ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Redmi 9 Vs Redmi 8 – Apa Sih Peningkatannya?

Redmi 9 vs Redmi 8 Header

Gadgetren – Pada 14 Juli 2020 silam, Xiaomi secara resmi meluncurkan Redmi 9 di Indonesia. Sebagai suksesor dari Redmi 8, smartphone yang satu ini hadir dengan beragam peningkatan spesifikasi dan fitur.

Namun dengan hadirnya produk terbaru ini, justru membuat Redmi 8 mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan awal peluncurannya tahun lalu. Pada saat diluncurkan, Redmi 8 sendiri sudah lebih murah dibandingkan Redmi 9.

Kini Redmi 8 sendiri dijual dengan harga Rp 1.499.000 untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB dan Rp 1.599.000 untuk RAM 4 GB + ROM 64 GB. Sementara Xiaomi membanderol Redmi 9 mencapai Rp 1.749.000 untuk RAM 3 GB + ROM 32 GB dan Rp 1.949.000 untuk RAM 4 GB + ROM 64 GB.

Xiaomi Redmi 9

Apabila dilihat dari harga, tentu saja Xiaomi Redmi 8 lebih menggiurkan. Namun tunggu dulu, kamu harus melihat fitur dan spesifikasi hardware lebih mendalam dari kedua smartphone tersebut agar bisa menilainya dengan lengkap.

Untuk dapur pacunya, Redmi 9 sudah menggunakan chipset MediaTek Helio G80 Octa-Core dengan kecepatan maksimal 2 GHz yang lebih bertenaga dibandingkan dengan Redmi 8 yang memakai Qualcomm Snapdragon 439 Octa-Core.

Xiaomi sendiri menghadirkan baterai berkapasitas besar pada perangkat ini dengan kapasitas 5.020mAh untuk Redmi 9 dan 5.000mAh untuk Redmi 8. Dengan kapasitas yang hampir setara, sepertinya kedua smartphone ini sama-sama mampu bertahan lama.

Redmi-8-Feature

Melihat kapasitas baterainya yang besar, Xiaomi pun menyematkan fitur 18W Fast Charging pada kedua perangkat ini agar pengisian dayanya dapat terasa lebih cepat. Dengan harga Rp 1 jutaan, Redmi 9 dan Redmi 8 sama-sama dibekali dengan sensor fingerprint di bagian belakang.

Sementara fitur Face Unlock juga telah dihadirkan pada kedua smartphone ini agar memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci layar dengan wajah. Meskipun beda generasi, namun Redmi 9 dan Redmi 8 masih sama-sama menggunakan layar IPS yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk waterdrop.

Untuk perbedaannya, Redmi 9 menggunakan layar 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), sementara Redmi 8 mengusung layar 6,22 inci dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel). Terlihat bahwa Redmi 9 mengalami peningkatan resolusi pada layarnya.

Redmi-8-Fingerprint

Redmi 8 hanya mempunyai dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP dan sekunder 2 MP. Sedangkan Redmi 9 memiliki empat kamera belakang dengan komposisi kamera utama 13 MP, ultrawide 8 MP, makro 5 MP, dan sekunder 2 MP.

Terlihat bahwa Redmi 9 mengalami kemajuan pada kamera belakang dibandingkan generasi sebelumnya. Namun, kedua smartphone ini sama-sama mempunyai kamera depan 8 MP. Tentu saja biasanya sektor kamera menjadi salah satu pertimbangan ketika ingin membeli sebuah smartphone.

Meskipun masih menggunakan MIUI 11 berbasiskan Android 10, namun kedua perangkat ini akan sama-sama mendapatkan pembaruan MIUI 12. Dari pemaparan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan kedua smartphone ini, terlihat memang Redmi 9 sudah mengalami peningkatan yang lebih baik sementara Redmi 8 kini punya harga yang lebih terjangkau.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar