Berita Smartphone

Resmi Dirilis, HONOR Play 4 Series Sasar Segmen Gaming dan Fotografi

HONOR Play 4 Header

Gadgetren –┬áSetelah bocoran spesifikasinya banyak beredar di jagat maya, akhirnya Honor meluncurkan ponsel terbarunya bernama HONOR Play 4 dan HONOR Play 4 Pro yang sudah terhubung dengan jaringan 5G.

Dari segi tampilannya, kedua ponsel ini hadir dengan layar LCD beresolusi Full HD+ (2400 x1800 piksel) dengan bentang yang sedikit berbeda. HONOR Play 4 berukuran lebih lebar dengan layar 6.81 inci sementara HONOR Play 4 Pro menawarkan layar 6,57 inci.

Bicara sektor hardware, kedua ponsel baru ini datang dengan dua dapur pacu yang berbeda. HONOR Play 4 hadir dengan prosesor MediaTek Dimensity 800 yang menggunakan teknologi pemrosesan fabrikasi 7nm.

CPU-nya mengunakan kombinasi empat inti Cortex-A76 dan empat inti A55 dengan kecepatan frekuensi 2,05Ghz. Mesin ini juga mendukung kecepatan refresh rate 90Hz. GPU Mali-G57 MC4 yang kabarnya telah dilindungi oleh lapisan pendingin setebal 991mm2 hadir sebagai pusat olah grafis.

Ponsel ini pun ditemani oleh teknologi LPDDR4X dengan RAM 6 GB atau 8 GB dan penyimpanan internal cepat UFS 3.0 yang mampu menampung data hingga 128 GB. Selain itu terdapat juga slot microSD yang mendukung kapasitas hingga 512 GB.

HONOR Play 4 Pro Desain

Sementara itu, HONOR Play 4 Pro menggunakan chipset ponsel segmen flagship Kirin 990 berkecepatan maksimal 2,86Ghz dan ditemani oleh RAM 8 GB LPDDR4X serta penyimpanan internal UFS 3.0 sebesar 128 GB untuk memberikan kinerja optimal.

Beralih ke fungsi kamera, HONOR Play 4 memiliki konfigurasi empat kamera belakang. Kamera utamanya memiliki sensor 64 MP dengan apertur f/1.89 yang juga didukung dengan AIS (super night scene 2.0) untuk menangkap gambar di malam hari lebih terang.

Kemudian untuk ketiga kamera lainnya meliputi kamera ultrawide 8 MP dengan aperture f/2.2, kamera sekunder 2 MP dengan apertur f/2.4, dan kamera makro 2 MP dengan apertur f/2.4.

Dengan mengandalkan teknologi kecerdasan buatan Al motion, ponsel ini digadang mampu mengidentifikasi gambar bergerak dengan cepat sehingga pengguna tidak akan terlambat mengambil momen. Perekaman videonya juga sudah mengusung kualitas video 4K 30 fps dengan Electronic Image Stabilization (EIS) agar dapat menghasilkan gambar yang stabil.

HONOR Play 4 UnboxHonor 4 Play

Di sisi lain, HONOR Play 4 Pro menggunakan konfigurasi yang lebih canggih lagi dengan menjagokan kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 40 MP dengan filter RYYB super sensitif, lensa Sony IMX600 CMOS seluas 1/1.7, dan dibantu teknologi Al untuk meningkatkan gambar yang super jernih hingga 40%.

Kamera utama tersebut dibantu dengan kamera kedalaman 8 MP. Kamera dari Honor 4 Play Pro mampu melakukan 3x optical zoom, 5x hybrid, dan 30 kali digital zoom serta didukung OIS (Optical Image Stabilization) dan sistem autofokus laser (Laser AF). Untuk perekaman video-nya mampu menangkap gambar dengan kualitas 4K dengan kecepatan 60fps.

Tak ketinggalan juga, kamera depan HONOR Play 4 menggunakan sensor 16 MP sementara HONOR Play 4 Pro terdapat dua lubang lensa yan masing-masing terdiri dari kamera utama 32 MP dan kamera ultrawide 8 MP. Kedua smartphone ini dijalankan oleh Magic UI 3.1 berbasis Android 10.

HONOR Play 4 Pro UnboxHonor Play 4 Pro

Kekuatan daya kedua ponsel ini pun berbeda, HONOR Play 4 memiliki baterai berkapasitas lebih besar, yakni 4.300mAh dengan teknologi pengisian cepat 22.5W. Sementara HONOR Play 4 Pro memiliki baterai 4.200mAh dengan teknologi pengisian cepat 40W yang digadang mampu mengisi baterai hingga 70% dalam waktu 30 menit.

Soal ketersediannya, GSMArena melaporkan bahwa kedua ponsel ini sudah dapat dipesan secara pre-order di Tiongkok dengan pilihan varian warna biru dan hitam. HONOR Play 4 dibanderol 2.000 Yuan atau senilai Rp 3,9 juta sedangkan untuk HONOR Play 4 Pro dibanderol 2.900 Yuan atau Rp 5,7 juta.

Bila dilihat dari performa, HONOR Play 4 dengan MediaTek Dimensity 800 akan mendukung pengguna yang senang bermain game, namun juga mempunyai kamera mumpuni. Sementara untuk HONOR Play 4 Pro menyasar pengguna yang lebih menyukai teknologi fotografi canggih, namun mesinnya tetap bisa diajak bermain game.

Tinggalkan Komentar