Aplikasi Berita

Isi BNI Tapcash Kini Bisa Pakai GoPay Dari Smartphone Lho

BNI Tapcash Feature

Gadgetren – Pada era digital ini, beberapa Bank di Indonesia telah meluncurkan layanan e-money masing-masing untuk memudahkan pembayaran masyarakat secara digital mulai dari makanan, kebutuhan sehari-hari, jalan tol, hingga transportasi.

Sementara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sendiri sudah menghadirkan layanan e-money bernama BNI TapCash yang mempermudah pembayaran di supermarket, transportasi, maupun tempat umum lainnya.

Awalnya saldo BNI TapCash ini hanya bisa diisi melalui ATM, beberapa supermarket, dan aplikasi mobile BNI. Namun kini BNI secara resmi mengumumkan kerja samanya dengan Gojek untuk pengisian saldo layanan e-money miliknya.

Corina Leyla Karnalies selaku Direktur Bisnis Konsumer BNI mengatakan bahwa kini pengguna aplikasi Gojek sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia sehingga besar kemungkinan pengguna kartu e-money TapCash juga memiliki aplikasi Gojek di smartphone miliknya.

“Oleh sebab itu, BNI ingin mempermudah pengguna TapCash dalam melakukan isi ulang. Menariknya, BNI TapCash menjadi uang elektronik atau e-money berbasis kartu pertama yang saldonya bisa diisi ulang menggunakan GoPay sehingga membuat penggunanya tidak perlu jauh-jauh ke ATM,” tambah Corina.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna BNI TapCash harus sudah mempunyai smartphone dengan sensor Near-Field Communication (NFC). Dengan kata lain, kamu tidak bisa mengisi saldonya apabila smartphone tidak mempunyai sensor tersebut.

GoPay Feature

Apabila kamu sudah memastikan bahwa ponselmu mempunyai NFC, maka kamu dapat mengaktifkan sensor tersebut dan langsung menuju aplikasi Gojek. Nantinya kamu dapat mengisi ulang BNI TapCash melalui fitur uang elektronik di menu GoBills.

Selanjutnya, kamu dapat menempelkan BNI TapCash di bodi belakang smartphone dekat sensor NFC dan langsung melakukan pengisian saldo menggunakan pembayaran GoPay. Pada aplikasi ini, kamu dapat melakukan top up saldo mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 500 ribu.

Sementara sesuai dengan ketentuan regulasi Pemerintah Indonesia, kamu hanya bisa mengisi saldo maksimal Rp 2 juta untuk uang elektronik yang berbentuk kartu, termasuk BNI TapCash. Tentu saja saldo tersebut sudah cukup besar untuk sebuah uang elektronik yang dapat digunakan oleh siapa saja tanpa memerlukan otoritas PIN atau Password saat belanja.

Dengan tanpa hadirnya otoritas kode keamanan tersebut, kamu harus merelakan BNI TapCash yang hilang apabila saldonya dikuras oleh orang lain. Untuk itu, kamu harus berhati-hati dan menjaga kartu e-money tersebut agar tidak terjatuh atau hilang.

Sebagai kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh BNI, TapCash dapat digunakan untuk berbagai pembayaran digital mulai dari restoran, mini market, dan transportasi (MRT, LRT, Busway TransJakarta, Commuter Line, dan lainnya).

Untuk saat ini, belum semua pengguna aplikasi Gojek sudah bisa menikmati fitur pembayaran BNI TapCash ini. Bagi kamu yang belum mendapatkannya, maka dapat menunggu hingga fitur ini dirilis pada aplikasi milikmu.

Leave a Comment