Smartphone

Sudah Tahukah Kamu Tentang HP Kelas Flagship dan Seri Mana Saja Yang Termasuk?

OPPO Find X2 Pro Layar

Gadgetren – HP atau smartphone sudah menjadi salah satu perangkat utama yang dimiliki oleh banyak orang untuk membantu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sementara smartphone yang hadir pun sudah disesuaikan dengan berbagai kebutuhan orang mulai dari segmen kelas bawah, menengah, atas, hingga flagship. Di antara semuanya, tentu saja produk flagship merupakan sebuah kebanggan bagi produsen atau vendor smartphone ketika diperkenalkan dan dijual ke pasaran.

Biasanya kelas flagship merupakan produk andalan dari setiap produsen karena dilengkapi dengan beragam hal yang tertinggi mulai dari inovasi, hardware, performa, kamera, fitur, material premium, dan harga.

Untuk membuat orang-orang tidak bosan, produsen akan meluncurkan smartphone flagship dengan inovasi dan teknologi yang terdepan setiap tahunnya. Selain itu, biasanya HP Flagship ini awet untuk digunakan selama 3 tahun hingga 5 tahun ke depan karena mempunyai material bahan dan kualitas pembuatan yang bagus.

Dengan kata lain, HP Flagship sendiri merupakan produk unggulan dan jagoan yang dihadirkan suatu merek dengan segudang fitur untuk memikat banyak orang. Sebagai konsekuensi dari keunggulannya, perangkat ini akan dijual dengan harga yang tinggi.

Untuk saat ini, harga HP Flagship sendiri sudah berada di kisaran harga lebih dari Rp 8 jutaan, bahkan sudah ada yang mencapai Rp 20 jutaan. Dengan merogoh kocek yang lumayan dalam, kamu bisa mendapatkan sebuah produk yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak fitur untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

OPPO Find Series

OPPO Find X2 Pro Tea Orange

Sebagai produsen asal Tiongkok, OPPO pun telah menghadirkan smartphone di berbagai segmen mulai dari kelas menengah hingga kelas atas. Bahkan perusahaan ini juga telah memikat banyak orang dengan produk inovatifnya yang hadir dalam Find Series.

Find Series ini merupakan seri smartphone penting dalam sejarah OPPO dengan mengusung tagline The Art of Technology. Bisa dibilang lini smartphone flagship ini merupakan sebuah mahakarya yang diciptakan oleh OPPO sehingga peluncurannya tidak pernah dilakukan secara sembarangan.

OPPO selalu memperhatikan berbagai aspek inovasi pada Find Series ini. Biasanya setiap model yang dihadirkan pada seri ini akan menjadi sebuah pelopor teknologi bagi smartphone OPPO lainnya. Lini ini diawali dengan kehadiran OPPO Find pada Juni 2020 yang mengombinasikan layar sentuh dan keyboard QWERTY fisik.

OPPO Find juga hadir dengan spesifikasi yang tinggi pada masanya. Selanjutnya, OPPO pun meneruskan inovasinya Find Series dengan meluncurkan OPPO Find 3, Find 5, Find 7, Find X, Find X2, hingga Find X2 Pro.

Semua smartphone Find Series mempunyai build quality yang kokoh diimbangi dengan spesifikasi hardware tinggi dan fitur yang inovatif. Sejalan dengan hal tersebut, membuat lini smartphone ini mempunyai harga yang cukup mahal.

vivo X dan NEX Series

vivo X50 Pro Feature

vivo X dan NEX Series masuk ke dalam lini smartphone flagship karena mempunyai spesifikasi hardware dan fitur yang inovatif. Bahkan vivo juga turut menghadirkan X50 Pro di Indonesia denganĀ  fitur yang inovatif seperti kehadiran gimbal stabilization pada kameranya.

Lain dengan vivo NEX Series yang sudah pasti mengusung spesifikasi hardware tinggi, namun biasanya membawa desain yang menarik. Contohnya saja vivo NEX Dual Display yang membawa layar depan dan belakang dengan menggunakan teknologi Super AMOLED.

Berkat layar di bagian belakangnya, membuat vivo NEX Dual Display memanfaatkan kamera belakangnya untuk mengambil foto selfie. Pada tahun diluncurkannya, smartphone tersebut masukĀ  sebagai salah satu produk flagship yang bersaing.

Sementara itu, vivo juga mempunyai seri V, S, Z, dan Y yang masuk ke dalam kelas menengah dan bawah. Fitur dan spesifikasi dari semua seri ini masih berada di bawah vivo X dan NEX Series, apalagi dari harga yang ditawarkannya.

