Berita

Platform Waze Bantu Pantau Lalu Lintas DKI Jakarta dan Jabar Selama PSBB

Platform Navigasi Waze Pantau Lalu Lintas DKI Jakarta dan Jabar Selama PSBB Header

Gadgetren – Menyikapi situasi pandemi COVID-19 saat ini, platform navigasi bernama Waze telah bekerja sama dengan Jakarta Smart City (JSC) dan Jabar Digital Service (JDS) dalam menerapkan kebijakan Pemerintah mengenai PSBB.

Marlin R. Siahaan selaku Country Manager Waze Indonesia menuturkan bahwa saat PSBB ini data real-time Waze menyediakan sumber daya yang sangat penting bagi mitranya dalam mengelola lalu lintas dan membuat perencanaan kota yang baik

Dalam kesempatan yang sama, Juan Intan Kanggrawan selaku Head of Data & Analytics Jakarta Smart City mengungkapkan bahwa Data Waze memungkinkan pihaknya menelaah dan menganalisis pola kemacetan lalu lintas tertinggi di Jakarta, kemudian mengubah gagasan-gagasan menjadi tindakan untuk kota yang lebih baik lagi.

“Ketika COVID-19 melanda, kami menggunakan pola pengemudi Waze secara real-time untuk menentukan keberhasilan PSBB dan memeriksa hasilnya,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Selanjutnya Setiaji, ST, M.Si selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa sebelum menggunakan data Waze, pihaknya harus mengerahkan petugas di lapangan untuk memantau secara manual dengan menghitung volume kendaraan di jalan dan memeriksa CCTV.

“Waze for Cities Data membantu kami menanggapi masalah dengan cepat dan membuat keputusan di saat krisis. Setiap kali kami menemukan lubang jalan dan titik banjir, kami dapat langsung memberitahu pihak-pihak terkait untuk mengatasi masalah tersebut,” tambahnya.

Waze for Cities sendiri merupakan program gratis untuk berbagi data dua arah mengenai informasi lalu lintas yang tersedia di publik dengan fungsi untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan kemacetan di kota masing-masing.

Waze

Ketika COVID-19 melanda, data dari Waze digunakan untuk mengevaluasi kebijakan PSBB yang mengandung informasi mengenai penurunan tingkat kemacetan dan beberapa area yang ditutup jalannya.

Dengan melakukan hal itu, JSC dapat mengidentifikasi dan merekomendasikan daerah-daerah yang perlu dijangkau oleh TransJakarta atau sistem transportasi umum lainnya, sekaligus memaksimalkan pilihan transportasi umum yang aman selama pandemi.

Platform navigasi Waze sendiri bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau Apple App Store pada smartphone Android maupun iOS dan bisa digunakan sebagai navigasi bagi yang sedang ingin melakukan perjalanan agar mengetahui kabar lalu lintas terbaru seputar kemacetan, jalan rusak, perbaikan, dan mencari rute alternatif yang lebih aman.

Melalui platform tersebut, pengendara juga dapat mengetahui informasi harga tol hingga kebijakan ganjil genap yang diterapkan di wilayah DKI Jakarta.

Tinggalkan Komentar