Perangkat Pintar

realme Buds Q Dan realme Buds Air Neo – Apa Saja Perbedaannya?

perbedaan realme Buds Q vs realme Buds Air Neo Header

Gadgetren – Pada bulan Juni 2020 silam, realme secara resmi meluncurkan dua earphone TWS (True Wireless Stereo) terbarunya di Indonesia yang terdiri dari Buds Q dan Buds Air Neo.

Desain menjadi perbedaan utama dari kedua perangkat ini yang langsung terlihat secara kasat mata, dimana realme Buds Q mempunyai bentuk dengan ukuran kecil dan lebih masuk ke dalam telinga. Sementara realme Buds Air Neo mempunyai desain dengan bentuk yang memanjang ke bawah. Apabila Buds Q menggunakan chip R1Q, maka Buds Air Neo memakai chip R1.

Namun realme mengklaim bahwa kedua chip tersebut dapat memberikan koneksi yang cepat dan stabil sehingga mampu menghadirkan suara yang minim delay ketika penggunanya mendengarkan musik, menonton video, maupun memainkan game.

realme Buds Q

realme Buds Q dibekali dengan 10mm driver dan Buds Air Neo dilengkapi dengan 13mm driver. Sementara realme menjanjikan kedua perangkat ini mempunyai dukungan Dynamic Bass Boost yang mampu menghasilkan suara yang bulat, kencang, dan jernih.

Selanjutnya, realme mengklaim bahwa suara yang dihasilkan dari Buds Q dan Buds Air Neo telah disesuikan dengan kelas dan harganya. Untuk itu, realme percaya bahwa kedua perangkat ini akan menarik segmen konsumen yang berbeda pula di Indonesia.

Pihak realme juga menghadirkan fitur Super Low Latency dalam kedua perangkat ini, dimana Buds Q mempunyai waktu latensi 119 ms dan Buds Air Neo sebesar 119,2 ms, yang mampu menghadirkan sinkronisasi antara video dan audio ketika pengguna memainkan game atau menonton video.

Kedua earphone TWS ini dapat terhubung dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth 5.0. Sementara Buds Air Neo dapat tersambung dengan lebih cepat berkat hehadiran fitur Google Fast Pair. Pihak realme mengatakan bahwa kedua produk ini masih dapat terhubung dengan smartphone atau perangkat lainnya hingga radius 10 meter.

ealme-Buds-Air-Neo-White-Header

Google Fast Pair sendiri memungkinkan Buds Air Neo langsung terhubung dengan smartphone ketika tutup case bawaannya dibuka. Apabila pengguna menyentuh produk ini selama dua detik, maka dapat langsung mengaktifkan Google Assistant di smartphone.

Penggunanya juga dapat menggunakan aplikasi realme Link di smartphone untuk pengaturan lebih lanjut pada kedua produk tersebut. Sementara itu, gesture control yang terdapat pada Buds Q tidak sebanyak yang dimiliki oleh Buds Air Neo.

realme Buds Air Neo Header

Dengan menggunakan case bawaan, realme Buds Q mampu bertahan hingga 20 jam dan Buds Air Neo mempunyai daya tahan 17 jam. Namun, keduanya rata-rata mampu bertahan selama 2,5 hingga 3 jam ketika mendengarkan musik nonstop untuk setiap buds.

Kedua perangkat ini juga telah mengantongi sertifikat IPX4 yang berarti tahan terhadap cipratan air. Dengan fitur dan spesifikasi yang dibawa, realme Buds Q dijual dengan harga Rp 399.000 di Indonesia sementara realme Buds Air Neo dibanderol mencapai Rp 499.000.

Tinggalkan Komentar