Berita

Hati-Hati Bila Terima Pesan Berantai Laptop Gratis Dari Pemerintah, Apa Alasannya?

Pemerintah-Menyediakan-Laptop-Gratis-Header

Gadgetren – Dampak COVID-19 telah mengguncang dunia. Tak hanya perekonomian saja yang kena akibatnya, tapi juga dunia pendidikan yang terpaksa harus menyesuaikan perubahannya.

Semua anak-anak Indonesia kini harus belajar dari rumah menggunakan laptop atau alat multimedia yang mengandalkan video telekonferensi maupun jaringan internet. Namun tidak semua anak di seluruh Indonesia memiliki orang tua yang mampu menyediakan perangkat laptop untuk mereka di tengah situasi ekonomi yang menghimpit.

Di tengah tantangan ini pula, marak beredar kabar melalui pesan WhatsApp pada awal bulan Agustus 2020 yang menyatakan bahwa pemerintah menyediakan laptop gratis untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di rumah.

Bunyinya sebagai berikut: “Pemerintah Menyediakan Laptop Gratis Untuk Siswa dan Guru. Klik Di Bawah Ini untuk Memesan Laptop Gratis Anda Sekarang http://laptops.offers247.online/id.”

Berdasarkan penelusuran cek fakta secara sederhana pada hari ini, tim Gadgetren kemudian membuka tautan tersebut melalui mode peramban samaran atau incognito agar aman untuk mengetahui isi tautan tersebut. Lebih jauh lagi, tautan tersebut justru menampilkan alamat tautan yang berbeda lagi dari tautan yang tersebar di Whatsapp, yakni oficayuda.clublid/#.

Tautan oficayuda.club/id/# menampilkan halaman judul utama ‘Skema Laptop Gratis’ dan di bawahnya terdapat kolom isian data diri untuk mendapatkan laptop gratis mulai dari nama, nomor ponsel, pemohon siswa atau guru, dan pilih laptop brand.

Tim Gadgetren kemudian beralih ke situs resmi pemerintah di https://www.kemdikbud.go.id/. Di sana baik pada halaman Siaran Pers maupun Pengumuman tidak ada informasi yang berkaitan dengan tautan laptop gratis dari pemerintah yang viral baru-baru ini lewat Whastapp.

Kominfo-Disinformasi-Pesan-berantai-laptop-gratis-17-Oktober-2019

Ditelisik kembali lewat domain dari tautan http://laptops.offers247.online/id maupun oficayuda.club/id/# merupakan bukan domain asli dari pemerintah yang menggunakan go.id seperti kebanyakan situs resmi pemerintahan.

Tak hanya sampai di situ, tim Gadgetren kemudian melakukan pencarian pesan berantai laptop gratis ini lewat Google untuk memastikan kembali apakah sudah dicek oleh situs https://www.kominfo.go.id/.

Setelah itu muncul judul ‘[DISINFORMASI] Pemerintah Menyediakan Laptop Gratis untuk Pemuda’ pada situs Kominfo yang tayang pada 17 Oktober 2019 dengan tautan yang berbeda, namun mirip http://order.freelaptop.site/id. Sehingga situs Kominfo ini tidak bisa dijadikan acuan yang akurat dan terbaru.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, tim Gadgetren pun mencoba menghubungi dan menyertakan teks yang telah beredar tersebut kepada Hasan Chabibie selaku Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Pembelajaran (PTP) Berbasis Multimedia dan Web, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Nggak ada mbak,” ujarnya kepada tim Gadgetren siang ini. Hal senada pun juga dituturkan pihak dalam Kemendikbud yang informasinya bisa dapat dipercaya. Namun atas permintaannya namanya tidak ingin dikutip. “Sepengetahuan saya Kemendikbud tidak ada program tersebut,” tegasnya.

Dengan begitu hal ini bisa dibilang pesan berantai yang menyertakan tautan http://laptops.offers247.online/id dan mencatut nama pemerintah menyediakan laptop gratis adalah sebuah pesan SPAM atau penipuan, sehingga kamu harus perlu menghindarinya.

Tinggalkan Komentar