Smartphone

Samsung Galaxy M21 Vs Galaxy M30s – Apa Bedanya?

perbandingan Samsung Galaxy M21 Vs Galaxy M30s header

Gadgetren – Pada tanggal 18 Mei 2020 silam, Samsung secara resmi meluncurkan Galaxy M21 di Indonesia. Smartphone yang satu ini memiliki keunggulan pada baterainya yang mempunyai kapasitas sangat besar.

Sementara dukungan tiga kamera yang hadir pada smartphone ini sudah mengikuti tren masa kini. Meskipun begitu ternyata harga yang ditawarkan smartphone ini sedikit berada di atas Samsung Galaxy M30s. Padahal kedua smartphone mempunyai spesifikasi hardware yang relatif sama.

Hal itulah yang membuat orang bertanya mengenai perbedaan antara Samsung Galaxy M21 dan Galaxy M30s di Indonesia. Sekilas, Galaxy M30s ini sebenarnya smartphone yang hadir pada tahun 2019 silam sehingga wajar apabila harganya sudah turun di Indonesia.

Samsung Galaxy M21 Camera

Dari sektor hardware, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan chipset Exynos 9661 Octa-Core (Quad-Core Cortex-A73 2,3 GHz + Quad-Core Cortex-A53 1,7 GHz) yang dibangun dengan teknologi fabrikasi 10nm.

Bahkan keduanya hanya mempunyai satu varian dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Namun terdapat perbedaan harga, dimana Samsung Galaxy M21 dibanderol Rp 3.199.000 dan Galaxy M30s dibanderol Rp 3.099.000.

Bisa dibilang perbedaan harganya pun cukup tipis apabila dilihat dari spesifikasi dan fitur yang hampir sama dari kedua smartphone ini. Apabila kapasitas internalnya dirasa kurang lega, maka penggunanya dapat menyematkan microSD hingga 512 GB pada slot yang telah disediakan pada kedua produk ini.

Samsung-Galaxy-M30s

Menariknya, Galaxy M21 dan Galaxy M30s dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6.000mAh yang diklaim Samsung mampu bertahan selama satu hari dalam pemakaian normal. Fitur 15W Fast Charging yang telah disematkan pada keduanya pun dapat mengisi daya baterai dengan cepat.

Soal urusan fotografi, kedua perangkat ini pun mempunyai tiga kamera belakang sama yang terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, dan sekunder 5 MP. Namun ternyata justru kamera depan Galaxy M21 mempunyai resolusi 20 MP yang lebih besar dibandingkan dengan Galaxy M30s dengan 16 MP.

Kedua smartphone ini juga mempunyai layar 6,4 inci Super AMOLED dengan desain Infinity-U yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk huruf U kecil. Namun Galaxy M21 mempunyai resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) sehingga lebih unggul dibandingkan Galaxy M30s dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel).

Samsung-Galaxy-M30s-Camera

Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint di bagian belakang, AI Gaming Booster, dan fitur Face Unlock sudah dihadirkan pada kedua smartphone ini. Galaxy M21 sendiri sudah langsung dibekali dengan OneUI 2.0 berbasiskan Android 10.

Sementara Galaxy M30s ketika awal meluncur hadir dengan OneUI berbasis Android 9, namun kini sudah mendapatkan update dari One UI 2.0 berbasiskan Android 10. Dengan perbedaan yang tidak terlalu jauh, bisa dibilang Galaxy M30s lebih menggiurkan karena mempunyai harga yang lebih murah.

Namun apabila kamu menginginkan smartphone dengan layar yang sudah beresolusi Full HD+, maka Samsung Galaxy M21 bisa menjadi pilihan. Namun tetap saja pilihan antara dua smartphone ini kembali lagi kepada pertimbangan kamu sebagai pembelinya.

Tinggalkan Komentar