Samsung Galaxy S dan Note Series

Samsung Galaxy S20 Dirumahaja Header

Galaxy S dan Galaxy Note Series merupakan dua lini smartphone flaghsip yang hadir dengan mengusung fitur inovatif, performa bertenaga, dan build quality yang bagus. Galaxy S Series biasa menjadi smartphone pionir dengan teknologi-teknologi baru yang dikembangkan oleh Samsung.

Sementara Galaxy Note Series biasanya penyempurnaan dari spesifikasi hardware, kamera, maupun fitur yang dimiliki Galaxy S Series di tahun yang sama. Tak lupa, Galaxy Note Series ini biasanya hadir menggunakan S Pen untuk membantu aktivitas kerja dari penggunanya.

S Pen ini memungkinkan pengguna smartphone Galaxy Note Series dapat mencoret, menulis, maupun menggambar layaknya di bawah kertas. Bahkan lini ini memang diciptakan bagi penggunanya untuk melakukan aktivitas multitasking.

Kedua lini smartphone flagship ini mempunyai spesifikasi hardware, fitur, dan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Galaxy A dan Galaxy M Series. Apalagi yang paling terlihat Galaxy S dan Galaxy Note Series mempunyai kamera dengan hasil foto yang bagus dan performa yang mampu menjalankan game berat dengan lancar.

Sementara Galaxy A dan Galaxy M Series diciptakan oleh Samsung untuk memenuhi kelas menengah dan bawah dengan beberapa fitur andalan seperti baterai berkapasitas besar, multi kamera, dan harga yang terjangkau.

Xiaomi Mi Series

Xiaomi-Mi-10-Varian-Warna-Coral-Green

Xiaomi merupakan perusahaan teknologi asal Tiongkok yang terkenal dengan smartphone Mi dan Redmi Series. Mi merupakan lini smartphone Xiaomi yang ditujukan untuk segmen kelas menengah, premium, atas, dan flagship. Sementara Redmi ditujukan untuk segmen kelas menengah dan bawah.

Mi Series ini mempunyai spesifikasi hardware, kamera, fitur, build quality, dan desain yang lebih bagus dibandingkan dengan Redmi Series. Tentu saja hal tersebut diimbangi dengan harga yang menjadi mahal.

Meskipun mahal, Mi Series mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang nyaman dan mulus. Apalagi smartphone lini ini mampu menjalankan aplikasi atau game berat dengan lancar. Fitur kamera yang ditawarkan pun mampu memuaskan penggunanya dalam menghasilkan foto yang menarik.

Untuk segmen flagship, biasanya Mi series ini menggunakan kode angka seperti Mi 8, Mi 9, Mi 10, maupun Mi 10 Pro. Sementara Mi untuk segmen kelas menengah biasanya menggunakan nama Note diikuti angka misalnya Mi Note 3, Mi Note 10, dan Mi Note 10 Pro.

HUAWEI P dan Mate Series

HUAWEI P40 Pro Plus Feature

Berada di kelas flagship, Huawei mempunyai dua lini yang terdiri dari P dan Mate Series. Biasanya seri P sangat mengunggulkan inovasi dari kemampuan kameranya yang dimilikinya. Selanjutnya, Mate Series akan menggunakan kamera yang sudah dihadirkan P Series dengan beberapa peningkatan.

Sementara itu, Mate Series merupakan smartphone flagship yang sangat mengunggulkan inovasi dari spesifikasi hardware yang dikembangkan Huawei, terutama dalam penggunaan chipset baru. Nantinya, HUAWEI P Series akan menggunakan chipset yang telah ditanamkan pada Mate Series untuk digunakan sebagai dapur pacunya.

Bisa dibilang kedua seri ini masuk ke dalam kelas flagship karena mempunyai spesifikasi hardware, kamera, desain, build quality, dan fitur yang bagus. Apalagi kedua lini tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Nova Series yang berada di kelas menengah dan Y Series di kelas bawah.

Hal yang paling mencolok, Huawei bekerja sama dengan Leica untuk menyematkan kamera yang unggul pada smartphone P dan Mate Series yang dimulai dari HUAWEI P9 pada tahun 2017 silam.

Sayangnya smartphone baru Huawei sudah tidak dibekali dengan GMS (Google Mobile Services) dan Google Play Store. Sebagai gantinya, Huawei menyematkan HMS (HUAWEI Mobile Services) dan HUAWEI AppGallery pada smartphone terbarunya.

Itulah pengertian mengenai HP Flagship yang dibuat oleh suatu produsen atau vendor smartphone. Di antara semua produk yang dijelaskan, apakah ada perangkat yang kamu miliki? Namun produk Flagship yang hadir ke Indonesia pun cukup banyak sehingga tidak dapat disebutkan semuanya.

Tinggalkan Komentar