ASUS TUF Gaming FX507
Berita Feature Phone

MediaTek Hadirkan System-on-Chip 5G Baru Bernama Dimensity 800U

Gadgetren – MediaTek secara resmi telah memperkenalkan System-on-Chip (SoC) 5G terbarunya dalam lini Dimensity yang diberi nama 800U.

Adapun chipset Dimensity 800U ini diproduksi menggunakan teknologi pemrosesan 7nm yang dirancang untuk kinerja tinggi dan teknologi 5G+5G Dual Sim Dual Standby (DSDS).

Dr. Yenchi Lee selaku Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek menuturkan bahwa MediaTek selalu berfokus dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan teknologi semikonduktor mereka, baik itu kegiatan streaming, game, atau mengambil foto.

“MediaTek Dimensity 800U membawa teknologi tercanggih ke lini SoC Dimensity, menghadirkan teknologi-teknologi tingkat lanjut 5G, pencitraan dan multimedia ke smartphone 5G, kinerja tinggi yang menawarkan pengalaman 5G luar biasa,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Modem 5G yang terintegrasi dalam MediaTek Dimensity 800U tidak hanya mendukung jaringan sub-6GHz SA dan NSA, tapi juga mendukung teknologi-teknologi canggih seperti 5G+5G dual SIM dual standby (DSDS), Voice over New Radio (VoNR) ganda, dan 5G two carrier aggregation (2CC 5G-CA) yang dipercaya lebih cepat dan lebih stabil.

Dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave, modus operasional modem ini diatur berdasarkan lingkungan jaringan dan kualitas transmisi data sehingga memperpanjang umur baterai. SoC ini memiliki CPU Octa-Core dengan klaster ganda yang terdiri dari dua prosesor ARM Cortex-A76 berkecepatan 2,4GHz dan enam prosesor ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz.

Dimensity 800U juga dipadukan dengan sebuah GPU Mali-G57, AI processing unit (APU) independen, dan RAM berteknologi LPDDR4x. Di samping itu, MediaTek Dimensity 800U juga menawarkan teknologi tingkat lanjut mulai dari dukungan untuk layar 120Hz FHD+ dengan refresh rate tinggi untuk gaming dan streaming yang lebih cepat dan lancar.

MediaTek Dimensity 800U

Kemudian hadir juga dukungan layar HDR10+ untuk kualitas visual yang lebih baik ditambah engine MediaTek MiraVision PQ terintegrasi dengan optimasi HDR untuk berbagai tipe video.

Terdapat pula dukungan untuk voice-on-wakeup (VoW) dan teknologi pengurangan kebisingan mic-ganda, mengurangi konsumsi daya standby dari asisten suara, dan mampu mendengar suara dengan jelas dalam kondisi lingkungan berisik sekalipun.

Selanjutnya untuk fotografi, chipset ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi kamera utama hingga 64MP serta mendukung hingga empat kamera belakang. Sementara untuk performa APU dan ISP telah terhubung dengan fungsi-fungsi AI atau Artificial Intelligence yang akan meningkatkan fungsi kamera.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar