Berita Perangkat Pintar

Antara Speaker Pintar Widya Wicara dan Google Nest Mini, Pilih Yang Mana?

Widya-Wicara-Header

Gadgetren – Salah satu speaker pintar ala Google Home yang baru saja meluncur di Tanah Air ialah Widya Wicara Prima. Perangkat ini merupakan buatan anak bangsa yang patut diapresiasi karena mengandalkan teknologi kecerdasan buatan.

Namun bila kamu masih ingat pada bulan Februari 2020 lalu, Google juga telah mengeluarkan perangkat yang mirip ke pasar Tanah Air, yakni Google Nest Mini. Pihak Widya Wicara Prima pun mengonfirmasi bahwa speaker besutan Google tersebut patut dipertimbangkan sebagai pesaingnya.

“Kompetitor kami bila kita masih ingat, Google mengeluarkan Nest Mini beberapa waktu lalu,” ujar Handlee Susanto selaku Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara kepada tim Gadgetren setelah acara peluncuran melalui Media Session online (12/05/2020).

Kedua perangkat tersebut kini telah hadir mengisi pasar speaker pintar Indonesia. Menariknya lagi keduanya memiliki harga yang berbeda, sehingga membuat keduanya semakin kompetitif di pasaran dan tentunya menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen untuk membelinya.

Adapun speaker Widya Wicara dibanderol lebih tinggi dengan harga Rp 1.499.000 dibandingkan dengan speaker pintar Google Nest Mini yang dipasarkan seharga Rp 925.000. Dengan harga yang berbeda tersebut, apa perbedaan dari spesifikasi dan fitur yang dibawanya?

Sebelum bicara soal spesifikasinya, mari kita amati dulu dari segi desain kedua perangkat tersebut. Speaker Widya sendiri berbentuk kotak persegi panjang dengan dimensi 95mm x 95mm dan tinggi 180mm yang menawarkan dua varian warna, yakni hitam dan putih.

Sementara untuk Google Nest Mini yang sempat tim Gadgetren buat ulasannya, sesuai dengan namanya berbentuk bulat mungil dengan bobot 181 gram yang memiliki pilihan warna Chalk dan Charcoal.

Untuk meletakkan Nest Mini ini bisa digantung dan dibaringkan di atas furnitur rumah. Sementara speaker Widya dengan bentuknya yang kotak dan bisa dibawa kemana pun dapat diletakkan di atas furnitur saja sesuai kebutuhan penggunanya.

Google Nest Mini - 03

Berkat kemampuan Google Assistant di dalamnya, Nest Mini dapat melakukan berbagai hal seperti memainkan musik dari Spotify dan membaca berita hanya dengan perintah suara.

Lalu bagaimana dengan speaker pintar Widya? Perangkat ini mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Neutral Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan dan perintah suara yang diberikan oleh penggunanya.

Bila dibandingkan dengan Nest Mini, speaker pintar Widya lebih menawarkan beragam konten. Selain bisa memutar musik dari Spotify dan membacakan berita, perangkat ini bisa memutar radio kesukaan kamu, menyiarkan podcast dengan beragam tema, dan informasi seputar kesehatan pantau Corona.

Untuk menyesuaikan aktivitas bulan Ramadhan, speaker ini juga telah dilengkapi dengan fitur membaca Al-Qur’an dan pengingat ibadah solat lima waktu.

Tak ketinggalan fitur yang bisa menemani kamu di rumah aja seperti membaca buku, pengingat waktu, alarm, kuis interaktif (periode tertentu), kalkulator, membaca horoskop, dan juga bisa menjawab pertanyaan apapun dari kamu.

Untuk penggunaannya sendiri, Widya Wicara harus dihubungkan terlebih dahulu melalui Bluetooth dengan bantuan aplikasi Widya Wicara Prima yang bisa kalian unduh melalui Google Play Store di ponsel. Setelah terhubung, lampu LED Widya akan menyala dan siap menerima perintah dari kamu.

Soal urusan tenaga yang mendukungnya, Nest Mini tidak menggunakan baterai untuk mengisi daya melainkan langsung terhubung ke outlet listrik menggunakan kabel sepanjang 1,5 meter, sementara Speaker Widya memiliki dukungan baterai.

Menurut kamu, pilih Google Nest Mini yang mungil atau Speaker Widya Wicara buatan anak bangsa?

Tinggalkan Komentar