ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Smartphone

Samsung Galaxy Note 20 Series Dirilis. Inilah Harga Resminya di Indonesia!

Samsung Galaxy Note 20 Feature

Gadgetren – Samsung secara resmi telah meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya dalam acara Samsung Galaxy Unpacked yang disiarkan secara online melalui YouTube resmi Samsung, yakni Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra.

Samsung Galaxy Note 20 dilengkapi dengan layar 6,7 inci Super AMOLED Plus dengan resolusi Full HD+. Sementara Galaxy Note 20 Ultra dibekali dengan layar 6,9 inci Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi Quad HD+ (3088 x 1440 piksel) dan dilindungi Corning Gorilla Glass Victus.

Layar Galaxy Note 20 Ultra mempunyai dua pilihan refresh rate yang terdiri dari 120Hz untuk resolusi Full HD+ dan 60Hz untuk resolusi Quad HD+. Semakin tinggi refresh rate yang digunakan, tentu saja membuat gerakan transisi antar aplikasi atau animasi game terlihat sangat mulus memanjakan mata penggunanya.

Samsung Galaxy Note 20 Display

Keduanya sama-sama menggunakan layar penuh dengan desain Infinity-O yang memiliki punch hole di bagian atasnya. Namun, Samsung Galaxy Note 20 Ultra hadir dengan layar yang melengkung di kedua sisinya sedangkan Galaxy Note 20 hadir dengan sisi layar yang datar.

Kedua smartphone ini sama-sama menggunakan chipset kelas atas Exynos 990 Octa-Core untuk global, termasuk Indonesia. Namun kawasan negara tertentu seperti Amerika Serikat, keduanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus Octa-Core.

Dengan penggunaan chipset tersebut, membuat Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra mampu melahap game atau aplikasi berat dengan mulus tanpa hambatan. Terdapat juga AI Game Booster yang dapat meningkatkan performa keduanya ketika game sedang dijalankan.

Galaxy Note 20 Gaming

Apabila baterai Galaxy Note 20 mencapai 4.300mAh, maka Galaxy Note 20 Ultra mencapai 4.500 mAh. Keduanya sama-sama dibekali dengan fitur 25W Super Fast Charging, Fast Wireless Charging 2.0, dan Wireless PowerShare.

Beralih ke bagian belakangnya, bodi dari Samsung Galaxy Note 20 Ultra dilapisi kaca Corning Gorilla Glass Victus sehingga membuatnya terlihat elegan. Sementara bodi belakang Galaxy Note 20 dilapisi dengan Reinforced Polycarbonate yang didesain menarik.

Samsung Galaxy Note 20 Back

Soal urusan fotografi, Samsung Galaxy Note 20 hadir dengan tiga kamera belakang yang mempunyai komposisi kamera utama 12 MP (Dual Pixel PDAF, OIS), ultrawide 12 MP (sudut 120 derajat), dan telephoto 64 MP (PDAF, OIS). Dengan kombinasi tersebut, membuat kamera belakangnya mampu melakukan 3x Hybrid Optical Zoom dan 30x Space Zoom.

Sementara Galaxy Note 20 Ultra membawa tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP (PDAF, Laser AF, OIS), telephoto periskop 12 MP (PDAF, OIS), dan ultrawide 12 MP. Dengan resolusi yang sangat besar, kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan detail yang bagus.

Galaxy Note 20 camera

Berkat sistem periskop, membuat kamera telephoto Galaxy Note 20 Ultra mampu melakukan 5x Optical Zoom. Sementara kombinasi kamera belakangnya mampu mengizinkan pengguna membidik obyek dari jarak jauh hingga 50x Space Zoom.

Kamera belakang dari kedua smartphone ini sama-sama mampu menghasilkan video berkualitas hingga 8K 24 fps atau 4K 30fps/60fps. Terdapat juga fitur Pro Video Mode pada aplikasi kamera bawaan kedua smartphone ini yang mampu mengizinkan pengguna dapat mengatur ISO, Shutter Speed, Manual Focus, dan lainnya ketika sedang merekam video.

Sementara kamera depan dari Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra sama-sama mempunyai resolusi 10 MP yang mampu mengakomodasi foto selfie, video call, dan Face Unlock. Berkat penggunaan teknologi AMOLED, membuat sensor fingerprint dapat disematkan pada layar di kedua smartphone ini.

Kedua smartphone ini dibekali dengan S Pen yang menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) sehingga memungkinkan pengguna dapat mengoperasikan smartphone tanpa perlu menyentuh layarnya. Tombol pada S Pen dapat digunakan untuk mengambil foto.

Samsung-Galaxy-Note-20-S-Pen

Terdapat fitur baru pada S Pen yang bernama Anywhere sehingga lebih memudahkan pengguna dalam melakukan navigasi, dimana pengguna dapat menggambar bentuk-bentuk di udara (tanpa berada dekat layar) untuk mengaktifkan gesture sebagai fungsi tombol Back, Recent App, Home, dan masih banyak lagi.

Bahkan S Pen ini pun sudah terintegrasi dengan Microsoft Office sehingga memungkinkan pengguna dapat dengan mudah menyimpan file dalam format Microsoft Excel, Power Point, maupun Word. Menariknya, tulisan tangan menggunakan S Pen bisa diubah menjadi huruf teks.

Samsug Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra juga hadir dengan fitur Link to Windows dengan aplikasi Your Phone di PC atau laptop bersistem operasi Windows 10. Hal ini memungkinkan pengguna dapat memindahkan data secara cepat dari smartphone ke komputer, melihat pesan, dan membuka aplikasi langsung di PC atau laptop.

Galaxy Note 20 Link to Windows

Kedua perangkat ini sama-sama tidak dibekali port jack audio 3,5 sehingga membuat port USB Type-C difungsikan untuk terhubung dengan earphone atau headphone, transfer data, dan pengisian daya baterai secara cepat.

Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, NFC, GPS, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, dan OneUI 2.1 berbasiskan Android 10 telah dibenamkan pada duo Galaxy Note 20 ini. Sertifikat IP68 pun telah dimiliki kedua produk ini sehingga membuktikan bahwa telah tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit.

Samsung Galaxy Note 20 Presentation

Berdasarkan informasi yang dilansir dari detik (8/5/2020), Samsung Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra mempunyai harga resmi di Indonesia yang terdiri dari:

  • Galaxy Note 20 dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB seharga Rp 14.499.000
  • Galaxy Note 20 Ultra varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB seharga Rp 17.999.000
  • Galaxy Note 20 Ultra varian RAM 8 GB dan ROM 512 GB seharga Rp 19.999.000

Samsung Electronics Indonesia akan membuka pre-order smartphone seri Galaxy Note 20 pada tanggal 6-19 Agustus 2020 secara online di situs Samsung.com, JD.ID, Blibli, Lazada Indonesia, Bhinneka, Dinomarket, Global Teleshop, Shopee Tokopedia, Bukalapak, Akulaku, dan Eraspace.

Bagi yang melakukan pre-order, maka Samsung Electronics Indonesia akan memberikan bonus Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000 untuk Galaxy Note dan bonus Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000 untuk Galaxy Note 20 Ultra.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar