Gadget Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s – Baterai Lebih Besar, Kamera Lebih Mumpuni

Samsung Galaxy M30s Header

Gadgetren – Tampaknya, tiada yang bisa dilakukan oleh Samsung, kecuali ikut menyegarkan produk, saat dominasinya mulai digeser oleh beberapa produk asal Tiongkok yang semakin ke sini semakin agresif.

Hal ini terlihat dari penyegaran yang semakin agresif di pasar menengah ponsel pintar, dengan menghadirkan beberapa versi upgrade dari lini ponsel Galaxy A dan Galaxy M terbaru miliknya.

Galaxy M30s adalah salah satunya. Meskipun Samsung baru meluncurkan Galaxy M30 – tipe pendahulunya – pada bulan Juli 2019 lalu, perangkat ini baru saja diumumkan di India untuk menggantikannya.

Galaxy M30s tentunya hadir dengan beberapa peningkatan jika dibandingkan dari versi lamanya tersebut. Dan dengan peningkatan ini, Galaxy M30s pasti memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang secara teknis akan kami coba ulas berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M30s

Hampir senada dengan lini Galaxy M pada umumnya, kelebihan utama yang ditawarkan dalam perangkat ini adalah kapasitas baterai jumbo yang dimilikinya. Bahkan tak tanggung-tanggung, perangkat baru ini dibekali dengan baterai hingga 6.000 mAh untuk pertama kalinya.

Dengan kapasitas baterai yang sangat besar ini, kamu bisa menggunakan perangkat ini sangat lama tanpa harus bergantung kepada charger. Dalam klaimnya, perangkat ini bisa bertahan hingga 29 jam untuk menonton video, 49 jam untuk panggilan suara, atau 131 jam jika hanya untuk mendengarkan musik.

Apalagi dalam sektor baterai ini, kamu juga tak perlu kuatir dengan lama pengisian dayanya. Bersama dengan kapasitas baterainya yang jumbo, Samsung juga telah membekali perangkat ini dengan pengisian daya cepat 15W.

Meskipun secara umum baterai yang paling diunggulkan, bukan berarti Galaxy M30s tidak memiliki kelebihan lain. Pasalnya, perangkat ini pun menawarkan kinerja yang lebih bertenaga, berkat SoC baru Samsung, yakni Exynos 9611.

Exynos 9611 merupakan versi upgrade dari Exynos 9610 yang menjadi andalan Samsung di beberapa perangkat sebelumnya. SoC baru ini menawarkan peningkatan di berbagai macam sisi, dari mulai kinerja, kemampuan AI, hingga kemampuan pengolah sinyal fotonya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s Bodi

Tak cukup sampai di situ, SoC ini pun diperkuat dengan adanya RAM LPDDR4x hingga 8 GB serta memori internal UFS 2.1 hingga 128 GB. Bahkan untuk buat para gamer, ada Game Booster yang bisa memaksimalkan kemampuannya.

Berbekal kemampuan yang sangat kuat ini, terutama SoC-nya, Galaxy M30s pun didukung dengan spesifikasi kamera yang tak main-main. Dalam perangkat barunya ini, Samsung menyematkan kamera utama dengan konfigurasi yang ditingkatkan.

Di kamera utamanya tersebut, Galaxy M30s ini sudah dilengkapi dengan kamera trio yang memiliki konfigurasi lensa wide 48 MP (f/2.0), lensa ultra-wide 8 MP (f/2.2), dan lensa kedalaman 5 MP (f/2.2).

Spesifikasi kamera yang cukup menarik ini, diimbangi dengan beberapa fitur yang bisa mempercantik fotografi dan videografi, seperti fitur Night Mode, Live Focus, Super Steady, Super Slow-motion, Hyperlapse, dan lain sebagainya.

Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Sejujurnya, melihat spesifikasi teknis yang sekarang ada di halaman resmi maupun yang tersebar secara luas di internet, saya belum bisa menentukan apa kekurangannya. Tapi salah satu yang perlu diperhatikan adalah material bodinya.

Berdasarkan beberapa uji coba pemakaian yang dilakukan oleh media-media ternama, seperti Sammobile atau indiatoday, bodi plastik di Galaxy M30s tidak terlihat premium seperti perangkat-perangkat serupa.

Tinggalkan Komentar