Berita

Omzet Naik, GoFood Catat Temuan Menarik Pasca Program Hari Kuliner Nasional

Harkulnas GoFood Header

Gadgetren – GoFood sebagai layanan pesan-antar makanan dilaporkan telah berhasil meningkatkan omzet 74 ribu mitra usaha melalui promo beragam kuliner favorit pada program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood.

Program ini sendiri telah berlangsung sejak 1 April hingga 5 Mei 2020. Catherine Hindra Sutjahyo selaku Chief Food Officer Gojek Group menuturkan bahwa selain hasil yang positif dari Harkulnas, harapan mitra usaha kuliner untuk bisa berangsur pulih terlihat semakin besar.

Salah satunya terlihat dari peningkatan transaksi serta pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant GoFood sebesar 10% di awal bulan Mei ini dibandingkan minggu sebelumnya di bulan April 2020. Bahkan, pihaknya juga mengklaim beberapa merchant yang menjual camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi hingga 30% dibandingkan sebelum masa pandemi.

“Hal ini menyebabkan banyak mitra merchant UMKM kami yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya. Berbagai upaya untuk menciptakan demand pun kami lakukan, termasuk Harkulnas GoFood untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang dilayangkan kepada tim Gadgetren hari ini.

Selama Harkulnas, GoFood turut meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM lewat shuffle cards di aplikasi agar menjangkau lebih banyak pelanggan dengan memberikan promo ongkir pada pelanggan, mengurangi biaya operasional melalui voucher, serta meningkatkan efisiensi bisnis UMKM lewat fitur “Recommended Campaign” di aplikasi GoBiz.

Infografik Harkulnas GoFood

Di tengah situasi perekonomian yang diprediksi melambat lantaran COVID-19, program Harkulnas GoFood 2020 membantu mencatat keberhasilan puluhan ribu mitra UMKM dalam memaksimalkan pendapatannya.

Jumlah pesanan dan omzet merchant yang berpartisipasi rata-rata 12% lebih tinggi dibandingkan merchant di luar program. Berikut beberapa temuan menarik selama Harkulnas yang dapat menjadi referensi UMKM kuliner dalam menyusun strategi bisnis di tengah kondisi pandemi.

Batam, Jabodetabek, dan Surabaya mencatat pertumbuhan transaksi tertinggi selama program. Aneka Kopi menjadi minuman yang paling sering dipesan menemani masyarakat yang semakin banyak bekerja dari rumah.

Ayam Geprek dan Aneka Nasi Goreng adalah tipe makanan yang paling banyak dipesan karena selain sudah populer di GoFood, pengguna kini turut memesan menu tersebut untuk anggota keluarga yang lebih lama menghabiskan waktu di rumah. Waktu pemesanan tertinggi terjadi pada pukul 18.00 – 20.00 WIB (sebelum Ramadhan) dan pukul 16.00 – 19.00 WIB (saat Ramadhan).

Tinggalkan Komentar