Berita Sponsored Content

Jelang Peluncuran, OPPO Ungkap Spesifikasi Lengkap Reno4 di Indonesia

OPPO Reno4 HandsOnz

Gadgetren – Sebelum menjelang acara peluncuran Reno4 yang jatuh pada tanggal 6 Agustus 2020 di Indonesia, OPPO secara resmi telah mengadakan acara OPPO Reno4 Pre Launch Event di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Aryo Meidianto A selaku PR Manger OPPO Indonesia memaparkan spesifikasi hardware lengkap dan beragam fitur unggulan dari smartphone Reno4 yang hadir resmi di Indonesia.

Aryo mengungkapkan bahwa seri Reno4 dibangun melalui kekuatan riset dan penelitian OPPO dengan mengoptimalkan desain produk untuk meminimalkan dimensi dan bobot perangkat. Tidak hanya fokus pada smartphone yang ramping, OPPO juga membuat Reno4 memiliki bobot 165 gram dan ketebalan 7,7mm sehingga dapat menghadirkan desain yang ergonomis saat digenggam.

OPPO Reno4 Deskwood

Dari sektor hardware, Reno4 telah diotaki Snapdragon 720G Octa-Core yang dibangun dengan teknologi fabrikasi 8nm. Chipset besutan Qualcomm ini mempunyai performa yang bertenaga berkat kecepatan maksimalnya yang mencapai 2,3 GHz.

Berdasarkan pengujian menggunakan Geekbench, chipset yang dibenamkan pada Reno4 ini mempunyai peningkatan kinerja CPU single-core sebesar 46% dan CPU multi-core sebanyak 26% dibandingkan dengan MediaTek Helio P95 Octa-Core yang digunakan oleh Reno3 Pro. Sementara itu, kinerja GPU juga meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

Apalagi RAM 8 GB didaulat mendampingi chipset tersebut untuk menangani aktivitas multitasking dari aplikasi maupun game yang dijalankan di Reno4. Sementara penyimpanan internalnya mempunyai kapasitas 128 GB yang dapat menyimpan banyak file sekaligus.

OPPO Reno4 Black

Namun apabila kapasitas internalnya dirasa kurang lega, maka pengguna dapat menambahkan microSD hingga 256 GB pada slot yang disediakan di smartphone ini. Baterai berkapasitas 4.015mAh didaulat menjadi sumber energi kehidupan dari Reno4.

Berkat dukungan 30W VOOC Flash Charge 4.0, membuat pengisian daya baterai dari kondisi 0% ke 50% cuma berjalan 20 menit saja. Sementara apabila daya baterai diisi hingga kondisi penuh, maka hanya memakan waktu 57 menit.

Pada bagian depannya, terdapat layar 6,4 inci dengan teknologi AMOLED dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang mampu menghadirkan konten dengan terang dan tajam sehingga nyaman bagi mata pengguna. Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, OPPO juga telah menghadirkan Corning Gorilla Glass 5 pada perangkat ini.

OPPOReno4-Front

Layar smartphone ini mempunyai desain penuh lengkap dengan punch hole di kiri atasnya. Berkat penggunaan teknologi AMOLED, membuat sensor pemindai sidik jari disematkan di dalam layarnya.

Selain untuk meminimalisir bezel, punch hole pada smartphone ini digunakan untuk menyimpan kamera depan beresolusi 32 MP. Bahkan pada bagian depan OPPO Reno4 terdapat fitur AON Smart Sensor yang dapat digunakan untuk Smart Spying Prevention, Smart Air Control, dan Smart Always on Display.

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat empat kamera yang mempunyai komposisi kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, makro 2 MP, dan mono 2 MP. Kamera belakangnya ini dapat mengambil foto beresolusi 108 MP berkat algoritma resolusi tinggi yang dikembangkan OPPO dengan tingkat detail dan tekstur yang kaya.

