Tips dan Trik

Kenapa HP Jadi Tidak Bisa Dicas? Ini Mungkin Salah Satu Penyebabnya

Kenapa HP Tidak Bisa Dicas Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Baterai merupakan komponen terpenting dalam sebuah smartphone atau HP yang akan menjadi sumber tenaga agar hardware memiliki energi yang cukup untuk menjalankan fungsi-fungsi utamanya.

Sementara baterai smartphone atau HP sendiri memiliki batas kapasitasnya sehingga perlu dilakukan pengecasan ketika daya baterai mendekati titik kritis sebelum benar-benar kehilangan energinya. Namun tentunya kamu akan menjadi panik apabila ternyata baterai smartphone atau HP tidak bisa dicas sama sekali.

Apabila baterai tidak dapat dicas, maka HP tidak akan menyala dan aktivitas sehari-hari kamu akan terganggu karena terkadang banyak kontak, pesan, chat, atau dokumen penting yang tidak bisa diakses. Untuk itu, sebaiknya kita mengenali berbagai faktor yang menyebabkan baterai HP tidak bisa dicas sama sekali.

  1. Kabel data rusak atau bukan bawaan smartphone

Kabel smartphone rusak[Ilustrasi: Pixabay]

Biasanya faktor yang sering terjadi pada saat HP tidak bisa dicas karena kabel datanya sudah rusak sehingga tidak bisa mentransfer energi dari sumber listrik ke baterai. Kabel data rusak juga bisa disebabkan karena ada beberapa komponen di dalam kabel yang patah pada saat kamu menggulung atau menekuk kabel.

Dalam memastikannya, kamu dapat mencoba kabel data lain disambungkan ke adapter untuk mengisi daya baterai dari sumber listrik ke smartphone. Apabila pengisian daya baterai dapat berjalan dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa kabel data kamu sudah rusak.

Selain itu, bisa saja kabel data yang kamu gunakan bukan original bawaan smartphone sehingga meskipun awalnya mau melakukan pengecasan, namun lama kelamaan tidak mau mengisi daya baterai smartphone kamu.

Untuk itu, sebaiknya kamu tetap menggunakan kabel data original bawaan smartphone agar menghindari terjadinya kerusakan atau konslet komponen pengisian daya smartphone. Bahkan pada beberapa kasus, iPhone atau smartphone berbasis Android tiba-tiba terbakar atau meledak pada saat pengisian daya baterai karena tidak menggunakan kabel original bawaan.

Apabila kabel data kamu benar-benar rusak, maka saya sarankan agar membeli kabel data original bawaan smartphone dari toko resmi agar lebih awet dan menghindari terjadinya konslet pada saat pengisian daya baterai di kemudian hari.

  1. Adapter charger rusak atau bukan original

Adapter Smartphone[Ilustrasi: Pixabay]

Selain kabel data, adapter charger merupakan salah satu benda penting untuk mengecas daya baterai sebuah smartphone atau HP. Biasanya apabila adapter rusak, maka secara otomatis sumber listrik tidak memberikan energi untuk mengisi daya baterai.

Untuk itu, kamu dapat meminjam adapter charger smartphone atau HP dari teman, keluarga, atau orang lain untuk memastikan bahwa adapter yang kamu miliki benar-benar rusak. Selain itu, tidak lupa adapter yang kamu miliki dicoba ke smartphone lain untuk lebih memberikan kepastian.

Apabila adapter charger kamu memang benar-benar tidak bisa digunakan oleh smartphone milikmu atau orang lain, maka bisa dipastikan bahwa sudah mengalami kerusakan. Dengan kata lain, kamu sebaiknya membeli adapter charger baru original untuk smartphone milikmu dari toko resmi.

Pada beberapa merek tertentu, adapter charger tidak mau aktif untuk melakukan pengisian ulang daya baterai terhadap smartphone yang bukan satu merek. Selain itu, memang sebaiknya kamu menggunakan adapter charger original untuk smartphone milikmu untuk menghindari terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan pada saat pengecasan baterai.

  1. Port USB atau Lightning sedang kotor atau rusak

Lightning iPhone[Ilustrasi: Pixabay]

Meskipun smartphone masa kini sudah dibekali dengan fitur Wireless Charging, namun sebagian orang masih melakukan pengisian daya baterai menggunakan adapter charger yang dihubungkan dengan kabel data ke port USB, baik microUSB atau USB Type-C, atau port Lightning.

Bisa dibilang fitur Fast Charging atau Quick Charging dari beberapa merek smartphone sangat optimal apabila menggunakan port USB atau Lightning. Namun port yang kotor biasanya menjadi salah satu penyebab tidak bisanya mengecas daya baterai smartphone atau HP.

Untuk itulah, sebaiknya kamu membersihkan sela-sela port USB atau Lightning agar konektor dari kabel data dapat terhubung dengan baik sehingga pengecasan dapat berjalan lancar. Namun apabila setelah port dibersihkan, tapi HP tetap tidak bisa dicas maka kamu dapat memeriksa adapter charger atau kabel data yang terhubung.

Sementara jika setelah pemeriksa tersebut HP masih tidak dapat dicas maka kemungkinan besar bahwa port atau komponen pengisi daya baterai rusak. Dalam masalah ini, sebaiknya kamu mengunjungi service center resmi dari merek smartphone milikmu agar segera cepat ditangani oleh teknisi yang berpengalaman.

  1. Bug pada sistem operasi

tampilan antar muka hp[Ilustrasi: Pixabay]

Terkadang salah satu penyebab HP tidak bisa dicas karena adanya bug yang terdapat pada sistem operasi. Biasanya bug tersebut tidak mau mendeteksi bahwa adapter charger dan kabel data sudah tersambung ke port USB milik smartphone atau HP.

Untuk itu, sebaiknya kamu memeriksa kondisinya dengan menggunakan aplikasi seperti Ampere, Battery Life, Battery Life PRO, dan lainnya. Aplikasi ini dapat menganalisis penyebab terjadinya masalah tidak maunya HP dicas.

Apabila benar memang terjadi bug di sistem operasi, maka aplikasi ini dapat digunakan untuk menjadi solusi agar HP kembali dapat dicas. Namun tentunya, kamu juga harus memeriksa kondisi lainnya mulai dari adapter charger, kabel data, hingga port USB.

  1. Versi sistem operasi belum diperbarui atau update

OS Update Smartphone[Ilustrasi: Pixabay]

Setiap periodenya, smartphone akan mendapatkan update sistem operasi dari pengembangnya. Biasanya update ini berisikan peningkatan fitur dan fungsi dari sistem operasi dibandingkan versi sebelumnya. Namun melihat besarnya file update, biasanya kamu akan mengabaikan proses pembaruan tersebut.

Terkadang apabila kamu mengabaikan proses update tersebut akan berdampak pada proses pengisian daya baterai HP yang tidak sebagaimana mestinya. Untuk itulah, sebaiknya kamu melakukan update versi sistem operasi sebelum terjadi masalah serius seperti HP tidak dapat dicas.

Itulah beberapa faktor masalah yang sering menyebabkan HP tidak dapat dicas. Namun apabila solusi di atas masih belum dapat menyelesaikan masalah kamu, maka sebaiknya HP milikmu dibawa ke service center agar ditangani dengan baik dan cepat.

Tinggalkan Komentar