Berita

OPPO Find X vs Vivo NEX. Manakah Smartphone Snapdragon 845 Terbaik?

OPPO Find X vs Vivo NEX Header

Gadgetren – Pada tahun 2018 ini Vivo secara resmi telah meluncurkan smartphone revolusionernya yang bernama Vivo NEX. Tak mau kalah dengan Vivo, kemudian OPPO secara resmi juga merilis smartphone yang sama menariknya dengan nama OPPO Find X.

Smartphone besutan OPPO dan Vivo ini sama-sama dibekali dengan spesifikasi hardware yang tinggi dan desain unik dengan layar yang minim bezel. Sementara itu, baik OPPO Find X maupun Vivo Nex sama-sama memiliki kamera yang bisa kelar dari dalamnya ketika digunakan.

Ternyata banyak orang di Indonesia yang penasaran dengan dengan perbandingan antara Find X dan Vivo NEX. Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin perbandingan antara kedua perangkat ini maka dapat melihat pada artikel berikut ini.

OPPO Find X vs Vivo NEX

Spesifikasi Hardware

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core dan RAM 8 GB, dan storage internal 128 GB. Dengan kombinasi hardware ini membuat kedua smartphone ini sangat bertenaga sehingga mampu melahap game atau aplikasi berat sekalipun. Sayangnya keduanya tidak dibekali dengan slot kartu microSD.

Desain dan Layar

OPPO Find X mempunyai desain dengan layar yang mempunyai bezel sangat tipis di bagian depannya yang membuatnya terlihat futuristik. Sementara layarnya mempunyai lebar 6,42 inci dengan resolusi Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), berteknologi AMOLED, kaca melengkung di kedua sisinya, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depannya.

Sementara itu, Vivo NEX memiliki desain kotak dengan bezel padaa layar yang tipis. Untuk layarny sendiri memiliki lebar 6,59 inci dengan resolusi FUll HD+ (1080 x 2.3168 piksel), berteknologi Super AMOLED, dan beraspek rasio 19,5:9 yang memenuhi bagian depannya.

Kamera

Untuk kamera depan dan belakang OPPO Find X semuanya berada di bagian dalam sehingga akan keluar apabila penggunanya sedang menggunakan kamera untuk foto depan maupun belakang. Sementara Vivo NEX hanya memiliki kamera depan yang berada di bagian dalam dan akan keluar apabila melakukan foto selfie.

OPPO Find X dibekali dengan dua kamera belakang 16 MP + 20 MP dan kamera depan 25 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sementara Vivo NEX dilengkapi dengan dua kamera belakang 12 MP + 5 MP dan kamera depan 8 MP yang dapat menghasikan foto dengan bagus juga. Terlihat kamera OPPO Find X lebih unggul.

Baterai

OPPO Find X dibekali dengan baterai berkapasitas 3730 mAh, namun Vivo NEX dilengkapi dengan baterai yang mempunyai kapasitas 4000 mAh. Bisa dibilang daya tahan baterai Vivo NEX lebih lama dibandingkan Find X. Namun smartphone besutan OPPO dibekali dengan fitur SuperVOOC Flash Charge yang memungkinkan baterai dapat dicas hanya 35 menit dari kondisi 0% ke 100%

Fitur lainnya

OPPO Find X dan VIvo NEX sama-sama dibekali dengan port USB Type-C, NFC, Bluetooth 5.0, WiFi, Face recognition, dan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Menariknya, Vivo NEX telah dibekali dengan sensor fingerprint di dalam layar.

Harga

OPPO Find X sendiri dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 16 juta. Sementara Vivo NEX dijual dengan harga yang mencapai Rp 9,7 juta. Bisa dibilang Vivo NEX menang dalam hal harga yang lebih murah dari Find X.

Kesimpulan

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki spesifikasi hardware, performa, dan desain bodi maupun kamera yang menarik. Namun apabila dilihat dari sensor fingerprint dan daya tahan baterai maka Vivo NEX yang lebih unggul. Sementara OPPO Find X lebih unggul dalam hal kamera depan, kamera belakang, dan teknologi pengisian daya baterai yang lebih cepat.

Tinggalkan Komentar