OPPOReno4-BackAll

Selain Ultra Night Mode, OPPO juga telah menghadirkan fitur baru pada Reno4 yang bernama Night Flare Portrait. Fitur ini didukung oleh algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh sehingga dapat menghasilkan efek neon yang artistik pada bagian latar belakang subyek.

Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang banyak menghadirkan kelap-kelip lampu. Ada lagi Ultra Dark Mode yang memungkinkan pengguna Reno4 dapat menghasilkan foto yang terang dan jelas, meskipun sedang berada di kondisi hampir gelap dengan cahaya hanya 1 lux.

Selanjutnya, dukungan Ultra Night Selfie Mode yang hadir pada perangkat ini mampu membuat kamera depan 32 MP menghasilkan foto selfie dengan terang, meskipun pengguna sedang berada di lingkungan kurang cahaya.

OPPO Reno4 Night Flare PortraitNight FlareĀ Portrait

Soal urusan video, OPPO juga telah menghadirkan beragam fitur baru seperti Monochrome Video yang memungkinkan pengguna dapat mengambil video dengan hanya mempertahankan warna merah, hijau, atau biru dari obyek atau subyek sementara lingkungan yang lain hanya mempunyai warna hitam dan putih.

Reno4 pun mempunyai Ultra Steady Video 3.0 dengan dukungan Ultra Steady Video dan Ultra Steady Video Pro yang sudah hadir di generasi sebelumnya ditambah fitur baru Front Ultra Steady Video yang mampu membuat pengguna menghasilkan video selfie dengan stabil di resolusi 720p 30fps dan 1080 30fps.

AI Color Portrait Mode pun bisa dibilang baru dihadirkan di Reno4. Fitur ini mendukung fungsi foto dan video dengan membuat latar belakang menjadi hitam dan putih, sekaligus menjaga subyek dalam warna yang sebenarnya.

Reno4-AiColorHijauAI Color Portrait Mode

OPPO Reno4 pun mempunyai fitur kamera menarik lainnya mulai dari slow motion hingga 720p 960fps yang mampu menghasilkan efek gerak lambat yang sangat dramatis. Untuk itulah, pengguna smartphone ini dapat lebih berkreasi dalam menghasilkan foto dan video yang menarik.

Menariknya lagi, Reno4 menjadi smartphone OPPO pertama yang sudah menggunakan ColorOS 7.2 berbasiskan Android 10 sebagai sistem operasinya.

Sistem operasi ini sendiri menghadirkan beragam fitur yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya mulai dari AI APP Preloading, Anti-Fragmentation Engine, Super Power Saving Mode, Super Night Time Standby, Icon Pull Down Gesture, Quick Return Bubble, Dark Mode, Gravity Wallpaper, dan OPPO Lab.

Gravity Wallpaper memungkinkan homescreen smartphone dapat berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna memegang perangkat. Wallpaper nantinya dapat bergerak seolah-olah ditarik oleh gaya gravitasi.

OPPO Watch with Reno4

Selanjutnya, OPPO LAB merupakan sebuah platform yang memungkinkan para engineer software OPPO dan pengguna smartphone dapat bekerja sama untuk menciptakan berbagai fitur inovatif bersama. Nantinya pengguna dapat mencoba fitur-fitur ini sebelum dirilis secara resmi sehingga dapat memberikan feedback terbaik untuk penyempurnaan fungsi.

Bodi belakang dari Reno4 hadir dengan pilihan warna menawan yang terdiri dari Space Black atau Galactic Blue. Bahkan bagian belakang smartphone ini juga telah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 yang memberikan kesan elegan. Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, dan GPS telah dihadirkan pada produk ini.

Dengan spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan ini membuat OPPO Reno4 menjadi salah satu smartphone menarik yang hadir di tahun 2020. Sementara untuk mengetahui harga resminya, kita harus menunggu waktu peluncurannya yang diselenggarakan pada tanggal 6 Agustus 2020 pukul 18.45 WIB melalui YouTube dan akun media sosial resmi OPPO Indonesia.

Tinggalkan Komentar