Berita

Ada Kehidupan Normal Baru, Tren Olahraga eSports Tanah Air Ikut Berubah?

Hadapi Normal Baru, eSports Punya Peluang Buat Maju

Gadgetren – GoPay Arena Championship 2020 baru saja resmi dibuka, pendaftarannya sendiri telah dimulai sampai 29 Juni 2020 mendatang. Menariknya lagi, festival game ini akan dilaksanakan secara daring di tengah masa transisi kehidupan normal baru.

Tentunya hal ini akan berpengaruh kepada pasar eSports dan tren pun akan berubah secara drastis sehingga akan menimbulkan tantangan atau bahkan ada peluang baru yang menguntungkan bagi eSports Tanah Air.

Dalam kesempatan ini, tiga publisher game populer yang terdiri dari Mobile Legends, Free Fire dan PUBG Mobile pun menanggapi situasi ini yang dinilai sebagai langkah positif untuk terus memajukan olahraga eSports Indonesia.

Aswin Atonie Brand Director Moonton Indonesia menuturkan bahwa Mobile Legends telah melakukan riset secara internal lantaran situasi ini menjadi sebuah momentum untuk mematahkan stigma bahwa gaming masih mendapat perspektif negatif.

“Namun ternyata di tengah pandemi, gaming mendapatkan pandangan positif. Kita melihat sudah begitu banyak pihak yang membuka pikiran untuk masyarakat. Gaming sekarang juga menjadi pilihan karir di masa depan sebagai YouTuber, Influencer atau atlet dan ini akan bagus buat masa depan eSports Indonesia,” ujarnya pada acara pembukaan GAC 2020 (15/06/2020).

Sementara itu Wijaya Nugroho selaku Business Development, eSports Manager Garena Indonesia (Free Fire) mengungkapkan bahwa tren eSports kini berubah dari event yang terselenggara secara offline menjadi online.

“Kalau memang ada protokoler, harus kita patuhi sesuai peraturan pemerintah. Kalau dari gamers sendiri mabar jadi lebih sering dari rumah, mungkin ketemu teman-temannnya nanti di normal baru harus bawa masker, pakai hand sanitizer setiap berapa menit, jadi tingkah laku itu akan ke sana kurang lebih,” jelasnya.

GoPay Arena Championship 2020

Ia melihat juga bahwa kini pasar eSports semakin tumbuh. Pasalnya ada pergeseran pola baru yang mana tadinya seseorang hanya sebagai penonton kini mulai ingin berpartisipasi sebagai peserta, sedangkan dari peserta akan menjadi penyelenggara di masa depan.

Agung Chaniago selaku eSsports Manager at Tencent Games Indonesia (PUBG Mobile) menerangkan bahwa segmen gaming akan mendapatkan keuntungan di situasi ini lantaran pengguna lebih banyak di rumah.

“Untuk market sendiri semua akan beralih ke digital. Semua offline akan ditransisikan ke digital, promosi bahkan untuk event-nya sendiri. Selain bisa mabar dari rumah masing-masing, mereka juga bisa menonton dan mendukung tim favorit mereka,” tuturnya.

Timothi Martin Senior selaku Vice President Product Marketing GoPay pun menyetujui pendapat para publisher tersebut. Bahkan konon kabarnya kategori gaming dan entertainment GoPay telah mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

“Digital konten seperti gaming dan streaming jadi salah satu pelarian konsumen untuk dapat menghibur diri dan menikmati aktivitas sehari-hari mereka saat di rumah,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar