ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Samsung Galaxy A31 Vs Galaxy M31 – Mana Pilihan Terbaik?

Samsung Galaxy M31

Gadgetren – Terkadang sebagian orang Indonesia merasa bingung mengenai perbedaan antara smartphone Samsung seri Galaxy A dan M karena biasanya mempunyai spesifikasi hampir yang sama.

Hal itu pun terjadi pada Samsung Galaxy A31 dan Galaxy M31 yang mempunyai spesifikasi hampir serupa. Misalnya saja dari sisi layar, kedua smartphone Samsung ini sama-sama menggunakan teknologi Super AMOLED yang dapat menampilkan konten dengan terang dan tajam.

Selain itu, layar kedua smartphone Samsung ini sama-sama mempunyai lebar 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Namun layar dari Galaxy M31 lebih unggul karena dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 yang dapat meminimalisir terjadinya goresan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31 - Layar

Samsung Galaxy M31 dibekali dengan chipset Exynos 9611 Octa-Core (Quad-Core 2,3 GHz Cortex-A73 + Quad-Core 1,7 GHz Cortex-A53) yang performanya sedikit lebih cepat dibandingkan dengan Galaxy A31 yang menggunakan MediaTek Helio P65 Octa-Core (Dual-Core 2 GHz + Hexa-Core 1,7 GHz).

Meskipun kecepatan chipset yang dihadirkan berbeda, namun kedua smartphone ini sama-sama menggunakan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Dengan kapasitas internal sebesar itu, baik Galaxy A31 maupun Galaxy M31 sama-sama mampu menyimpan banyak file sekaligus.

Menariknya, Galaxy M31 mampu menyuguhkan baterai berkapasitas 6.000mAh yang diklaim oleh Samsung mampu bertahan lebih dari satu hari dalam pemakaian normal. Sementara kapasitas baterai Galaxy A31 lebih kecil 1.000mAh dibandingkan Galaxy M31.

Persaingan di sektor fotografi pun cukup sengit, dimana keduanya sama-sama menggunakan empat kamera belakang sekaligus. Namun kamera utama Galaxy M31 mempunyai resolusi 64 MP, lebih besar dibandingkan milik Galaxy A31 yang mencapai 48 MP.

Sementara tiga kamera belakang lainnya dari kedua smartphone ini sama-sama mempunyai konfigurasi kamera ultrawide 8 MP, makro 5 MP, dan sekunder 5 MP. Lagi-lagi Galaxy M31 dibekali kamera depan 32 MP yang resolusinya lebih besar dibandingkan dengan Galaxy A31 yang hanya mencapai 20 MP.

Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy A31 dibekali dengan sensor NFC yang memungkinkan penggunanya dapat mengecek atau mengisi e-money, melakuan pembayaran digital, dan mentrasfer data. Sayangnya Galaxy M31 tidak dibekali dengan sensor tersebut.

Hal inilah yang menjadi salah satu pembeda yang paling terlihat antara seri Galaxy A yang mengunggulkan fitur terdepan dan Galaxy M yang mempopulerkan baterai berkapasitas besar yang tahan lama. Dengan fitur dan spesifikasi hardware yang ditawarkan, Galaxy A31 hadir dengan harga mencapai Rp 4.199.000, lebih mahal dibandingkan Galaxy M31 dengan Rp 3.499.000.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar