Berita Smartphone

Nokia 7.2 dengan Kamera 48MP dan RAM 6GB Debut di IFA 2019

Nokia-7-2-Feature

Gadgetren – Setelah banyaknya bocoran yang beredar di internet, HMD Global akhirnya meluncurkan smartphone kelas menengah terbarunya yang bernama Nokia 7.2 dalam ajang IFA 2019 di Jerman.

Nokia 7.2 ini telah menggunakan layar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2280 x 1080 piksel), teknologi IPS, PureDisplay, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya.

Kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3 ini pun telah disematkan pada smartphone ini untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar. Untuk bodi belakangnya juga dilapisi kaca yang menambah kesan menarik ketika terkena pantulan cahaya.

Kamera depan yang hadir pada poninya pun mempunyai resolusi 20 MP dengan lensa Carl Zeiss dan fitur AI Beauty sehingga dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan wajah yang mulus serta bercahaya.

Mengikuti tren saat ini, Nokia 7.2 juga dibekali dengan tiga kamera belakang berlensa Carl Zeiss yang mempunyai konfigurasi kamera utama 48 MP berteknologi Quad-Pixel, kamera sekunder 5 MP, dan kamera ultra-wide 8 MP.

Dengan hadirnya teknologi Quad-Pixel ini membuat kamera utamanya secara bawaan akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP yang lebih kaya informasi dan warna dibandingkan dengan 48 MP.

Sementara kombinasi antara kamera utama dan sekundernya dapat menghasilkan foto berefek bokeh menggunakan fitur ZEISS Modern, ZEISS Swirl, dan ZEISS Smooth. HMD Global juga telah menyematkan fitur Night Mode sehingga memungkinkan kamera utamanya dapat menghasilkan foto malam hari yang lebih terang dan detail dibandingkan menggunakan Auto Mode.

Nokia-7-2-All

Kamera utamanya juga mampu melakukan perekaman video 4K dengan audio secara spasial. Sedangkan kamera ultra-wide belakangnya mampu menghasilkan foto dengan area yang luas hingga sudut 118 derajat.

Nokia 7.2 juga dibekali dengan tombol khusus untuk mengaktifkan Google Assistant yang mempunyai fitur baru bernama Ambient Mode. Fitur yang satu ini mengizinkan penggunanya untuk mengecek cuaca, list pekerjaan, mengendalikan perangkat smart home tanpa perlu menyentuh smartphone.

Dapur pacunya dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-Core yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai, namun mempunyai performa yang bertenaga berkat teknologi proses 14nm.

Nokia-7-2-Back

Sementara itu, Nokia 7.2 ini hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 4 GB dan storage internal 64 GB serta RAM 6 GB dan storage internal 128 GB. Kedua varian ini sama-sama dapat ditambahkan microSD hingga 512 GB.

Smartphone ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh yang mempunyai fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang membuat HMD Global berani mengklaim bahwa daya tahannya bisa mencapai 2 hari.

Sayangnya perangkat ini hanya mendukung pengisian daya baterai 10W, meskipun telah menggunakan port USB Type-C. Sensor fingerprint pun telah disematkan pada bagian belakangnya yang memugkinkan penggunanya dapat membuka kunci dengan menggunakan sidik jari.

Nokia-7-2-Price

Pada beberapa negara terpilih, Nokia 7.2 telah dibekali dengan fitur NFC. Sementara sistem operasi Android 9 Pie murni sudah dibenamkan dalam smartphone ini. Berkat mengikuti program Android One, maka produk ini akan mendapatkan update sistem operasi terdepan dan tercepat selama 2 tahun.

Dengan kata lain, Nokia 7.2 akan mendapatkan sistem operasi Android 10 dan Android 11 yang paling cepat. Selain itu, Google juga menjanjikan bahwa smartphone ini akan mendapatkan update security selama 3 tahun.

Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM, Face Unlock, jaringan 4G-LTE, WiFi, FM Radio, GPS, aptX Audio, GPS, dan Bluetooth telah hadir pada perangkat ini. HMD Global akan menjual Nokia 7.2 pada akhir September 2019 di Eropa dengan harga mulai dari 299 Euro atau sekitar Rp 4,66 juta. Menurut kamu, apakah smartphone ini akan hadir resmi di Indonesia?

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan Komentar