui perangkat ponsel termasuk aplikasi-aplikasi untuk menemani ibadah di bulan Ramadhan. Kita tak perlu lagi membeli buku atau kumpulan doa-doa maupun panduan beribadah selama bulan Ramadhan melainkan bisa melalui ponsel saja.

Biasanya hal yang paling esensial untuk beribadah di bulan Ramadhan ada doa, alquran, dan bacaan. Kita dapat mengunduh setidaknya lima aplikasi Ramadhan yang paling penting untuk memandu kita saat melaksanakan ibadah puasa dan ibadah malam di Ramadhan.

1. Dompet Dhuafa

 Dompet-Dhuafa

Dompet Dhuafa (DD) yang telah dirilis pada bulan Februari 2024 membawa sejumlah fitur yang bermanfaat buat penggunanya seperti zakat, infak, kemanusiaan, ibadah, wakaf, bantuan Palestina, hingga pendaftaran relawan dan akses laporan publik.

Di aplikasi ini, kamu juga dapat melakukan berbagai pembayaran tersebut dengan menggunakan beragam metode seperti e-wallet dengan minimal nominal sebesar Rp10 ribu mulai dari OVO, GoPay, Virtual Account, Bank Transfer, maupun Credit Card.

Selain itu DD juga menyediakan fitur lainnya seperti fitur kalkulator zakat, Al-Quran, Tanya Ustadz yang langsung dari Ustadz pilihan, Aqiqah, Jadwal Shalat, DDTV, dan Care visit & Event.

2. Al Quran

 Alquran.

Al Quran (Tafsir & Per Kata) menjadi salah satu aplikasi wajib yang harus dimiliki kamu selama bulan Ramadhan. Pasalnya aplikasi ini tak hanya menyediakan Al-Quran untuk dibaca tetapi juga rekaman suara orang yang sedang membaca Al-Quran untuk kamu dengarkan setiap hari.

Kemudian dilengkapi dengan tafsir Ibnu Katsir, hukum Tajwid berwarna, terjemahan dan penerangan mengikut perkataan, indeks Al Quran, catatan nota dan penanda buku, pencarian, terjemahan dan tafsir dalam berbagai bahasa, hingga beragam pilihan tema, tulisan, serta banyak lagi.

3. Ensiklopedia Hadits

 Ensiklopedia-Hadis.

Ensiklopedia Hadits menawarkan 9 kitab hadits utama yang berisi tuntunan sunnah Rasulullah, Nabi Muhammad, dalam kehidupan termasuk doa-doa masyhur mulai doa qunut, doa buka puasa, bacaan dalam shalat, hingga doa dalam ayat Alquran. Adapun 9 kita hadits utama mencakup Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasai, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwatha’ Malik, dan Sunan Darimi.

Dengan membaca salah satu hadits, tentunya kita akan mendapatkan panduan selama melaksanakan ibadah puasa apa saja yang diperbolehkan dan apa saja yang tidak diperbolehkan. Selain itu hadits juga menjadi sarana bagi umat muslim untuk selalu istiqomah menjalankan perintahnya.

4. Tuntunan Sholat Lengkap

Menampilkan 85 dari 57435 item media Muat lainnya DETIL LAMPIRAN Tuntunan-sholat-lengkap

Dalam aplikasi Tuntunan Sholat Lengkap, kamu akan mendapatkan panduan mengenai tata cara shalat fardhu dan sunnah lengkap dengan bacaan doa dalam shalat tanpa internet. Aplikasi tuntunan shalat ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya seperti tata cara bersuci wudhu, tata cara tayammum, serta kumpulan doa sehari-hari.

Selain itu juga menyediakan bacaan dzikir setelah shalat lengkap dengan terjemahan, doa setelah dzikir, shalat qashar dan jamaq. Di samping itu terdapat panduan bacaan untuk Shalat rawatib, Shalat dhuha, Shalat ied, Shalat hajat, Shalat istikharah, Shalat safar, Shalat taubat, Shalat tasbih, Shalat tahiyatul masjid, dan lainnya.

5. Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Muat lainnya DETIL LAMPIRAN Doa-dan-Dzikir-Setelah-Sholat

Aplikasi terakhir yang harus kamu punya ialah Doa & Dzikir Setelah Sholat yang menyediakan dzikir lengkap seusasi shalat dilengkapi arab, latin, terjemah, dan audio offline. Aplikasi ini juga dilengkapi doa lengkap setelah shalat, bacaan shalat lengkap, doa dan dzikir Sholat Sunnah, dzikir pagi dan petang, doa harian atau doa sehari-hari, doa para nabi dan rasul, kisah islami, 40 Doa Rabbana, hingga Al Quran Offline dengan terjemahan secara dan tanpa perlu internet.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat melengkapi ibadah kita dengan bacaan surat-surat dengan tujuan agar kita dapat khatam atau selesai membaca satu kitab Al-Quran selama bulan puasa. Kemudian aplikasi hadis untuk pemandu tingkah laku selama Ramadhan, aplikasi tuntunan Sholat agar ibadah lima waktu semakin dalam, aplikasi Dompet Dhuafa untuk bersedekah dan mendengarkan ceramah, hingga aplikasi doa maupun zikir.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar