Berita Laptop PC

Apple Umumkan MacOS Big Sur, Tampil Lebih Segar Dan Modern

Apple macOS Big Sur Header

Gadgetren – Selain menyegarkan perangkat iPhone dengan iOS 14, Apple juga menghadirkan sistem operasi baru untuk tampilan komputer Mac dengan nama MacOS Big Sur dalam Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020.

Craig Federighi selaku SVP Software Engineering Apple menuturkan bahwa MacOS Big Sur merupakan pembaruan besar yang Apple berikan dari segi desain dalam lebih dari satu dekade.

“Dengan tampilan yang modern dan bersih, peningkatan besar pada aplikasi utama termasuk Safari, Pesan, Peta, dan fitur privasi baru, kami pikir semua orang akan menyukai pengalaman terobosan yang ditawarkan oleh macOS Big Sur,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang telah diterbitkan dalam situs Apple secara resmi.

Penamaan MacOS Big Sur ini terinspirasi dari salah satu obyek wisata yang merupakan bentang pegunungan batu kars panjang di pantai tengah California. Dengan demikian MacOS Big Sur ini menjadi UI terbaru untuk MacOS 11 menggantikan MacOS X (MacOS 10) sebagai generasi sebelumnya.

Bisa dibilang seluruh UI mengalami perombakan besar-besaran dalam MacOS Big Sur. Dari desain tampilan warna jendela, efek transparansi, serangkaian ikon aplikasi yang baru, hingga navigasinya. MacOS Big Sur juga menawarkan fitur baru pada Control Center yang berisi notifikasi mirip seperti sistem operasi pada iOS.

Sementara untuk Safari sebagai peramban utama Mac memiliki halaman awal baru yang menghadirkan gambar berlatar belakang berisi pilihan ‘Reading List’ dan ‘iCloud Tabs’. Selain itu, Safari juga mampu mendeteksi dan melakukan penerjemahan otomatis bila penggunanya menggunakan bahasa di luar dari sistem.

Safari-MacOS-Big-Sur

Bahkan Apple mengklaim Safari lebih cepat dari sebelumnya dengan peningkatan kinerja hingga 50% daripada Chrome sebagai peramban paling populer. Ditambah lagi mampu memberikan daya tahan baterai untuk streaming video hingga 3 jam dan penelusuran web 1 jam lebih lama dibanding kompetitornya, yakni Chrome atau Firefox.

Sementara itu fitur privasi baru telah mendukung ekstensi untuk mencegah akses ke dalam data penggguna. Di sini pengguna dapat memilih untuk mengizinkan ekstensi untuk memiliki akses hanya satu hari, satu situs tertentu, atau bahkan sepanjang waktu.

Safari Privacy Report MacOS Big Sur

Fitur keamanan baru lainnya ialah tombol laporan privasi baru dalam Safari yang dapat menunjukkan pelacak mana yang diblokir oleh Safari. Safari juga akan memeriksa kata sandi pengguna yang disimpan untuk melihat apakah mereka terlibat dalam pelanggaran penggunaan data.

Selanjutnya peningkatan Pesan dalam macOS Big Sur memiliki kesamaan juga dengan iOS 14. Di antaranya pembaruan pada kemampuan untuk menyematkan kontak favorit di bagian atas dan fitur pencarian yang didesain ulang.

Menariknya lagi dalam MacOs Big Sur menghadirkan dua fitur yang hanya dapat dilakukan di iOS, yakni akses efek seperti balon dan konfeti untuk pesan dan membuat Memoji. Tak ketinggalan terdapat pula pemilih foto baru dan pencarian gambar GIF.

Memoji Messages MacOS Big Sur.

Kemudian peningkatan Peta juga sama seperti iOS 14 antara lain untuk menjelajahi tempat-tempat dari pengguna lain atau membuatnya untuk diri sendiri, melihat lokasi tertentu dengan sudut 360 derajat, dan melakukan perjalanan kendaraan listrik dengan mode EV Routing yang dapat pula diarahkan pada Mac serta dikirim langsung ke iPhone.

Untuk pertama kalinya, dalam MacOS Big Sur ini, Apple akhirnya mengalihkan Mac ke prosesor Custom A-series berbasis ARM miliknya sendiri setelah menggunakan Intel selama ini. Apple juga mengumumkan bahwa akan hadir Mac berbasis silikon buatan Apple yang bakal diluncurkan pada akhir tahun 2020 dengan masa transisi selesai pada tahun 2022.

Maps MacOS Big Sur

MacOS Big Sur sendiri akan beredar untuk bisa digunakan pada akhir tahun ini, sedangkan versi beta untuk umum akan tersedia pada Juli 2020 mendatang dan untuk pengembang telah dirilis kemarin bersamaan dengan diadakannya WWDC 2020.

Komputer Mac yang akan mendapatkan MacOS Big Sur meliputi MacBook (2015 dan lebih tua), MacBook Air (2013 dan lebih baru), MacBook Pro (Akhir 2013 dan yang lebih baru), Mac mini (2014 dan lebih baru), iMac (2014 dan lebih baru), iMac Pro, dan Mac Pro (2013 dan lebih baru).

Tinggalkan Komentar