Berita Smartphone

Semakin Tumbuh, HMS Kini Dihuni oleh 1,3 Juta Pengembang

HUAWEI Mobile Services Header

Gadgetren – Sejak diluncurkan bersama perangkat Huawei Mate 30 Pro, smartphone Huawei terbaru telah dilengkapi dengan layanan Huawei Mobile Services (HMS) yang mana hingga kini telah ada 1,3 juta pengembang yang sudah bergabung.

Lo Khing Seng selaku Deputy Country Director, Huawei Consumer Business Group Indonesia menuturkan bahwa HMS akan terus mengembangkan ekosistem yang komprehensif untuk peningkatan pengalaman pengguna dengan mengutamakan kemudahan, kecepatan, dan kelancaran pada smartphone Huawei.

Dalam kesempatan yang sama, Bobby Ivan selaku Division Manager pt. Datascrip menyambut positif upaya Huawei yang secara konsisten dan cepat dalam mengembangkan ekosistem HMS, termasuk kerja sama dengan aplikasi lokal.

“Saat ini, sudah ada puluhan aplikasi lokal di AppGallery yang sudah bisa dinikmati meliputi aplikasi e-commerce, perbankan, perjalanan, hiburan, berita, dan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia,” ujarnya kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis.

Beberapa aplikasi lokal yang bisa ditemukan di AppGallery untuk aplikasi perbankan dan keuangan antara lain BNI Mobile Banking, BCA Mobile, Dana, Akulaku, Permata Mobile, dan GO Mobile oleh CIMB Niaga. Aplikasi belanja online di antaranya Blibli, Matahari, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, dan Shopee.

Aplikasi game dan hiburan antara lain Wawa, Hago, CGV Blitz, MAXStream, Vidio, UseeTV Go, Langit Musik, dan RCTI +. Aplikasi media sosial Line dan Here We Go untuk aplikasi navigasi juga sudah tersedia.

Sementara untuk aplikasi berita sudah tersedia Baca, BaBe, Detik, CNN Indonesia, Kompas, Caping, Liputan6, Umma, dan CNBC Indonesia. Operator seluler meliputi MyXL, My Telkomsel, My IM3, dan bima+ sementara aplikasi pemerintah meliputi BPJSTKU dan Info BMKG.

Terdapat juga jajaran aplikasi bepergian seperti Traveloka, Garuda Indonesia Mobile, dan KAI Access serta aplikasi ekspedisi yang termasuk J&T dan My JNE.

AppGallery-Hago

Ke depannya Huawei berjanji akan terus mengembangkan dan membawa aplikasi lokal populer ke AppGallery agar konsumen dapat mengunduh aplikasi tersebut di smartphone Huawei.

Bersamaan dengan penambahan ini, Huawei juga mengumumkan ketersediaan widget pencarian bernama Petal Search Widget – Find Apps yang sudah tersedia dan dapat diunduh melalui AppGallery. Alat pencarian ini memberikan akses baru kepada pengguna Huawei untuk mencari yang nantinya mencapai sejuta aplikasi.

“Sekarang dengan Petal Search Widget – Find Apps yang ditenagai oleh Petal Search, pengguna Huawei memiliki cara lain untuk menemukan, menjelajahi, dan mengunduh aplikasi yang mereka perlukan di perangkat mereka dengan mudah,” ungkapnya.

Petal Search Widget – Find Apps saat ini telah mendukung lebih dari 40 bahasa dan tersedia di 45 negara dan area serta ke depannya direncanakan hadir di berbagai negara lainnya.

Tinggalkan Komentar