ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Hati – Hati, Hanya Karena Kabel USB, Notebook Rp 20 Jutaan Bisa Langsung Rusak

Gambar Rusak Karena Kabel USB

Suka menggunakan tiruan? Atau mungkin menyepelekan kualitas yang penting harga murah? Lihat saja apa yang terjadi hanya karena kabel USB berkualitas buruk ini.

Seorang teknisi dari Google bernama Benson Leung sebagai penguji USB Type-C mengalami kejadian yan tidak mengenakan. Tiga merangkat miliknya termasuk satu Chromebook Pixel dengan harga sekitar Rp 20 juta langsung rusak seketika.

Leung menghubungkan kabel USB 3M A-ke-C dengan merek Surjtech ke sebuah Chromebook dan dua buah perangkat USB-PD Sniffer. Seketika kedua perangkat tersebut langsung rusak dan USB port Type-C pada Chromebook Pixel tidak bisa digunakan kembali.

Setelah menganalisa lebih lanjut dan membongkar kabel tersebut, Leung menemukan hasil yang mengejutkan. Kabel tersebut memiliki pin dan steker yang terhubung sangat salah, sehingga mengalirkan arus yang salah. Ia mengatakan kabel in merupakan resep dari bencana dan berbahaya secara mendasar.

Sedangkan perangkat yang dimilikinya, dua buah USB-PD Sniffer benar – benar rusak dan tidak bisa diperbaiki dengan cara apapun. Selain itu, dua port USB Type-C pada Chromebook mengalami masalah kemampuan pengisian dan pengaturan daya secara permanen.

Nah bagi yang selalu membeli sebuah barang dengan kualitas yang tidak baik harus berpikir kembali. Mungkin ketika sedang tidak beruntung akan bernasib sama dengan Benson Leung.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar