Berita

Bawa Banyak Fitur Canggih! Apple Gelar WWDC 2020 Secara Daring

Apple-WWDC-2020-Header

Gadgetren – Apple baru saja menggelar Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020  yang semuanya dilaksanakan secara virtual untuk pertama kalinya melalui kanal resminya di YouTube.

Di hari pertama perhelatannya kali ini, Apple membawa banyak fitur baru untuk  semua perangkat besutannya antara lain iOS, iPadOS, WatchOs, dan MacOs yang patut kalian simak. Bagi yang tidak punya waktu banyak, kanal YouTube The Verge memberikan tayangan ringkasan dari jajaran pejabat Apple yang mengumumkan pembaruan apa saja yang ada.

Tim Cook selaku CEO Apple menuturkan bahwa WWDC 2020 diselenggarakan secara online lantaran situasi Amerika Serikat yang sedang tidak kondusif atas meninggalnya warga kulit hitamnya bernama George Flyod yang menyebabkan kerusuhan di sejumlah wilayah AS. Selain itu, merebaknya pandemi COVID-19 mengharuskan banyak orang melakukan karantina di rumah.

Adapun pembaruan pertama yang dibawa Apple ialah kehadiran sistem operasi baru iOS 14 yang digadang-gadang dapat memberikan pengalaman antarmuka lebih canggih dan menarik.

Sistem operasi ini kedatangan fitur-fitur terbaru dari App Library, Widgets, Picture-in-Picture, Siri, serta Messages yang mempunyai fitur baru seperti pin, emoji, dan chat grup. Di iOS 14 hadir pula fitur terbaru untuk peta (Maps) bernama EV routing dan Car Play. Kemudian ada juga di App Store dengan App Clips (QR Codes).

Sementara untuk iPadOS 14 menghadirkan fitur Side Bar, kolom search yang bisa digunakan di manapun, dan Scribble yang bisa menulis secara otomatis di atas layar iPadOS 14.

Selanjutnya sektor software iPods juga mengalami pembaruan yang disebut spatial audio yang akan membawa pengalaman mendengarkan suara saat bermain game melalui iPads lebih imersif seperti terasa berada di sekeliling pengguna.

iOS-14-WWDC-2020

Beralih ke perangkat jam tangan pintar, Apple memperkenalkan sistem operasi WatchOs7 dengan penambahan varian Watch Face lebih banyak. Bahkan Watch Face bisa didesain sendiri oleh pengguna secara manual. Fitur bernama Face Sharing memungkinkan pengguna bisa berbagi Watch Face ke teman atau keluarga.

Berkat kecanggihan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, WatchOs7 mampu mendeteksi hampir semua jenis olahraga penggunannya. Nah pembaruan kali ini, WatchOs7 mampu mencatat olahraga baru, yakni dansa dengan tujuan workout yang beragam. Semua catatan olahraga tersebut juga bisa diakses melalui aplikasi di iPhone dengan nama Fitness.

WatchOS7 juga menghadirkan fitur mencatat waktu tidur penggunanya yang tak hanya bisa mengingatkan untuk bangun dipagi hari saja, tetapi juga untuk mulai tidur bernama Wind Down yang bisa diatur secara personal. Menariknya, di tengah pandemi Corona ini Apple juga membawa fitur yang dapat mendeteksi ketika pengguna mencuci tangan.

macOS-Big-Sur-WWDC-2020

Untuk sektor keamanan, pengguna iOS yang melakukan upgrade akan mampu mengontrol sistem keamanannya secara personal seperti menawarkan lokasi data pengguna dengan radius sesuai selera dan mengunci kamera.

Terakhir, diumumkan juga terbaru untuk perangkat komputer Apple yang terkenal disebut Mac dengan membawa sistem operasi bernama macOS Big Sur. Pembaruan ini mengunggulkan desain dan tampilan lebih modern yang memanjakan mata penggunanya.

Tinggalkan Komentar