ASUS TUF Gaming FX507
Berita

ColosOS Android 11 Versi Beta Dirilis di OPPO Find X2 Pro dan Find X2

ColosOS Android 11 versi Beta Header

Gadgetren – Setelah Google mengumumkan update Android 11 beta pertamanya, akhirnya OPPO secara resmi merilis Android 11 versi beta untuk smartphone flagship Find X2 Pro dan Find X2.

Bisa dibilang kedua seri Find X2 ini menjadi smartphone OPPO pertama yang secara resmi mendapatkan Android 11 versi beta. Mengikuti fokus utama Google, terdapat beberapa fitur terbaru di OPPO Find X2 Pro dan Find X2 yang ditekankan dari People, Privacy, dan Control.

ColorOS berbasis Android 11 versi beta membuat tampilan antarmukanya menjadi lebih terpusat pada manusia dan ekspresif yang memungkinkan para penggunanya dapat melakukan chat di kolom notifikasi secara langsung dan membukanya dalam bentuk bubble.

Android 11 Logo Header

Chat Bubble sendiri dapat mempermudah pengguna untuk melihat dan mengakses chat sambil menggunakan aplikasi lain secara bersamaan. Seperti layaknya aplikasi Facebook Messenger, Chat Bubble ini akan melayang di layar smartphone.

Untuk menjaga privasi dan meningkatkan keamanan perangkat dari berbagai permission yang sensitif, pembaruan-pembaruan tersebut menyediakan beberapa jenis pengaturan izin dalam menjalankan aplikasi dan fungsi sistem, yaitu One-time permission, Permissions auto-reset, dan Background location.

OPPO juga menjanjikan bahwa dalam waktu dekat fitur bawaan stok Android 11 lainnya juga akan tersedia pada versi beta ColorOS berikutnya, seperti sistem Device Control yang memberikan akses dan kontrol terhadap berbagai perangkat pintar dalam satu wadah.

Pembaruan-pembaruan tersebut memperkaya kustomisasi berbagai fitur ColorOS yang sebelumnya sudah ada, termasuk Dark Mode dan Built-in Screen Recorder. Kustomisasi lainnya pada fitur-fitur bawaan seri OPPO Find X2 juga akan tersedia, seperti peningkatan visual dengan HDR Video Enhancement, MEMC (Motion Estimation and Motion Compensation), dan AI Nature Tone Display.

OPPO juga berusaha meningkatkan kemampuan fotografi dengan mengoptimalkan beberapa fitur seperti OPPO All Pixel Omni-Directional PDAF, Text Scanner, dan pengambilan video dengan Live HDR Video. Sementara itu, terdapat juga fitur OPPO Share yang dapat membuat berbagai dokumen antar smartphone OPPO menjadi lebih mudah.

Aryo Meidianto A selaku PR Manager OPPO Indonesia mengungkapkan bahwa dengan lebih dari 350 juta pengguna, OPPO adalah salah satu mitra global utama Google yang berinteraksi dengan beragam pengguna di seluruh dunia.

Bekerja sama dengan tim Android, ColorOS akan menampung berbagai tanggapan dan masukan mengenai Android 11 beta untuk mengidentifikasi, memperbaiki, dan meningkatkan fitur-fiturnya bagi para pengguna dan developer Android.

“Meskipun menarik, namun update beta ini utamanya ditujukan bagi para developer aplikasi karena masih mengandung bug dan kekurangan lainnya. OPPO pun bekerja sama degnan Google untuk hal ini. Oleh sebab itu, OPPO menyarankan agar para pengguna tetap bersabar terlebih dahulu dan menunggu versi resminya ketika sudah tersedia nanti,” tambah Aryo.

Namun apabila kamu sebagai pengguna Find X2 Pro dan Find X2 yang ingin mencoba update beta ColorOS Android 11 beta, maka dapat mengakses halaman resmi OPPO Developers.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar