ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

HUAWEI Y8P Dirilis! Andalkan RAM 6 GB dan Baterai 4.000mAh

HUAWEI Y8P Feature

Gadgetren – Di tengah masa pandemi COVID-19 ini, Huawei masih tetap optimis terhadap pasar dengan meluncurkan produk terbarunya yang bernama HUAWEI Y8P.

Smartphone yang satu ini hadir dengan layar 6,3 inci beresolusi Full HD+ yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk tetesan air. Sementara layarnya menggunakan teknologi OLED yang dapat menampilkan konten dengan terang dan tajam.

Berkat penggunaan OLED membuat Huawei dapat menyematkan sensor fingerprint di bawah layar. Selain untuk foto selfie dan video call, kamera depan 16 MP yang terdapat pada poni HUAWEI Y8P ini dapat digunakan untuk fitur Face Unlock.

HUAWEI Y8P Camera

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat dukungan tiga kamera yang mempunyai konfigurasi kamera utama 48 MP, kamera sekunder 2 MP, dan kamera ultrawide 8 MP. Kombinasi kamera utama dan sekundernya dapat digunakan untuk menghasilkan foto berefek bokeh (latar buram) dengan instan.

Secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP akibat teknologi 4-in-1 pixel binning. Namun apabila kamu ingin mengambil foto beresolusi lebih besar dengan kamera utamanya, maka dapat menghaktifkan fitur 48 MP Mode.

Sementara kamera ultrawide dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan area yang lebih luas dibandingkan kamera utamanya. Bahkan Huawei mengklaim bahwa kamera ultrawide ini dapat mengambil foto dengan sudut pandang hingga 120 derajat dan minim distorsi.

Untuk membuat foto malam hari lebih terang dan minim noise, Huawei pun menyematkan fitur AIS Handheld Night Mode pada aplikasi kamera bawaan HUAWEI Y8P.

Dari sisi hardware, smartphone ini sudah dibekali dengan chipset Kirin 710F yang bertenaga untuk kelas menengah. Dukungan RAM berkapasitas 4 GB atau 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB telah disematkan pada HUAWEI Y8P.

Apabila kapasitas internalnya dirasa kurang lega, maka penggunanya dapat menyematkan kartu NM (Nano Memory) pada slot yang disediakan di smartphone ini. Sayangnya kartu NM sendiri masih dijual terbatas di pasaran sehingga harganya masih lebih mahal dibandingkan dengan kartu microSD di kapasitas penyimpanan yang sama.

HUAWEI Y8P Logo

Baterai berkapasitas 4.000mAh dengan dukungan 10W charging telah disematkan pada perangkat ini. Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, Bluetooth 5.0, WiFi, port USB Type-C, NFC, dan port jack audio 3,5mm telah hadir pada HUAWEI Y8P.

Sebagai smartphone yang lahir di tahun 2020, HUAWEI Y8P tidak dibekali dengan GMS (Google Mobile Services) maupun Google Play Store karena digantikan olehHMS (HUAWEI Mobile Services) dan Huawei AppGallery. Selain itu, terdapat juga aplikasi video call bawaan yang bernama Huawei MEETime.

Produk ini pun mempunyai warna yang terinspirasi dari HUAWEI seri P30, yakni Breathing Crystal dan Midnight Black. Smartphone ini sendiri dijual dengan harga yang mencapai 245 Euro atau sekitar Rp 3,97 juta untuk varian RAM 6 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar