ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Laptop / PC

7 Fitur Baru macOS Sequioa, Teknologi AI Mulai Diterapkan

macOS Sequioa

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, Apple secara resmi telah meluncurkan sistem operasi terbarunya yang untuk perangkat MacBook, iMac, dan Mac.

Pihak Apple mengungkapkan bahwa macOS Sequioa menghadirkan cara kerja baru dan fitur kecerdasan buatan transformatif dibandingkan generasi sebelumnya sehingga lebih memberikan kenyamanan pada pengguna.

Pada macOS terdapat Apple Intelligence yang mana merupakan sistem kecerdasan personal untuk membantu pengguna dalam memahami dam mempercepat tugas sehari-hari. Selain itu, macOS versi terbaru ini juga hadir dengan beragam fitur yang menarik.

1. iPhone Mirroring

macOS Sequioa - iPhone Mirroring

Berkat hadirnya fitur ini, tampilan layar dari iPhone dapat langsung ditampilkan melalui jendela yang muncul di MacBook, iMac, maupun Mac.

Sementara itu, jendela layar iPhone yang muncul dapat dioperasikan menggunakan keyboard, trackpad, maupun mouse sehingga memudahkan navigasi secara langsung.

Notifikasi dari iPhone pun akan dimunculkan pada Taskbar agar pengguna mengetahui beragam pesan dan informasi tanpa perlu memegang iPhone.

Pengguna bisa secara mudah berinteraksi dengan menyeret dan meletakkan layar iPhone yang terkunci agar tidak ada orang lain yang dapat mengakses atau melihat apa yang dilakukan oleh pengguna.

2. Update di Browser Safari

macOS Sequioa - Safari

Sebagai browser utama di komputer Mac, Safari mendapatkan beberapa update terbaru seperti hadirnya Sorotan untuk menemukan informasi di web seperti petunjuk arah, rangkuman, maupun tautan cepat untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai musik, film, acara TV, dan orang.

Fitur Reader pada Safari di desain ulang agar dapat menghadirkan lebih banyak cara untuk menikmati artikel tanpa distraksi, menampilkan tampilan ringkas dari artikel yang sedang dibaca pengguna, serta daftar isi untuk artikel yang lebih panjang.

Menariknya pada saat Safari mendeteksi video pada halaman yang sedang diakses, maka Viewer akan menempatkan video tersebut di bagian tengah agar penggunanya fokus sekaligus memberikan kontrol pemutaran video.

3. Apple Intelligence

macOS Sequioa - Apple Intelligence

Terdapat fitur Apple Intelligence yang menghadirkan dukungan kecerdasan buatan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Writing Tools baru pada macOS Sequoia dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks.

Writing Tools memberikan berbagai macam pilihan versi dari tulisan sehingga pengguna dapat menyesuaikan pola yang sesuai dengan tulisan yang sedang dikerjakan.

Fitur Proofread akan memeriksa tata bahasa, pilihan kata, dan struktur kalimat sambil menyarankan pengeditan disertai penjelasan yang dapat ditinjau atau langsung diterima.

Fitur Summarize mengizinkan pengguna memilih teks dan merangkumnya dalam bentuk paragraf yang mudah dipahami seperti poin-poin penting, tabel, atau daftar.

Sementara fitur Image Playground dapat membuat gambar menarik dalam hitungan detik dengan memilih dari tiga gaya yang terdiri dari Animation, Illustration, atau Sketch. Fitur ini mudah digunakan dengan terintegrasi langsung ke dalam aplikasi, seperti Messages dan beberapa aplikasi khusus.

Berkat Apple Intelligence, Siri pun mengalami peningkatan besar dengan menjadi lebih alami, relevan secara kontekstual, dan personal. Selain itu, akses ChatGPT diintegrasikan ke dalam Siri dan Writing Tools agar dapat menggunakan beragam kemampuan kecerdasan buatan.

4. Peningkatan Fitur Gaming

macOS Sequioa - Gaming

Dengan hadirnya macOS Sequioa, beragam game kini dapat dimainkan di komputer Mac seperti Assassin’s Creed Shadow, Prince of Persia: The Lost Crown dan Assassin’s Creed Shadows, Resident Evil 7 Biohazard, Resident Evil 2, Frostpunk 2, Palworld, Sniper Elite 4, RoboCop: Rogue City, dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti MetalFX Upscaling membuat sistem dapat mempercepat performa dan menghadirkan visual berkualitas tinggi pada lini produk Mac.

Control Ultimate Edition dan Wuthering Waves juga akan memanfaatkan jajaran chip M3 terbaru untuk menghadirkan visual dengan pencahayaan yang terlihat nyata berkat kemampuan Ray Tracing.

Dukungan fitur Audio Spasial memungkinkan pengalaman game menjadi lebih imersif karena seakan-akan suara muncul di sekeliling pengguna. Sementara latensi audio juga berkurang secara signifikan ketika komputer Mac terhubung dengan AirPods Pro (generasi ke-2 atau generasi di atasnya).

Terjadinya peningkatan pada Game Mode yang membuka kecepatan frame rate menjadi lebih halus. Hadir juga fitur Manajemen Daya yang canggih sehingga dapat meningkatkan performa di lini produk Mac.

5. Penataan Jendela Aplikasi Lebih Mudah

macOS Sequioa - Windows Screen Split

Kini pada macOS Sequioa dapat menata jendela antar aplikasi dengan mudah layaknya Split Screen di sistem operasi Windows. Pengguna hanya perlu melakukan menyeret jendela aplikasi ke bagian pojok kiri atau kanan sehingga membentuk setengah atau seperempat bagian di layar.

Dengan hadirnya fitur ini, tentunya akan memudahkan penataan jendela aplikasi menjadi dua, tiga, bahkan empat sekaligus dengan cepat. Bahkan split screen juga dapat dilakukan dengan menggunakan shortcut dari keyboard.

6. Peningkatan Fitur Video Conference

macOS Sequioa - Background Video Conference

Presenter Preview baru akan memudahkan presentasi karena pengguna dapat melihat apa yang akan dibagikan sebelum ditransmisikan ke orang lain menggunakan aplikasi FaceTime, Webex, maupun Zoom.

Pengguna juga dapat menerapkan latar bawaan yang menarik, termasuk warna gradasi dan wallpaper dari sistem atau mengunggah foto sendiri ketika melakukan video Conference.

7. Manajemen Password Aplikasi

macOS Sequioa - Password Manager

macOS Sequoia dilengkapi dengan aplikasi Password yang mengizinkan akses password, passkey, Wi-Fi Password, dan keamanan lainnya di satu tempat. Aplikasi ini didukung sinkronisasi iCloud dengan enkripsi menyeluruh.

Aplikasi Password bekerja dengan baik pada aplikasi Safari, termasuk melakukan sinkronisasi kode keamanan dengan lancar antara perangkat Apple pengguna dan perangkat Windows melalui aplikasi iCloud for Windows.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar